Snack dan Mi Instan Pedas Indonesia Lagi Nge-hits di Jepang

Ilustrasi mi instan.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA – Kalau masyarakat Indonesia banyak yang menggemari kuliner dan produk makanan dan minuman Jepang, ternyata sama halnya dengan masyarakat Negeri Sakura yang juga menyukai produk-produk kuliner Nusantara.

Pemerintah Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 9,33 Miliar Demi Lindungi Konsumen

Terbaru, produk snack dan mi instan rasa pedas asal Indonesia sekarang mulai digemari di Jepang. Hal itu diungkapkan oleh Masatsugu Kawasaki, salah satu importir produk makanan dari Indonesia yang berpartisipasi dalam event FOODEX  2021 yang digelar di Makuhari Messe Jepang 9 hingga 12 Maret 2021.

"Hal ini didorong dengan masuknya produk makanan pedas asal Korea yang sedang menjadi tren di Jepang. Dalam event FOODEX 2021, kami akan memesan tambahan produk snack dan mi instan rasa pedas asal Indonesia sebanyak delapan kontainer lagi dalam tahun ini,” ujar Masatsugu.

Jadi Makanan Favorit Anak Muda, Apakah Ramen Baik untuk Kesehatan?

Diketahui bahwa pemberlakuan Status Keadaan Darurat di Tokyo dan tiga prefektur Jepang di tengah pandemi COVID-19 tidak menyurutkan partisipasi Indonesia pada pameran FOODEX 2021.

Partisipasi Indonesia pada pameran ini merupakan kolaborasi Kedutaan Besar Repubik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Kementerian Perdagangan RI, bekerjasama dengan Kementerian Pertanian RI, Bank Indonesia Tokyo, Indonesia Trade Promotion Center Osaka, dan ASEAN Japan Centre dalam memperluas eksistensi dan peningkatan ekspor Indonesia khususnya produk makanan minuman di pasar Jepang.

Lalui Seleksi Ketat, 63 Reksa Dana Sabet Penghargaan Best Mutual Fund Awards 2024

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang membuka Paviliun Indonesia mengatakan, melalui pameran FOODEX 2021 ke-46 ini, produk makanan dan minuman Indonesia diharapkan bisa masuk pasar Jepang.

“Lebih dari 60 persen kebutuhan pangan Jepang berasal dari impor. Indonesia harus bisa mengisi pasar yang besar tersebut. Salah satunya melalui FOODEX 2021 yang merupakan ajang pameran makanan minuman paling bergengsi dan terbesar di Jepang,” jelas Heri Akhmadi.

Duta Besar RI untuk Jepang,Heri Akhmadi di pameran FOODEX Jepang 2021 ke-46.

Photo :
  • KBRI Tokyo

Dengan berpartisipasinya Indonesia dalam pameran FOODEX 2021 ini, lanjut Heri, diharapkan menjadi kesempatan untuk mengenalkan produk Indonesia secara lebih luas kepada para konsumen Jepang dan juga mancanegara, sebagai alternatif sumber pasokan makanan dan minuman baru.

"Tahun lalu, pameran ini tidak diselenggarakan. Event ini sangat potensial untuk lebih mendorong promosi produk Indonesia," tambah Heri Akhmadi.

Paviliun Indonesia dalam pameran ini diwakili oleh 17 produsen makanan minuman, antara lain Javara (Kampung Kearifan Indonesia), Mayora, Indofood, Malindofood, Inaco, Great Giant Pineapple, Gagafood dan Sasa Inti.

Produk UKM Indonesia yang dipromosikan adalah produk snack Maicih yang mulai disukai konsumen Jepang dengan rasanya yang pedas. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Bali dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya yang telah dilatih, menampilkan produk makanan, pertanian dan perikanan.

Atase Perdagangan KBRI Tokyo, Arief Wibisono mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait seperti Kementerian Perdagangan RI membantu mempromosikan produk makanan minuman Indonesia kepada pasar di Jepang melalui keikutsertaan dalam berbagai pameran di Jepang.
 
"Kita bantu mempromosikan produk Indonesia di Jepang. Dari yang skala besar, menengah dan UMKM. Jadi selain produk Indofood dan Mayora yang besar, ada juga di sini yang UMKM, seperti Javara Kampung Kearifan dan ada produk dari Maicih. Nah, beberapa produk ini rencananya akan masuk ke sejumlah supermarket di Jepang seperti Maruetsu," tegas Arief Wibisono.

Sebagai informasi, FOODEX 2021 merupakan salah satu pameran makanan dan minuman internasional terbesar di Asia yang juga diikuti oleh berbagai negara, seperti Korea, China, Malaysia, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat dan Italia.

Dubes RI, Heri Akhmadi memastikan, Indonesia akan terus berpartisipasi aktif dalam berbagai gelaran pameran di Jepang.

"Kita rancang untuk 2021 dan 2022 ikut berbagai pameran besar atau pun kecil. Seperti kerjasama pameran indonesia dengan Aeon di Chiba dalam waktu dekat. Lalu pada Mei mendatang, kami ikut pameran di Kumamoto dengan salah satu Department Store Jepang,” katanya.

“Nah, pada 2023 kita berharap sudah bisa melakukan Indo Expo bertepatan dengan ulang tahun hubungan Indonesia-Jepang ke-65. Dari seluruh upaya perdagangan ini, nanti kita konsolidir dalam World Expo 2025 di Osaka," tegas Heri.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah oleh Kemendag dan KBRI Tokyo, ekspor produk makanan minuman olahan Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 mencapai US$327,92 juta dengan tren peningkatan sebesar 11,67 persen selama lima tahun terakhir.

Sedangkan untuk produk buah-buahan dan sayuran ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2020 senilai US$260,8 juta dan mengalami kenaikan 78,83 persen dibandingkan ekspor pada tahun 2019 sebesar US$145,83 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya