Menggugah Selera, 20 Hidangan Lebaran Khas Nusantara

Makanan khas lebaran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dua pekan lagi umat muslim di tanah air akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Menjelang lebaran sejumlah masyarakat sudah mulai mempersiapkan diri. 

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Berbeda dengan tahun sebelumnya tahun ini lebaran masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Dengan adanya pandemi ini masyarakat juga dilarang untuk mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas. 

Meski begitu kita masih bisa merayakan hari raya Idul Fitri di rumah bersama keluarga inti dengan menikmati sejumlah hidangan khas lebaran.

Menguak Ramalan Jayabaya yang Sering Sebut Keadaan Indonesia, Siapa Penulisnya?

Berbicara mengenai hidangan lebaran di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis hidangan lebaran apa saja? Berikut ulasannya:

Ketupat
Ketupat tidak bisa lepas dari momen lebaran di Indonesia. Saking melekatnya tradisi ketupat raya, ketupat tak hanya ditemukan di piring makan hari raya, namun bentuk ketupat juga dijadikan berbagai inspirasi desain dan dekorasi menyambut idul fitri. Umumnya ketupat disajikan bersama gulai opor ayam.

Menu Spesial Ramadhan, Cita Rasa Thailand di Restoran Kamlai

Opor Ayam
Makanan ini selalu hadir meramaikan suasana lebaran. Aroma santan yang dimasak bersama ayam dan rempah-rempah, benar-benar menghidupkan suasana lebaran.

Rendang
Lebaran tak lengkap tanpa menu yang sudah populer di seluruh Indonesia hingga dunia. Keunikan dan ciri khas rasa rendang berbagai kreasi, selalu dapat ditemukan di sajian makanan lebaran nusantara.

Semur Daging
Makanan lebaran berupa semur sudah tidak asing lagi terutama untuk orang Jawa dan orang Sumatera.

Sambal Goreng Ati
Masakan pedas satu ini khas sekali mengisi menu-menu sajian hari raya. Umumnya sambal goreng kentang ati menjadi makanan lebaran yang satu pertemanan dengan ketupat dan opor.

Soto Medan
Di Medan, Sumatera Utara, hidangan soto ayam khas Medan sudah menjadi hidangan wajib kala hari raya. Tak terkecuali, soto Medan pun masuk ke dalam daftar makanan lebaran yang akan selalu dirindukan penikmatnya.

Soto Lamongan
Hidangan soto yang berkuah dan kaya rempah sering dijadikan sajian pelengkap hari raya. Soto Lamongan adalah makanan tradisional khas Jawa Timur.

Rawon Daging
Sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang memakai buah kluwek ini sering disajikan pada hari raya besar atau Idul Adha.

Serundeng Sapi
Serundeng daging ini sering jadi pengisi menu hari raya. Potongan sapi dalam timbunan bumbu kelapa yang gurih ini pun selalu menggoda.

Gulai Kambing Jawa
Gulai kambing umum dijadikan hidangan khas lebaran oleh masyarakat pulau Jawa dan sekitarnya, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa timur. 

Kue Lapis Sambas
Setiap lebaran di Kalimantan Barat kue lapis dihidangkan sebagai sajian utama untuk para tamu. Ada banyak jenis kue lapis, seperti lapis susu, belacan, sepiti, agar-agar, nanas, kacang, hingga lapis sabun. Kue lapis ini dapat ditemukan di Singkawang atau kabupaten Sambas

Soto Banjar
Perbedaan soto Banjar dengan soto pada umumnya, ada tambahan susu pada kuahnya. Soto Banjar sendiri terdiri dari daging ayam yang sudah disuwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. 

Tape Benaon
Di Kalimantan Barat, hidangan ini biasanya dibuat sehari menjelang lebaran. Cara pembuatannya mirip tape ketan. Rasanya segar dan lebih baik disajikan dingin. Makanan ini paling pas disantap sebagai hidangan pencuci mulut.

Ketupat Kandangan
Berasal dari Banjarmasin, ketupat kandangan terdiri dari ketupat berbentuk segitiga, ikan asap, kuah santan, serta taburan bawang goreng sehingga menimbulkan rasa yang gurih.

Bajabu
Bajabu adalah abon ikan khas Sulawesi Selatan. Umumnya Bajabu disajikan saat lebaran atau hari besar lainnya.

Burasa
Dibuat dari beras yang dimasak dengan santan. Burasa dibungkus dengan daun pisang. Biasanya disajikan bersama-sama dengan nasi itik palekko, olahan itik khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Ayam Gagape
Hidangan ayam berkuah rempah khas Makassar. Hidangan ini sering disajikan saat hari raya.

Ayam Woku
Di Manado, ayam woku menjadi hidangan pelengkap makanan lebaran dan hari hari raya besar lainnya.

Bebek Gulai Kurma Aceh
Adalah hidangan bebek yang dimasak dengan rempah bumbu dasar putih khas Aceh. Penampilan bumbu kurma ini mirip opor. Bedanya, kuah bumbu kurma jauh lebih kental.

Uve Mpoi
Masakan sayur (kuah) asam ini memiliki isian utama seperti jeroan sapi, mulai dari usus, hati hingga ampela sapi dan tulang rawan pada bagian tertentu. Rasanya cukup mengesankan, ada pedas dan gurih. Yuk simak info lebih lengkapnya dengan klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya