Inovasi Sambal Sehat, Cegah Stroke Hingga Diabetes

Happy Sambal dari Zunafood
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bagi pecinta makanan pedas, makan tanpa sambal rasanya kurang lengkap. Faktanya, makanan yang terbuat dari cabai ini, memang mampu menggugah selera dan menambah nafsu makan. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sayangnya, kebanyakan sambal yang beredar dianggap tidak sehat. Penggunaan minyak berlebih pada saat menggorengnya, membuat sambal dinilai tidak sehat dan mengandung lemak jahat. 

Namun jangan khawatir. Kini, ada inovasi sambal sehat yang diklaim tanpa lemak jahat. Owner Zunafood, Zulfa Aziz, mengatakan, kondisi kesehatan masyarakat Indonesia yang masih tinggi penyebab angka kematiannya karena penyakit degeneratif seperti diabetes, menjadi alasan mengapa sambal sehat ini dihadirkan. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Yang mana penyakit degeneratif berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, terutama dalam pola makan sehari-hari. Melihat kondisi ini, kami berkomitmen bukan hanya menyediakan makanan dengan hasil alam yang berkualitas saja, namun juga sehat," ujarnya saat memperkenalkan Happy Sambal dari Zunafood, baru-baru ini. 

Lebih lanjut Zulfa mengatakan, pelopor sambal sehat ini unggul karena tidak mengunakan pengawet, tidak menggunakan MSG, serta diramu dengan bahan-bahan premium yang diyakini baik untuk kesehatan tubuh. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Di antaranya menggunakan minyak kedelai yang bebas akan kolesterol, menggunakan ekstrak daun stevia sebagai pengganti gula biasa karena stevia tidak mengandung kalori, gula aren murni, serta garam lososa yang mampu menjaga kestabilan cairan tubuh, mencegah hipertensi dan penyakit degeneratif lainnya," kata dia. 

Selain itu, menurut Zulfa, sambal ini juga cocok bagi pecinta sambal yang ingin menghindari risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. 

"Karena kadar lemak jahatnya sangat rendah. Bisa dibuktikan ketika sambal dimasukkan ke dalam lemari es, tidak ada lemak yang menggumpal," kata dia. 

Untuk varian sambalnya, Zulfa menjelaskan, terdapat Sambal Banteng Ngangak yang memakai cabai rawit hijau muda lokal Lombok, yang memiliki rasa pedas yang lebih intens daripada cabai merah. 

"Kemudian terdapat Sambal Goro Pedas Manis, Sambal Ikan Teri, Sambal Ikan Terijo yang sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dari ikan segar Terijo hasil laut pulau Lombok yang memiliki rasa gurih alami," ujarnya. 

"Dan yang terakhir Sambal Ikan Pari yang berasal dari ikan pari hasil laut Lombok, memiliki tekstur daging yang lebih tebal dan memiliki aroma yang lebih segar dari laut lainnya," kata Zulfa Aziz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya