Tips Memasak dan Potong Daging Sapi yang Baik Ala Chef Kong Fook Sin

Chef Kong Fook Sin, Executive Chef The Chinese National
Sumber :
  • Dokumentasi The Chinese National

VIVA – Kelezatan daging sapi Australia atau yang biasa disebut daging merah memang sudah dikenal di berbagai negara. Teksturnya yang lembut dan juicy membuat daging merah ini begitu dinikmati para penikmat masakan olahan daging. 

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Selain itu daging merah juga kaya nutrisi, terutama zat besi serta lebih rendah dan kolesterol. Dalam acara "The Great Steak Escape" yang digelar oleh Meat and Livestock Australia (MLA) di The Chinese National, Swissotel Jakarta PIK Avenue, Senin, 21 Juni 2021,  Executive Chef The Chinese National, Kong Fook Sin mengolah daging sapi Australia #TrueAussieBeef ini menjadi Beef Black Pepper. 

Daging sapi ini terkenal memiliki standar khusus mulai dari peternakan hingga pengolahan untuk memastikan kualitas dagingnya dari segi manfaat nutrisi dan keamanannya. 

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

"Dagingnya lebih empuk dan mudah cara memasaknya. Tidak alot juga dagingnya," kata pria yang akrab disapa Chef Sin ini.

Sambil memasak, chef yang sudah 33 tahun malang-melintang di dunia kuliner ini membagikan tips memotong daging. “Baiknya diiris tipis-tipis agar lebih enak. Atau jika ingin dibuat dengan bumbu dipotong dadu ini juga direkomendasikan” jelasnya

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Chef Sin juga menjelaskan bahwa daging sapi Australia ini memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh dan kebersihannya tidak perlu dikhawatirkan karena dipotong dengan mesin dan langsung dibekukan.

“Daging Australia ini bisa langsung dimasak karena dikemas dalam keadaan bersih, ada yang dalam chilled dan beku lalu divakum dan dikirim” kata Chef Sin lewat rilis yang diterima VIVA.

Photo :
  • Dokumentasi The Chinese National

Cara memasak daging yang baik, kata dia, yaitu dengan api sedang dan tidak terlalu lama agar daging tetap juicy dan teksturnya lembut.

Kelebihan Daging Sapi Australia

Di Negeri Kangguru, sapi dan domba dibesarkan di habitat alami berupa padang rumput yang luas, menikmati udara yang segar, dan mendapat perhatian khusus untuk menjaga kesehatan hewannya.

Kehidupan hewan yang sehat dan bebas dari stres akan memberikan dampak positif terhadap kualitas daging yang dihasilkan. Policy Officer MLA, Aini, yang turut hadir dalam kesempatan itu memaparkan tiga prinsip utama terkait daging sapi Australia #TrueAussieBeef, yaitu ideal home, peace of mind, dan pure enjoyment.

Ideal Home
Ideal home atau rumah yang ideal, bermakna bahwa daging sapi Australia dikembangbiakkan di tempat ideal. Seperti diketahui, Australia memiliki iklim, cuaca, dan kondisi yang natural dengan banyak pakan rumput. Faktor-faktor itu mendukung hasil daging yang lebih lembut, serta dipastikan bebas zat adiktif dan hormon artifisial.

Peace of Mind
Peace of mind atau ketenangan pikiran, yaitu bahwa daging sapi Australia diproduksi menggunakan sistem dan standar keamanan pangan yang ketat. Australia menerapkan sejumlah program yang menjamin kualitas dan pelacakan, misalnya Identifikasi Ternak Nasional (NLIS) yang merupakan sistem untuk mengidentifikasi dan pelacakan ternak dengan mendukung keamanan hayati dan pangan, integritas produk, sampai akses pasar.

Pure Enjoyment
Terakhir, pure enjoyment atau kenikmatan murni. Sejak dari peternakan sampai disajikan di atas piring (farm-to-plate), Australia selalu memperhatikan kualitas, keamanan, dan integritas produksi daging merah. Sehingga, hasil kerja keras para peternak Australia itu dapat dinikmati konsumen, baik di Indonesia maupun di negara lain.

Untuk urusan kehalalan tak perlu khawatir, karena daging Australia sudah memperoleh sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga dipastikan proses penyembelihannya sesuai syariah Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya