Catat, Ini Resep Bubur Ayam & Sambal Sehat Ala dr Zaidul Akbar

bubur ayam bandung
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bubur ayam kerap menjadi menu yang sulit tergantikan dan digemari oleh banyak kalangan. Terlebih, sajian satu ini juga tak bisa lepas dari tambahan sambal agar menambah cita rasa khas Nusantara.

Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Minuman Sehat dan Nyegerin untuk Berbuka Puasa

Meski dapat dijumpai di mana saja dengan harga yang terjangkau, tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Terlebih, racikan sendiri bisa dibuat lebih sehat dengan bahan-bahan yang berkhasiat bagi tubuh.

Nah, pendakwah sekaligus praktisi medis, dokter Zaidul Akbar membagikan resep menu sehatnya. Seperti apa? Paling pertama, pilih bahan utama berupa beras organik agar lebih sehat.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

Selain itu, pilih ayam kampung dengan bumbu yang berasal dari rempah asli nusantara. Suwir ayamnya sebagai topping yang menjadi sumber protein.

Tambah dengan telur ayam kampung agar menambah sumber protein. Agar khasiatnya bisa didapatkan, pengolahannya harus tepat.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

"Telur ayam kampung yang dimasak perlahan jadi nggak ngerusak banyak proteinnya," saran dr Zaidul Akbar

Kuah bubur bisa diambil dari berbagai bumbu sehat. Untuk bagian krispi alias kerupuk, disarankan ganti dengan kerupuk singkong yang di panggang pake oven. Serta, kacang tanah sebagai pelengkap, bisa diolah dengan cara dioven.

Taburi dengan daun bawang dan seledri sesuai selera. Untuk kecap dan sambal, bisa dengan tambahan olahan sambal sehat yang dibuat sendiri di rumah. Lantas, bagaimana membuat sambal sehatnya ya?

"Madu, bawang merah, cabe yang lurus gitu. Aduk semua, kasih garam dikit. Lebih sehat daripada pakai kecap biasa dan enak banget, cobain yaaa," pesannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya