40 Makanan Khas Indonesia yang Paling Terkenal, Rasanya Sangat Lezat

Makanan Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Makanan ini memang sangat beragam dan patut dibanggakan. Masakan Indonesia merupakan salah satu makanan terlezat di dunia karena menggunakan rempah-rempah yang khas dan lengkap.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

ragam makanan Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Makanan khas Indonesia sendiri sangat banyak ragamnya karena Indonesia memiliki kekayaan budaya sehingga akan membuat masakan yang berbeda-beda pula.

Untuk kamu yang penasaran dengan makanan khas Indonesia yang paling menggugah selera, simak ulasan berikut ini!

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Makanan Khas Indonesia

Mie Aceh

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Sesuai namanya, makanan ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Aceh. Mie jenis ini memiliki tekstur yang tebal dan dicampur dengan irisan daging beserta bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh umumnya disajikan dengan cara di goreng, direbus, atau ditumis. Selain itu, makanan ini juga sudah bisa ditemui di beberapa daerah di pulau Jawa.

Bika Ambon

Meskipun memiliki nama bika Ambon, ternyata makanan ini bukan berasal dari Ambon. Makanan ini berasal dari Sumatera Utara dan umumnya dijual di Kota Medan, Sumatera Utara, sebagai oleh-oleh. Tapi, saat ini bika Ambon sudah bisa ditemui di beberapa daerah di pulau Jawa. Kue yang berwarna kuning ini memiliki tekstur mirip martabak dan memiliki cita rasa yang lembut dan manis.

Gulai Belacan Riau

Gulai belacan adalah salah satu makanan khas daerah Riau. Belacan adalah sebutan lain untuk terasi yang sangat dikenal oleh masyarakat Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini terbuat dari bahan dasar berbentuk kuah yang dicampur dengan terasi. Selain itu, belacan juga mengandung daging, ikan, atau udang.

Gudeg Jogja

Makanan ini pasti sudah tak Asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar buah Nangka. Makanan ini bisa disantap sebagai lauk makan karena memiliki cita rasa yang lezat dan berkuah.

Ayam Taliwang Lombok

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Lombok. Ayam taliwang berbahan dasar daging ayam kampung muda yang dibakar dan dibumbui dengan sambal terasi atau bawang. Makanan ini paling enak apabila dimakan dengan plecing kangkung dan sambal.

Rujak Cingur Jawa Timur

Cingur dalam bahasa Jawa memiliki arti mulut. Oleh karena itu, makanan ini berbahan dasar daging dari mulut atau moncong sapi yang telah direbus. Umumnya makanan ini dimakan bersamaan dengan campuran sayuran, lontong, dan kemudian disiram dengan saus petis.

Surabi Bandung

Serabi atau surabi merupakan salah satu makanan khas Bandung. Makan ini terbuat dari adonan tepung beras dan tepung terigu yang kemudian dimasak menggunakan tembikar tanah liat. Saat ini sudah ada macam-macam surabi seperti surabi manis atau surabi asin.

Pempek Palembang

Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Palembang. Tapi, saat ini pempek sudah mudah ditemui di seluruh pulau Jawa dan Sumatera. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan ikan kemudian disiram menggunakan cuka manis, asin, pedas yang menjadikannya makanan favorit.

Tempe Mendoan Jawa Tengah

Indonesia memiliki banyak sekali olahan tempe, salah satu yang banyak digemari adalah tempe mendoan khas Jawa Tengah. Tempe jenis ini memiliki tekstur kulit yang lembek dan dimakan dengan saus kecap pedas manis atau cabai rawit.

Lumpia Semarang

Lumpia ini memiliki bentuk yang mirip dengan rolade, bungkusan lumpia berisi rebung, daging ayam, telur atau udang di dalamnya. Makanan ini sebetulnya identik dengan makanan khas Tionghoa, tapi Anda perlu mencobanya karena makanan ini halal dan sangat lezat.

Ikan Asap Jayapura

Kota Jayapura memiliki ikan asap yang menjadi makanan khasnya. Makanan ini berasal dari ikan apa saja yang masih segar kemudian di masak dengan cara di asap selama berjam-jam menggunakan api kecil.

Papeda Papua

Papeda merupakan salah satu makanan khas Papua yang terbuat dari tepung sagu. Papeda harus dimasak selama beberapa menit hingga tekstur makanan ini berubah menjadi bubur. Bubur putih tersebut akan terasa hambar apabila tidak dicampur dengan apa-apa. Namun, untuk menambah cita rasa pada makanan ini, orang Papua biasa menambahkan ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

Sup Ikan Jantung Pisang Sulteng

Makanan ini berasal dari Sulawesi Tengah. Sesuai namanya, makan ini berasal dari bahan dasar ikan yang dijadikan sup dan ditambah jantung pisang sebagai pembeda dari masakan sup ikan lainnya. Makanan ini memiliki cita rasa yang segar dan pedas.

Klapertart Manado

Klapertart merupakan salah satu makanan khas Manado yang sudah sangat popular. Kue ini terbuat dari bahan dasar kelapa, susu, telur, mentega dan tepung terigu. Selain itu, klapertart menjadi ikon kuliner di Sulawesi Utara. Saat ini, klapertart tersedia dalam bentuk padat yang dipanggang atau lembut menyerupai custard.

Soto Banjar

Soto ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Kalimantan Selantan, Banjarmasin. Soto Banjar berbahan dasar daging ayam yang dicampur dengan bumbu rempah dan biasanya ditambahkan perkedel dan kentang rebus.

Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting soka merupakan salah satu makanan khas Indonesia daerah Kalimantan Utara. Menariknya, kepiting yang menjadi bahan dasar dari makanan ini bisa dimakan sampai cangkangnya. Karena keseluruhan kepiting soka ini sangat lembut.

Kerak Telor

Makanan khas Indonesia ini cukup terkenal, yaitu kerak telor. Makanan ini berasal dari daerah Jakarta dan Anda pasti sering menemuinya apabila berkunjung ke ibu kota. Kerak telor sukses menggoda lidah masyarakat untuk mencobanya karena memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Sate Madura

Seluruh masyarakat Indonesia tampaknya sudah mengenal salah satu olahan sate ini. Hampir sdi seluruh daerah Anda bisa menemui sate Madura. Sate ini terbuat dari daging ayam, kambing, dan sapi dengan bumbu kacang yang khas.

Ayam Betutu Bali

Ayam betutu adalah salah satu makanan yang berasal dari pulau Bali. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek utuh kemudian diberi bumbu dan dipanggang dalam api sekam.

Bubur Sagu Ambon

Makanan ini mirip dengan bubur kacangan hijau yang banyak dijual. Makanan yang berasal dari Ambon ini dimasak dengan santan dan gula. Selain itu, rasanya pun tidak kalah enak dengan bubur kacang hijau pada umumnya.

Tahu Campur Surabaya

Surabaya memang begitu terkenal dengan kulinernya yang cukup lezat. Salah satu makanan yang terkenal ada;ah Tahu Campur yang disajikan bersama dengan kuah kaldu, topping mie, irisan daging, kerupuk, dan daun selada untuk menambah kelezatan masakan ini.

Soto Betawi

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Ibu Kota Jakarta. Soto Betawi menjadi salah satu makanan favorit karena rasanya yang sangat gurih dan segar ditambah dengan renyah dari empingnya.

Karedok Bandung

Karedok merupakan salah satu makanan yang berasal dari sayuran khas Kota Kembang Bandung. Karedok terbuat dari campuran sayuran mentah seperti tauge, kol, timun, dan terong yang disiram dengan bumbu kacang. Makanan ini akan sangat enak apabila dimakan bersamaan dengan nasi atau lontong.

Sate Bandeng

Sate bandeng adalah makanan yang berasal dari Banten. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari ikan bandeng. Menariknya, makanan ini tidak memiliki duri dan tekstur daging yang sangat empuk.

Mie Bangka

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bangka ini terbuat dari bahan dasar mie. Makanan ini dihidangkan dengan cara mencampurkan mie dan bumbu ikan, cumi, udang, lalu ditaburi dengan kecambah dan timun.

Gulai Ikan Patin Jambi

Makanan khas ini berasal dari Jambi dan memiliki keunikan dari cara memasaknya. Cara memasak tersebut dicampur dengan daging buah durian yang telah difermentasi atau biasanya disebut sebagai tempoyak. Namun, jika tidak ada tempoyak, dapat diganti dengan santan.

Otak-otak Kepulauan Riau

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah otak-otak yang berasal dari Kepulauan Riau. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar seafood yang diolah dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Pendap Bengkulu

Pendap adalah makanan yang berasal dari Bengkulu. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan yang dibumbui dengan bumbu khas yang beraneka ragam.

Seruit Lampung

Seruit adalah salah satu makanan yang berasal dari Lampung. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan yang dibakar dan disajikan dengan menggunakan sambal terasi, tempoyak, atau manga. Apabila Anda sedang berkunjung ke Lampung, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan khas ini.

Ayam Cincane

Ayam cincane merupakan salah satu makanan khas kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar Ayam yang dibumbui dengan bumbu merah.

Sup Konro Sulawesi Selatan

Sop konro adalah makanan khas Sulawesi Selatan. Namun kini sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Sup konro adalah sup iga sapi dengan kuah yang berwarna coklat.

Gulai Belacan Riau

Pecinta seafood memang tidak pernah bisa menahan godaan makanan ini. Bahan utama masakan ini adalah udang besar yang dimasak dengan kuah santan kental dan sambal serta daun jeruk, yang tentunya bisa menambah porsi makan Anda.

Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

Lapa-lapa adalah makanan khas di Sulawesi Tenggara. Rasanya asin dan sangat cocok disantap bersama ikan asin.

Yugou Maluku Utara

Tidak hanya di Jepang, di Indonesia juga ada makanan seperti sashimi, yaitu Gohu Ikan dari Ternate. Makanan ini umumnya terbuat dari tuna mentah atau bonito yang dibumbui dengan garam, jeruk nipis serta daun kemangi.

Pedesan Entog Indramayu

Jenis makanan ini mirip dengan gulai biasa. Tapi bahan utamanya bukan ikan, ayam atau sapi, tapi entog. Entog sejenis bebek hanya berbeda pada bentuk kepalanya.

Bint Billu Huta Gorontalo

Binte Biluhuta atau Milu sirman adalah sup jagung manis, asin dan pedas. Makanan ini terbuat dari bahan baku seperti jagung, ikan dan udang.

Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Juhu Singkah atau dikenal juga dengan umbut rotan adalah rotan muda yang dimasak dengan ikan baung dan terong asam, atau dimasak dengan kuah santan agar lebih nikmat.

Daging Asap NTT

Daging asap atau daging sei merupakan makanan khas provinsi NTT yang terletak di Kabupaten Rote Ndao. Makanan ini berbentuk daging yang diiris tipis, kemudian diasapi dengan bara api pohon kesambi hingga matang. Umumnya daging asap dapat langsung dimakan atau diolah kembali menjadi masakan lain.

Nasi Lawar Bali

Nasi lawar atau yang lebih dikenal sebagai nasi campur Bali adalah masakan yang mencampurkan antara sayuran dengan irisan daging. Umumnya makanan ini disajikan dengan cara dicampur dan dibumbui menjadi satu.

Soto Ayam Ambengan Surabaya

Soto ayam ambengan Surabaya memiliki kuah yang berwarna kuning pekat karena menggunakan kunir. Soto ayam ini umumnya berisi daging, brutu, kulit, jeroan, telur, bihun, yang dicampur dengan nasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya