Gak Nyangka, Ternyata Tempe Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tempe.
Sumber :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

VIVA – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain olahraga dan menjalani gaya hidup sehat, cara lain yang bisa dilakukan adalah memenuhi nutrisi lewat makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Tidak perlu mahal, makanan murah juga dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan imunitas. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti tempe

Dr. Farhan Zubedi, mengatakan, makanan tinggi protein seperti tempe sangat dianjurkan untuk dipilih menjadi lauk, karena tinggi protein yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, melawan penyakit dan membantu proses penyembuhan.

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

"Setidaknya dibutuhkan 75-100 gram protein per hari untuk membantu proses pemulihan. Tempe mengandung  banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B12, kalsium, fosfor, kalium, lemak sehat dan serat," ujarnya saat webinar Stay Well Stay Strong, yang digelar PT Kobe Boga Utama, baru-baru ini. 

Oleh karena itu, dokter Farhan lebih lanjut mengungkapkan, mengonsumsi tempe yang tinggi protein, dapat berpengaruh baik pada pasien yang terinfeksi COVID-19. 

Mengungkap 5 Manfaat Tak Terduga dari Bawang Putih, Bisa Cegah Potensi Kanker

Berada dalam ruang diskusi yang sama, Chef Rebecca Suwignyo turut memberikan tips bagaimana cara mengkreasikan menu tempe agar tidak membosankan untuk dimakan setiap hari. 

"Menu paling mudah dan pasti disukai oleh keluarga adalah tempe goreng tepung. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan menu tempe tersebut adalah, pemilihan tepung bumbu yang praktis diolah dan aman dikonsumsi," terang dia. 

Presiden Direktur PT Kobe Boga Utama, Dipa Utomo, menambahkan, menjaga kesehatan tubuh memang sangat penting, namun harus diimbangi dengan menjaga pikiran. Karena menurut dia, ada hubungan yang kuat antara stres dan kekebalan tubuh. 

"Jika pikiran lebih banyak berisi emosi negatif, tentunya dapat menurunkan stamina tubuh. Selain itu, kami juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas dengan konsumsi makanan berkualitas. Tempe adalah salah satu makanan yang dianjurkan, karena mengandung banyak vitamin dan tinggi protein," pungkas dia. 

Atas dasar pemikiran tersebut, Dipa mewakili pihaknya turut menyebarkan pesan sehat di masa pandemi lewat aksi peduli bertajuk 'Stay Well Stay Strong'.

"Campaign ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan tubuh dan pikiran di masa pandemi dengan membagikan produk Kobe tempe kriuk yang cocok untuk melengkapi gorengan tempe di rumah," kata Dipa Utomo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya