Yuk Buat 5 Kudapan Khas Drakor di Rumah, Dijamin Anti Gagal

Corndog Khas Korea
Sumber :
  • Cookpad

VIVA – Tidak terasa pandemi COVID-19 sudah melanda hampir dua tahun dan telah menggeser kebiasaan kuliner di tanah air. Meskipun pemerintah telah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan beberapa restoran sudah mulai dibuka untuk dine-in namun tetap saja, beberapa orang malah lebih tertarik untuk membuat makanan sendiri di rumah.

Sinopsis Branding in Seongsu Episode 1: Trik Kim Ji Eun Atasi Pemagang yang Bikin Frustasi

Selain untuk mengisi waktu luang, memasak makanan sendiri di rumah tentu dianggap lebih sehat dan juga lebih ekonomis. Maka tak heran, semenjak masa pandemi banyak masyarakat yang semakin gemar menghabiskan waktunya untuk memasak di rumah. 

Dikatakan Senior Category Manager Household Category, Lazada Indonesia, Mei Vinni, karena dianggap lebih sehat dan aman, memasak sendiri di rumah masih menjadi salah satu opsi yang populer  saat ini, demi kesehatan diri dan keluarga. Hal ini tentunya membuat lebih banyak orang ingin memiliki peralatan masak yang berkualitas, agar kegiatan masak memasak mereka lebih mudah dan praktis. 

LTNS, Drakor Realitas Pasutri Bukan untuk Semua Kalangan Usia

"Melihat tren ini, Lazada bekerja sama dengan berbagai merek peralatan masak terkenal, untuk memberikan konsumen kami berbagai pilihan produk memasak berkualitas. Menyambut festival belanja 9.9 Big Brands Sale, Lazada menawarkan beragam promo menarik, termasuk peralatan masak berkualitas, yang bisa kamu cek setiap harinya," ujar Mei Vinni, dalam keterangan persnya.

Senada, Winner Master Chef Indonesia Season 1, Chef Lucky Andreono, menjelaskan bahwa tren masak di rumah ini sudah semakin populer sejak awal PSBB dan akan terus berlanjut sampai akhir masa PPKM bahkan sampai pandemi COVID-19 selesai. Apalagi saat ini, kuliner khas negeri gingseng kian merambah Tanah Air lantaran tren drakor yang menunjukkan kudapan tersebut.

Sinopsis Queen of Divorce Episode 4, Sa Ra Akan Menangani Kasus Perceraian Ji In dengan Yul Seong

Nah, berikut adalah beberapa resep masakan khas drakor yang sempat populer selama masa pandemi yang bisa kamu coba masak dirumah diantaranya, dikutip dari keterangan pers Lazada 

Corn dog 

Camilan ini mulai dikenal masyarakat melalui salah satu drama Korea  yang sempat trending “Start Up”. Pada dasarnya, Corn Dog adalah sosis atau keju mozarella yang dilapisi adonan tepung jagung kemudian disajikan dengan stick. Itulah mengapa, jajanan ini juga sering disebut sebagai Hot Dog on a stick. 

Dengan menggunakan fry pan makanan yang digoreng akan lebih cepat matang. Anda bisa menghemat waktu tanpa harus membuat orang lain menunggu masakan Anda matang. Kedua, makanan pun matangnya lebih merata.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membolak-balik makanan untuk mematangkan kedua sisi. Cukup tunggu hingga waktu yang pas, makanan akan matang sempurna di semua sisi. 

"Gunakan pan anti lengket karena lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak menyisakan bekas makanan yang berpotensi membuat masakan menjadi cepat gosong. Selain itu, pastikan wajan yang digunakan memiliki bahan berkualitas tinggi yang mampu menghantarkan dan menahan panas dengan baik," ujar Chef Lucky Andreono.

Terakhir, pastikan ketika menggoreng, temperatur dari minyak sudah sesuai agar makanan yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah. Chef Lucky juga menganjurkan untuk menggoreng dengan minyak kacang karena memiliki keunggulan mampu mempertahankan suhu tinggi dan tidak menyerap rasa makanan yang digoreng.  

Dalgona coffee 

Dalgona Coffee.

Photo :
  • U-Report

Apabila kamu aktif di media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Minuman kopi yang begitu populer di Korea Selatan ini memiliki warna coklat muda seperti jenis kopi susu pada umumnya, namun yang membedakan adalah teksturnya yang sangat lembut seperti whipped cream.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan kopi bubuk dan mengaduk kopi secara cepat sampai kopi tersebut mengembang dan menjadi whipped coffee. Akan tetapi, butuh waktu untuk menjadikan kopi tersebut mengembang dengan sempurna.

Namun, kini semua orang dapat dengan mudah membuat dalgona coffee karena sudah banyak sekali mixer pembuat dalgona yang dapat mempermudah dan menghemat banyak waktu dan juga tenaga.  

Korean BBQ grill 

Masakan khas Korea ini kerap ditunjukkan di berbagai judul serial drakor. Masyarakat Korea biasa menyantap daging panggang tipis dengan paduan daun selada dan saos yang lezat. Nah, di Indonesia cara makan ini biasanya terdapat di restoran-restoran berkonsep All You Can Eat.

Masakan ini tentunya sangat cocok dinikmati bersama keluarga dirumah. Buat kamu yang masih takut keluar rumah. Korean BBQ Grill sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah loh. Chef Lucky Andreono menjelaskan, dengan menggunakan grill pan anti lengket dengan kualitas yang baik hal tersebut dapat mencegah lemak daging menempel di permukaan yang menyebabkan kegosongan sehingga menghasilkan daging grill yang enak. 

"Selain itu, dengan lapisan anti lengket, kita tidak perlu menggunakan banyak minyak sehingga bisa menjadikan olahan makanan menjadi lebih  sehat," tuturnya.  

Dimsum mentai 

Ilustrasi Dimsum

Photo :
  • Queen Dimsum

Kalau biasanya kita kenal nasi salmon mentai yang tengah jadi favorit banyak orang, juga ada varian mentai lainnya yang tidak kalah enaknya yaitu dimsum mentai. Sajian ini juga kerap hadir dalam beberapa serial drakor untuk menjadi kudapan nikmat saat berkumpul dengan teman.

Dimsum ayam yang dibalut dengan toping saus mentai yang creamy di atasnya. Resep ini sangat cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari. Tips dari Chef Lucky Andreono untuk membuat dimsum yang empuk anda bisa menambahkan tepung maizena atau tepung tapioka. 

Selain itu untuk menciptakan dimsum yang enak dan juga sehat, dibutuhkan kukusan dengan kualitas terbaik untuk menghasilkan rasa masakan yang lezat karena daging yang dimasak dengan kukusan berkualitas tinggi akan menghasilkan rasa manis, serta tekstur yang lembut dan juicy tanpa merusak kandungan nutrisi makanan.

Kamu juga tidak membutuhkan minyak saat memasak dengan steamer yang artinya diet-friendly. Hanya dengan satu panci steamer, Anda dapat menyajikan berbagai jenis makanan. 

Croffle  

Kalau makanan yang satu ini pasti kamu udah nggak asing lagi deh. Karena sering banget muncul di social media kita akhir-akhir ini. Kudapan ini bermula dari inovasi jajanan pinggir jalan di Korea Selatan dan beberapa kali ditunjukkan dalam serial drakor.

Croffle adalah camilan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Camilan ini terbuat dari adonan croissant berlapis mentega yang dimasak hingga renyah dalam waffle iron.

Sayangnya tidak semua orang memiliki waffle iron dirumahnya karena harganya yang relatif mahal. Namun sekarang sudah ada pan khusus untuk membuat waffle loh, pemakaiannya pun juga sangat mudah. Kamu bisa menggunakan pan ini di kompor gas rumahmu!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya