10 Khasiat Konsumsi Cabai untuk Kesehatan Tubuh

Cabai rawit
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidak hanya menambah cita rasa dalam sebuah makanan saja, namun cabai juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa khasiat konsumsi cabai dan nutrisi yang terkandung pada cabai yang dikutip dari berbagai sumber.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Kandungan Gizi Cabai:

Ada beberapa jenis cabai yang biasa kita temui di Indonesia, seperti cabai rawit dan cabai merah. Walaupun bentuknya tidak begitu besar, ternyata cabai memiliki berbagai macam vitamin dan mineral.

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Cabai juga mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak yang turut melengkapi nutrisi cabai. Kandungan gizi yang ada di dalam 100 gram (g) cabai merah segar diantaranya, Air, energi, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, seng, beta-karoten, niacin, dan vitamin c.

Khasiat konsumsi Cabai

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

1. Memelihara kesehatan pencernaan

Banyak yang menganggap bahwa mengonsumsi cabai tidak bagus untuk pencernaan. Namun cabai memiliki manfaat untuk Kesehatan pencernaan asalkan tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Ketika capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf yang ada di saluran pencernaan akan menghasilkan anandamideAnandamide adalah senyawa kimia yang membantu mengurangi inflamasi alias peradangan, termasuk yang sering terjadi akibat tukak lambung serta penyakit Crohn.

2. Meringankan rasa sakit

Pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh yang dirangsang oleh cabai dapat berperan sebagai pereda rasa sakit alami. Zat capsaicin tersebut kemudian bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Selanjutnya, muncul sensasi panas dari cabai yang membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Tak mengherankan bila saat ini juga tersedia obat oles atau krim dengan kandungan capsaicin sehingga dapat digunakan untuk membantu mengatasi nyeri sendi serta cedera.

3. Untuk menurunkan berat badan

Ternyata konsumsi cabai bisa membantu menurunkan berat badan lho. Hal ini dikarenakan zat capsaicin dalam cabai diyakini dapat membakar lemak dan energi tubuh lebih cepat.

4. Untuk menjaga kadar gula darah

Kamu memiliki penyakit diabetes? Jika kamu konsumsi cabai, maka cabai tersebut bisa memberikan manfaat untuk menjaga kadar gula darah. Kandungan capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Dengan kandungan yang terdapat pada cabai seperti, vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten, kamu dapat terhindar dari serangan jantung.

Vitamin B juga dapat mengurangi kadar homosistein. Tingginya kadar homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke serta serangan jantung.

6. Menurunkan risiko kanker

Manfaat lainnya yaitu bisa menurunkan risiko kanker. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cabai, beberapa di antaranya adalah vitamin C, lutein, dan beta-karoten. Antioksidan ini telah terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

7. Melancarkan pernapasan

Mengonsumsi cabai juga dapat membantu melebarkan saluran napas di paru-paru sehingga punya manfaat bagi kamu yang memiliki penyakit asma.

Vitamin A pada cabai juga bisa menurunkan risiko radang paru-paru yang terjadi akibat merokok. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung benzopyrene yang menghancurkan vitamin A dalam tubuh.

8. Manfaat cabai untuk kesehatan mata

Diketahui bahwa mengonsumsi cabai juga baik untuk kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan lutein yang ada di dalam cabai, terutama cabai hijau yang sering kita jumpai saat makan gorengan.

Nutrisi lutein dalam cabai ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

9. Mengatasi hidung tersumbat

Jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung cabai dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Jika mengonsumsi terlalu banyak, maka menimbulkan rasa sakit perut dan mengalami diare.

10. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai ini bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

Itulah 10 manfaat cabai untuk kesehatan tubuh. Jika kamu tidak suka rasa pedas dari cabai, kamu tidak perlu memaksa untuk mengonsumsi cabai. Karena memang tidak semua orang bisa dan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan pedas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya