Wine Ternyata Bermanfaat Untuk Kulit hingga Turunkan Kolesterol

Ilustrasi wine
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA – Wine atau minuman anggur telah menjadi gaya hidup kaum metropolitan di Indonesia. Wine awalnya dibuat di benua Biru Eropa, dan telah menjadi minuman premium di dunia.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Wine mengandung alkohol dari rendah hingga tinggi, dan dapat dijadikan minuman pelengkap dalam berbagai acara atau kesempatan. Bukan hanya sebagai bagian dari gaya hidup, ternyata wine juga memiliki manfaat kesehatan loh.

Dari berbagai study maupun penelitian membuktikan bahwa minum wine dapat  menimbulkan efek menyehatkan. Misalnya penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan, bahwa wine mengandung agen anti penuaan dan antioksidan yang membuat kulit tetap sehat.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Profesor Gabriella Gazzani dan tim peneliti dari University of Pavia di Italia yang menganalisis lebih lanjut mengenai mekanisme antibakteri pada wine mengungkapkan, red wine punya efek anti-bakteri yang baik untuk kesehatan mulut.

Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan oleh BMC Medicine pada tahun 2013, mengungkapkan dengan mengonsumsi 2-7 gelas anggur merah dalam seminggu (dengan takaran 150 ml per gelas) dapat menurunkan stres maupun depresi.

Tak Punya SIM, Begini Hasil Tes Urine Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Selain itu,  sebuah studi lainnya yang dilakukan oleh John Hopkins dari University Medical Center membuktikan bahwa resveratrol dalam kulit anggur merah bisa mencegah stroke. Selain itu, kandungan procyanidin dan resveratrol bisa menyehatkan jantung serta dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Ragam manfaat yang bisa dituai dari mengonsumsi wine, menjadikan minuman ini dipilih untuk melengkapi gaya hidup sehat yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat di Eropa maupun Amerika. Bahkan gaya hidup sehat dengan meminum wine juga sudah merambah di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kiky Chandra selaku Sales & Marketing Manager dari Shop & Retailer Casa Wine mengungkapkan kecenderungan masyarakat Indonesia kini telah menyadari manfaat mengonsumsi wine secara teratur dengan takaran yang sesuai dapat berdampak positif terhadap kesehatan.

Hal ini terlihat dari Toko & Retailer Casa Wine yang terletak di Lantai 2, Jembatan 2, No 9-10 ITC Kuningan, Jakarta Selatan, kerap disambangi oleh penikmat wine. Penjualan wine di gerai tersebut mengalami peningkatan di masa pandemi seperti saat ini.

“Umumnya banyak konsumen yang sudah mengetahui manfaat dari mengonsumsi wine. Mereka memilih wine sebagai minuman untuk relaksasi menghilangkan stres dari rutinitas maupun terapi kesehatan. Dan untuk memperoleh benefit kesehatan sebaiknya wine diminum sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan oleh para ahli,” jelas Kiky dalam keterangannya, Selasa, 21 September 2021.

Selain penjualan secara offline, Kiky juga mengungkapkan jika penjualan wine di sejumlah marketplace juga mengalami peningkatan pesanan. Hal ini dikarenakan di saat pandemi dan PPKM, masyarakat lebih merasa nyaman dan aman untuk belanja secara daring.

“Penjualan secara daring cukup banyak, selain karena kondisi sedang PPKM, konsumen juga puas dengan pelayanan kami yang sangat baik dan responsif. Kami juga memberikan garansi jika terjadi kerusakan seperti botol pecah selama pengiriman, maka kami ganti dengan yang baru,” ujarnya.

Untuk diketahui, untuk jenis wine yang ditawarkan pun bervariasi, seperti Wine New World dari Indonesia, Australia, Selandia Baru, Amerika, Argentina, Chile, Afrika Selatan dan lain sebagainya, dengan harga mulai dari ratusan ribu.

Ada pula Wine Old World, seperti dari Perancis, Italia, Jerman, Portugal, Spanyol dan negara Eropa lainnya yang berharga jutaan rupiah. Selain itu, toko ini juga menjual beragam jenis bir, soju, sake dan produk lainnya seperti liquor serta aksesoris wine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya