Sandiaga Uno Cicipi Es Krim Sagu Khas Papua, Gimana Rasanya?

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Saat berkunjung ke Kampung Yoboi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mencicipi es krim sagu. Rupanya, jenis kudapan itu kerap disebut sebagai gelato-nya Kampung Yoboi. Bagaimana ya rasanya?

Kasus Pria Ditemukan Tewas di Freezer Mobil Es Krim, Polisi: Diduga Terkunci dari Luar

Mama marice salah satu warga kampung Yoboi, Sentani, Jayapura Papua menyambut baik kedatangan dari Menparekraf Sandiaga Uno. Mama Marice yang ditemui di kampung tersebut adalah penjual es krim yang terbuat dari Sagu.

Sandi mengungkapkan, dia akan membantu promosikan hasil karya dari mama Marice yang nantinya setiap wisatawan yang datang bisa mencoba es krim unik tersebut. Rasanya pun segar dan menggugah selera. Terlebih, sagu sendiri menjadi salah satu makanan pokok di tanah Papua.

Kronologi Penemuan Pria Tewas di Dalam Freezer Mobil Es Krim

“Saya akan membantu promosikan, dan akan kami bantu supaya setiap yang datang bisa menikmati es krim ini,” ujarnya dalam keterangan persnya.

Es krim unik yang dimiliki Kampung Yoboi dengan bahan dasar sagu yang dipadukan buah naga. Mama Marice berharap agar kedatanyan Sandiaga Uno mencicipi hasil kulinernya dapat membuat masyarakat lebih mengenal makanan khas daerahnya.

Geger, Zuardi Ditemukan Tewas Terkunci dalam Freezer Mobil Es Krim di Lebaran Hari Kedua

"Saya minta pak Sandi sebagai pimpinan masa depan kami bisa promosikan es krim sagu kami sehingga produksinya bisa dikenal lebih banyak lagi,” tukas Mama Marice.

Nah, apa saja resep Es Sagu ini, moms? Mudah lho. Yuk kita coba berdasarkan resep salah satu pengguna Cookpad, @mayadesymegawati, dikutip Kamis, 23 September 2021.

Bahan-bahan

1 liter susu UHT full cream
150 ml santan sedang
2 butir kuning telur
250 gr gula pasir
3 sdm susu bubuk
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung sagu
1 sdt munjung CMC
Vanili cair
Secukupnya Garam
30 gr SP
3 sdm air matang

Selai stroberi

1 pack stroberi
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
2 sdm gula pasir
3 bngks biskuit
3 centong nasi bubur ketan hitam

Cara membuat

1. Siapkan semua bahan, masak susu UHT cair hingga agak panas.

2. Sambil menunggu, mixer kuning telur dengan sebagian gula, CMC, hingga gula larut. Masukan sedikit susu k edalam adonan masukan sedikit demi sedikit. Masukan adonan telur ke dalam susu. Aduk rata.

3. Larutkan tepung maizena dan sagu dengan santan dan susu bubuk, masukkan ke dalam larutan susu, aduk rata. Tambahkan gula, garam, vanili. Masak hingga mendidih dan mengental .

4. Dinginkan susu. Setelah dingin, taruh di wadah tertutup. Simpan di kulkas hingga membeku. Simpan kurang lebih 10 jam.

5. Larutkan SP dan air, cairkan. Simpan di dalam magic com hingga mencair, lalu dinginkan hingga SP kembali membeku .

6. Kerok adonan es krim, mixer dengan memasukkan sebagian SP hingga mengembang. Masukan lagi sisa SP. Mixer kembali hingga mengembang 3 kali lipatnya.

7. Simpan di freezer. Sambil menunggu, buat selai stroberi. Masak stroberi hingga air menyusut, tambahkan jeruk nipis. Aduk rata, dinginkan.

8. Mixer kembali adonan es krim, bagi menjadi 3 bagian. Satu bagian beri selai stroberi, satu bagian beri Oreo yang sudah dihancurkan, satu lagi beri ketan hitam. Aduk rata .

9. Taruh di loyang atau di cup satuan. Tutup rapat. Dinginkan di freezer, sajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya