Mengenal Scotch Whisky, Minuman Skotlandia dari Abad Ke-14

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.
Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Ada begitu banyak jenis minuman beralkohol. Namun, salah satu yang paling terkenal adalah Scotch Whisky atau sering hanya disebut sebagai wiski atau Scotch. Minuman ini adalah wiski malt atau wiski gandum atau campuran keduanya yang pertama kali dibuat di Skotlandia.

Dilansir dari Whiskypedia, Selasa, 5 Oktober 2021, semua Scotch whisky awalnya terbuat dari gandum malt. Penyulingan komersial lah yang mulai memperkenalkan wiski yang terbuat dari gandum dan gandum hitam pada akhir abad ke-18. Tahun 2020, ada 134 penyulingan wiski Scotch yang beroperasi di Skotlandia.

Untuk membuatnya, minuman ini harus disimpan terlebih dahulu dalam tong kayu ek setidaknya selama tiga tahun. Inilah yang membuat Scotch whisky spesial. Menariknya lagi, setiap pernyataan usia pada sebotol Scotch whisky, yang dinyatakan dalam bentuk numerik, harus mencerminkan usia wiski termuda yang digunakan untuk memproduksi produk tersebut.

Wiski dengan pernyataan usia dikenal sebagai wiski yang dijamin usianya. Wiski tanpa pernyataan usia dikenal sebagai wiski tanpa pernyataan usia (NAS). Namun, satu-satunya jaminan adalah bahwa semua wiski yang terkandung dalam botol itu setidaknya berusia tiga tahun. Kekuatan pembotolan minimum menurut peraturan adalah alkohol 40 persen berdasarkan volume.

Scotch whisky juga terbagi menjadi lima jenis tergantung dari bahan utamanya, yakni malt tunggal, gandum tunggal, malt campuran (sebelumnya disebut vatted malt atau malt murni), biji-bijian campuran dan Scotch whisky campuran.

Penyebutan tertulis pertama yang diketahui tentang Scotch whisky adalah dalam Exchequer Rolls of Scotland tahun 1494. Menurut Asosiasi Scotch Whisky, kata wiski berasal dari bahasa Gaelik 'uisge beatha' atau 'usquebaugh', yang artinya 'air kehidupan'.

Scotch whisky paling terkenal di Inggris