Hujan Bikin Lapar, Ini 3 Resep Pasta Lezat Menggugah Selera

Spaghetti bolognese
Sumber :

VIVA – Pasta menjadi salah satu menu makanan yang sudah akrab di lidah masyarakat dunia dengan beragam variasi yang menggugah selera. Tak heran, Hari Pasta Sedunia yang jatuh setiap tanggal 25 Oktober dirayakan oleh banyak orang dengan memasak menu-menu andalan berbasis pasta.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Di Hari Pasta Sedunia, San Remo yang menjadi salah satu produsen pasta asal Australia berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Perayaan ini dilakukan dengan cara yang unik dan tidak biasa, di mana San Remo berhasil mengajak 1,500 lebih peserta dari seluruh Indonesia untuk memasak pasta secara serentak. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Sebagai pionir brand pasta sejak tahun 1936, kami telah memiliki basis penggemar yang loyal, termasuk para penggemar pasta yang berada di Indonesia. Untuk itulah, kami menghadirkan sebuah persembahan menarik dan tidak biasa agar dapat terus menjalin kedekatan dengan para penggemar meskipun masih terhalang karena situasi pandemi yang terjadi," ujar International Business Manager San Remo, Bruno Scheidt, dalam keterangan persnya.

Acara memasak pasta virtual ini pun turut diramaikan oleh hadirnya dua celebrity chef kenamaan, Chef Marinka dan Chef Martin Praja. Keduanya memberikan tips praktikal dalam mengolah pasta ke berbagai kreasi menu western dan santapan Asia.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Tercatat, lebih dari 50 menu berhasil dibuat oleh seluruh peserta dalam acara memasak yang berlangsung selama satu jam tersebut. 

Untuk ajang memasak pasta San Remo dengan jumlah peserta terbanyak ini, STEB Asia memadukan teknik online to offline event marketing dan user-generated marketing untuk menyebarkan pesan secara masif dengan kesan yang berbeda.

Berlokasi di Jakarta dan Bali, STEB Asia bertanggung jawab mulai dari pembuatan ide kreatif, event management, dan marketing promotion di lintas media termasuk digital & content marketing, KOL engagement, hingga digital PR. 

“Hari Pasta Sedunia adalah momen penting bagi para penggemar pasta di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Beruntung, kolaborasi dengan San Remo memungkinkan kami untuk mengeksplorasi cara-cara unik dan berbeda. Pendekatan ini merupakan sebuah pencapaian baru dalam sejarah San Remo di Indonesia.” ujar CEO dan Founder STEB Asia, Meutia Adryana. 

Bicara soal pasta sendiri, resepnya kini sudah sangat bervariasi dan mudah dibuat. Berikut 3 resep pasta mudah dan lezat untuk si kecil dari Chef Devina Hermawan. 

Spaghetti Bolognese (untuk 2 porsi)

Spaghetti bolognese

Photo :

Bahan:

200 gr spaghetti 

Bolognese:
120 gr bawang bombai, cincang
5 siung bawang putih, cincang
100 gr wortel, cincang
3 batang seledri / 4 sdm seledri cincang 400 gr daging giling (ayam / sapi / campur) 80 gr kornet (opsional)
5 buah tomat / 500 ml jus tomat
6 sdm saus tomat
1-2 sdm tomato paste (opsional)
1 sdm kecap inggris
100 ml jus apel (opsional)
100 ml susu
3 lembar bay leaf
1-2 sdt kaldu bubuk
1-2 sdt garam
Yo sdt merica
200 ml air 

Pelengkap:
2 butir telur rebus setengah matang
Parsley cincang
Keju parmesan
Olive oil 

Langkah:
1. Untuk jus tomat, potong bagian bawah tomat membentuk huruf X lalu rebus sebentar. Kupas kulitnya kemudian blender hingga halus.

2. Untuk bolognese, panaskan minyak kemudian tumis kornet hingga setengah kering lalu tambahkan bawang bombai dan tumis hingga kering.

3. Masukkan daging giling dan tumis lagi hingga kering kemudian tambahkan bawang putih, wortel dan seledri lalu masak lagi kecokelatan.

4, Masukkan jus apel, kecap inggris, jus tomat, saus tomat, susu, tomato paste, dan air.

5. Tambahkan bay leaf dan bumbui dengan kaldu bubuk, garam dan merica kemudian tutup pan dan masak dengan api kecil selama 20-30 menit.

6. Siapkan air mendidih, rebus spaghetti selama 5 menit atau sesuai selera.

7. Panaskan sedikit minyak, tuang saus bolognese secukupnya dan masukkan spaghetti yang sudah direbus lalu beri sedikit air rebusan pasta dan masak hingga bumbu meresap.

8. Sajikan spaghetti bolognese dengan telur rebus setengah matang, parsley, parmesan, lada hitam, dan olive oil sebagai pelengkap.

Creamy Pasta (untuk 2 porsi)

Bahan:

120 gr spaghetti ukuran 10
10 jamur champignon, iris
2 lembar smoked beef, iris 

Creamy sauce:
Ya siung bawang bombai, cincang
3 siung bawang putih, cincang
1/2 sdt pala
1/2 sdt merica
1/2 sdm tepung terigu
100-200 ml air
80 ml cream
1 sdm mentega
1 sdm parmesan
1 sdm cheese spread
1 butir kuning telur
1/2 sdt garam
1 sdt gula 

Langkah:
1. Rebus spaghetti 7/4 matang +5-6 menit, tiriskan.
2. Panaskan pan, tumis jamur dengan sedikit minyak hingga kering lalu tambahkan bawang bombai, bawang putih, dan smoked beef lalu tumis lagi hingga wangi.
3. Tambahkan merica, pala bubuk, dan tepung kemudian masak.
Description »~< 1. Rebus spaghetti 74 matang +5-6 menit, tiriskan.
4. Panaskan pan, tumis jamur dengan sedikit minyak hingga kering lalu tambahkan bawang bombai, bawang putih, dan smoked beef lalu tumis lagi hingga wangi.
5. Tambahkan merica, pala bubuk, dan tepung kemudian masak hingga wangi.
6. Masukkan air dan spaghetti kemudian bumbui dengan garam dan gula, masak hingga air sedikit surut lalu tambahkan cream, masak hingga meresap.
7. Tambahkan mentega, parmesan, dan cheese spread aduk rata dan matikan api.
8. Tambahkan kuning telur, aduk rata.
9. Sajikan Creamy Pasta dengan garnish keju parmesan 

Resep Mie Aglio e Olio (untuk 2 porsi)

Bahan:

2 porsi mie basah 

Garlic oil:
10 siung bawang putih, cincang
6 cabai rawit, cincang
2 sdm chili flakes
50 ml minyak 

Garlic crumb:
6 siung bawang putih, iris
2 sdm mentega
6 sdm bread crumbs

Lainnya:
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica
1/2 sdt kaldu jamur
1 sdm kecap asin
Parsley, cincang 

Langkah:
1. Goreng bawang putih hingga setengah kering, masukkan cabai rawit dan chili flakes kemudian goreng hingga kering dan sisihkan

2. Tumis bawang putih hingga setengah kering lalu buang minyaknya dan masukkan mentega, bread crumbs, garam, merica lalu masak hingga kering, sisihkan

3. Rebus mie dengan air yang cukup hingga matang 

4. Dalam mangkuk besar, masukkan gula, garam, merica, kaldu jamur, kecap asin, garlic oil, mie yang masih panas lalu aduk hingga rata 

5. Pindahkan ke piring saji lalu taburi dengan garlic crumbs dan parsley cincang 6. Mie aglio e olio siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya