5 Tips Merebus Telur yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Telur ayam.
Telur ayam.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tips merebus telur sebaiknya diketahui oleh semua orang terutama seorang perempuan. Selain itu, telur juga adalah sumber protein baik guna menjaga kesehatan tubuh. Saat ini, banyak juga olahan telur yang memakai bahan dasar telur. Telur juga mempunyai rasa yang lezat dan mengandung zat gizi yang diperlukan untuk tubuh. Menyadur lama Healthline, telur berisi banyak zat gizi, mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, asam folat, sampai fosfor. Berbagai kandungan tersebut terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Selain itu, telur juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis olahan makanan yang sangat lezat. Maka dari itu, tidak heran jika telur banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu jenis olahan telur yang paling mudah dan banyak dipilih sebagai menu masakan masyarakat Indonesia adalah telur rebus. Tapi, walaupun kedengarannya begitu mudah, tidak jarang orang kesulitan, mulai dari cangkangnya retak, isinya keluar, sampai tingkat kematangannya yang sulit diprediksi. Sehingga telur rebus menjadi olahan yang tidak sempurna. Nah, berikut VIVA sudah merangkum tips olahan telur yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Merebus Telur?

1. Merebus

Merebus telur.

Merebus telur.

Photo :
  • U-Report

Mayoritas orang merebus telur dengan cara meletakkan telur di dalam panci yang berisi air dingin kemudian dimasak sampai mendidih selama beberapa menit. Tapi sebenarnya, bila kamu memakai tips ini maka kulit telur akan susah untuk dikupas. Hal ini karena selaput putih akan menempel dalam kulit telur. Tidak hanya itu, kamu juga memperoleh putih telur yang tidak lembut dan kuning telur yang tidak matang merata. Ada baiknya, bila akan merebus telur, rebus terlebih dahulu air dalam panci sampai mendidik bergolak. Setelah mendidih, masukkan telur ke dalam panci kemudian tutup. Diamkan selama 11 menit. Hal ini perlu dilakukan supaya selaput tipis telur akan terlepas sehingga telur akan mudah dikupas.

2. Mengukus