5 Tips Merebus Telur yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Telur ayam.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tips merebus telur sebaiknya diketahui oleh semua orang terutama seorang perempuan. Selain itu, telur juga adalah sumber protein baik guna menjaga kesehatan tubuh. Saat ini, banyak juga olahan telur yang memakai bahan dasar telur. Telur juga mempunyai rasa yang lezat dan mengandung zat gizi yang diperlukan untuk tubuh. Menyadur lama Healthline, telur berisi banyak zat gizi, mulai dari vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium, asam folat, sampai fosfor. Berbagai kandungan tersebut terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Selain itu, telur juga bisa diolah ke dalam berbagai jenis olahan makanan yang sangat lezat. Maka dari itu, tidak heran jika telur banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu jenis olahan telur yang paling mudah dan banyak dipilih sebagai menu masakan masyarakat Indonesia adalah telur rebus. Tapi, walaupun kedengarannya begitu mudah, tidak jarang orang kesulitan, mulai dari cangkangnya retak, isinya keluar, sampai tingkat kematangannya yang sulit diprediksi. Sehingga telur rebus menjadi olahan yang tidak sempurna. Nah, berikut VIVA sudah merangkum tips olahan telur yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Tips Merebus Telur?

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

1. Merebus

Merebus telur.

Photo :
  • U-Report
Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Berkembang dan Bisa Bantu Banyak Orang

Mayoritas orang merebus telur dengan cara meletakkan telur di dalam panci yang berisi air dingin kemudian dimasak sampai mendidih selama beberapa menit. Tapi sebenarnya, bila kamu memakai tips ini maka kulit telur akan susah untuk dikupas. Hal ini karena selaput putih akan menempel dalam kulit telur. Tidak hanya itu, kamu juga memperoleh putih telur yang tidak lembut dan kuning telur yang tidak matang merata. Ada baiknya, bila akan merebus telur, rebus terlebih dahulu air dalam panci sampai mendidik bergolak. Setelah mendidih, masukkan telur ke dalam panci kemudian tutup. Diamkan selama 11 menit. Hal ini perlu dilakukan supaya selaput tipis telur akan terlepas sehingga telur akan mudah dikupas.

2. Mengukus

telur

Photo :
  • U-Report

Ternyata cara di atas adalah sebuah tips merebus telur yang tidak disarankan, karena proses ini akan membuat telur tidak matang sempurna. Selama proses perebusan di dalam panci, cangkang dan putih telur akan meresap panas yang dihasilkan dari rebusan tersebut. Karena itu, putih telur akan menjadi keras dan juga kenyal. Selain itu, kuning telur dapat memiliki warna yang berbeda.

Akan lebih baik apabila kamu mengukus telur di dalam kukusan yang sudah dipanaskan, selama 11 sampai 12 menit. Setelahnya, angkat telur tersebut kemudian rendam di dalam air es sampai dingin dan kemudian kupas. Dengan demikian, kamu akan memperoleh telur dengan putih yang lembut dan juga sangat mudah dikupas.

3. Telur Bersuhu Ruang

Telur ayam.

Photo :
  • Freepik/freepik

Tips merebus telur berikutnya adalah dengan menyimpan di suhu ruangan. Biasanya telur akan disimpan dalam lemari es agar bisa bertahan lama. Namun, sebelum direbus, ada baiknya untuk didiamkan dalam suhu ruangan terlebih dahulu. Hal ini karena akan membantu proses perebusan menjadi lebih cepat. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan usia telur, telur yang masih baru umumnya mempunyai kuning yang bulat dan putih telur merata.

Sementara itu, telur yang dibeli di supermarket umumnya sudah tua atau lebih dari 5 hari setelah keluar dari induk ayam. Telur tersebut kuningnya akan lebih besar dan rongga udara akan membuat cekungan besar di ujung telur ketika telur telah matang.

4. Rendam di Air Es

Telur.

Photo :
  • U-Report

Sesudah merebus telur, diamkan di dalam air es terlebih dahulu. Ini dilakukan bukan supaya telur lebih dingin dan mudah dikupas, tapi bermanfaat supaya mencegah telur menyusut secara perlahan dari cangkang. Karena bila tidak didinginkan, telur akan mempunyai divot atau kantong udara yang akan membuat tampilannya seperti tidak penuh.

5. Waktu Merebus Telur

Telur rebus setengah matang.

Photo :
  • Pixabay/Myriams-Fotos

Biasanya, waktu merebus telur adalah mulai dari 5 hingga 12 menit, ketika air yang berada di dalam panci sudah mendidih. Rebus telur selama 5 menit bila kamu menginginkan soft-boiled egg, kemudian 7-9 menit untuk medium, dan 12 sampai 13 menit bila ingin matang sempurna. Untuk pecinta telur setengah matang, kamu bisa mengikuti tips merebus telur.Mulai dari merebus air hingga mendidih, kemudian tambahkan telur dan mulai menyalakan waktu merebus.

Rebus sekitar 5 menit untuk 1 sampai 2 telur bila kamu menginginkan hasil kuning telur yang encer. Kamu juga bisa merebus telur selama 7 menit bila menginginkan kuning telur yang sedikit lebih padat tapi masih tetap matang. Bila merebus 3 sampai 4 telur, tambahkan waktu beberapa detik. Sementara, bila kamu merebus lebih dari empat telur, ada baiknya untuk merebus secara berkala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya