5 Keunggulan Alat Masak dari Kayu, Lebih Aman untuk Makanan

Ilustrasi alat masak.
Ilustrasi alat masak.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

VIVA – Ada banyak pilihan peralatan masak yang bisa Anda gunakan untuk membuat hidangan lezat. Umumnya peralatan itu terbuat dari stainless steel, kayu, silikon hingga nilon.

Tapi, bagi para pemula pasti akan bingung manakah bahan yang paling aman? Yang jelas, satu peralatan masak yang wajib Anda miliki adalah alat masak dari kayu.

Ada 5 alasan kenapa peralatan memasak kayu lebih unggul dari lainnya. Berikut penjelasannya dikutip dari laman My Recipes.

1. Peralatan dari tidak akan menggores permukaan antilengket wajan atau panci Anda. Ini penting terutama untuk masakan yang butuh banyak mengaduk.

2. Peralatan kayu hangat. Sendok kayu yang masuk ke dalam resep masakan yang sensitif terhadap suhu tidak akan 'kaget' masakan dan menyebabkan kristalisasi langsung. Peralatan kayu juga tidak konduktif, artinya tidak akan menarik panas dari masakan dan tidak membakar tangan Anda.

3. Cukup kokoh untuk mengaduk masakan dengan kuah atau adonan kental.

4. Anti panas. Peralatan kayu tidak akan meleleh di masakan yang panas atau ketika ditaruh di wajan panas. Tapi bukan berarti peralatan itu tidak akan terbakar. Peralatan ini juga melepaskan bahan kimia ketika dipakai di masakan panas seperti pada peralatan plastik.