Kemenparekraf Bertekad Bawa 'Jajanan Klepon' ke Mancanegara

Penganan tradisional klepon di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Penguatan promosi kuliner asli Indonesia dapat mendorong pengembangan industri kreatif sekaligus dapat melengkapi promosi destinasi pariwisata Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Menurutnya, kuliner asli yang dijaga dan dikembangkan oleh masyarakat akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik domestik, maupun mancanegara. 

"Terlebih lagi bagi pariwisata Indonesia yang banyak menjual daya tarik budaya dan tradisinya. Hal ini sangat sejalan dengan langkah promosi wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui brand Wonderful Indonesia," ujarnya saat Press Launch Es Krim Aice Mochi Klepon, yang digelar virtual baru-baru ini. 

Sinergi Kemenag dan Kemenparekraf Percepat Sertifikasi Halal Produk Layanan Wisata

Menurut Nia, kekuatan kuliner Indonesia adalah salah satu aspek penting dalam sektor ekonomi kreatif dan penguatan citra Wonderful Indonesia. 

Dalam rangka menguatkan promosi kuliner Indonesia, Kemenparekraf menggandeng Aice Group meluncurkan program pelestarian kuliner asli Indonesia. Mereka mengkolaborasikan Co-Branding Wonderful Indonesia dengan inovasi warisan Indonesia yang muncul dalam es krim Aice Mochi Klepon. 

Sertifikasi Halal Produk Layanan Wisata Dipercepat Jelang Wajib Halal Oktober 2024

Juru Bicara sekaligus Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong, mengatakan, es krim mochi dengan cita rasa klepon itu juga akan diekspor keluar negeri, yang akan mempromosikan kuliner serta budaya tradisional Indonesia di luar negeri. 

"Kerjasama multi-helix antara swasta, pemerintah dan banyak pihak menjadi kunci kesuksesan kita. Kami mendedikasikan es krim mochi klepon ini untuk penguatan citra kuliner, sokongan UMKM dan kreatif, dan menjadi dukungan kami ke Wonderful Indonesia. Khususnya dalam penguatan wisata kuliner asli Indonesia," kata dia. 

Penganan tradisional klepon di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sylvana menjelaskan, lelehan gula aren yang dibungkus dalam kulit mochi rasa pandan yang kenyal bertabur kelapa, menjadikannya sangat mirip dengan kue klepon asli. Baik dari tekstur, rasa maupun aromanya. 

"Saya dan juga semua anak bangsa tentu sudah tahu tentang kelezatan kue klepon. Kami berharap es krim dengan rasa klepon ini akan menjadi pilihan utama penyuka es krim untuk cita rasa dan kelezatan yang ber-DNA asli Indonesia," jelas Sylvana. 

"Kami mengapresiasi Aice yang mendukung promosi kuliner asli Indonesia melalui kreasi jajanan tradisional klepon dengan es krim mochi. Kami harapkan semakin banyak kreativitas dalam penyajian kuliner asli Indonesia ke depannya," tambah Nia Niscaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya