Unik dan Khas, Ada Mendoan Stroberi di Purbalingga

Mendoan Stroberi
Sumber :
  • tvonenews

VIVA – Mendoan, makanan khas asal Banyumas, Jawa Tengah ini tidak asing lagi tentunya bagi penggemar tempe. Tempe dibalut tepung yang digoreng setengah matang, rasanya memang enak. 

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Kali ini ada yang berbeda dari mendoan, di Purbalingga Jawa Tengah, ada menu baru mendoan, yakni mendoan stroberi. Mendoan ini bisa dinikmati di kawasan wisata Desa Serang, sebuah desa di lereng Gunung Slamet sentra pertanian  stroberi.

Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga adalah desa terakhir yang berbatasan langsung dengan hutan lereng Slamet. Desa yang berhawa sejuk ini memang memiliki ladang tanaman stroberi, selain tanaman sayur yang ditanam warga. 

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Bahkan sudah sejak sepuluh tahun terakhir ini, menjadi penghasil stroberi dan merupakan kawasan wisaya. 

"Awalnya sentra pertanian sayur. Lalu ada yang coba tanam stroberi, ternyata tumbuh bagus. Ini kemudian berkembang menjadi daya tarik wisata petik stroberi," ujar Kepala Desa Serang, Sugito dikutip dari tvonenews.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Saat berkunjung ke kawasan wisata tersebut, selain pemandangan yang indah, Anda juga akan mendapati menu khas dan unik yaitu mendoan stroberi.

"Aneh, pertama kali melihat ada menu mendoan stroberi, karena penasaran kita mencobanya," ujar Budi, pengunjung dari Pemalang, Jateng.

Sama dengan mendoan umumnya, bumbu tepung untuk menggoreng ada ketumbar, bawang putih dan garam. Lalu ditambahkan irisan daun bawang. Sesuai namanya, mendoan stroberi, tentu saja ditambahkan irisan buah stroberi.

"Awalnya dicoba untuk kalangan sendiri. Ternyata rasanya lebih ada citarasa segar. Akhirnya coba dijual, ternyata disambut baik oleh pengunjung," ujar Lutfi, salah seorang pedagang makanan di lokasi wisata.

Stroberi yang digunakan adalah yang berkualitas bagus. Lalu diiris tipis dan dicampurkan ke adonan tepung.

Mendoan stroberi dihidangkan bersama sambal kecap dengan irisan cabe rawit dan bawang merah. Rasanya, tentu ada sensasi beda menikmati mendoan yang gurih bercampur citarasa manis asam stroberi.

Penasaran? Silakan datang sambil berwisata ke  Desa Wisata Serang Purbalingga. 

Liputan: Tim tvOne/Sonik Jatmiko

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya