Resep Donat Kentang Empuk dan Gurih, Cocok jadi Cemilan Sore Hari

Donat kentang empuk
Sumber :
  • Cookpad/@fitrisasmaya

VIVA – Resep donat kentang menjadi andalan para Moms ketika sedang mengisi waktu kosong. Resep donat kentang sangat mudah didapatkan. Tepung terigu tinggi protein dan kentang kukus sangat mudah dicari seperti pasar dan supermarket. Donat kentang cocok dijadikan sebagai cemilan sore hari ketika hujan atau cuaca dingin. Resep donat kentang dapat dibuat kapan saja karena tak memakan waktu yang lama.

Viral! Seorang Penjual Donat di Pinggir Jalan Dapat Hadiah Rumah Baru dan Uang Tunai Rp 155 Juta

Dengan demikian, donat kentang dapat disajikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh serta susu. Bagaimana cara membuatnya? Simak bahan dan langkah di bawah ini ya:

Donat Kentang

Photo :
  • VIVAnews/ A. Rizaluddin
Viral! Gegara Beri Dagangan Gratis, Penjual Donat Ini Dihadiahi Rumah dan Uang Rp155 Juta

Bahan-bahan

150 gram tepung terigu protein tinggi(15 sdm)

Seorang Wanita Ditangkap Usai Curi Mobil Van Berisi 10 Ribu Donat Krispy Kreme

100 gram tepung terigu serba guna(9 sdm) >> tepung terigu protein sedang

40 gram gula pasir(3sdm)

100 gram kentang kukus dihaluskan (berat setelah dikukus)(7sdm)

1 sdm susu bubuk

1 butir telur

40 gram mentega suhu ruang(3 1/4 sdm)

1/4 sdt garam halus

Bahan biang:

1 sdt ragi instant

1 sdt gula pasir

75 ml air hangat (silakan pakai 55 ml air hangat saja)

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan timbang dan takar dengan pas.

2. Buat biang, siapkan mangkuk masukkan ragi dan gula lalu tuangi air hangat, diamkan 10 menit atau sampai timbul gelembung-gelembung.

3. Siapkan wadah masukkan terigu, susu bubuk, kentang, gula dan telur. Tuang bahan biang, aduk rata.

4. Uleni sampai setengah kalis masukkan mentega dan garam.

5. Uleni sampai kalis elastis. Proses ini dapat juga menggunakan foodprocessor pakai mata pisau buat ulen roti selain hanya dengan tanga .

6. Bulatkan adonan di atas wadah, tutup dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya. Biarkan sampai 40 menit hingga mengembang.

7. Jika sudah mengembang dua kali lipat, kempeskan. Pindahkan ke meja alasi dengan kertas baking atau silmat, jangan lupa tangan diusap ke dalam terigu dulu.

8. Pipihkan adonan. Bagi adonan menjadi 8 atau 9 buah atau sesuai selera hendak donat yang ukuran kecil atau sedang.

9. Bulatkan.

10. Siapkan kertas baking potong kotak, taburi dengan terigu taruh bulatan adonan di atasnya.

11. Pindahkan kedalam wadah tutup pakai kain lembab, pakai wadah kedap udara lalu tutup dan diamkan kurang lebih 20 menit atau sampai mengembang lagi.

12. Tekan sedikit, lalu lobangi dengan alat untuk lubangi donat.

13. Goreng donat kentang hingga berwarna kuning keemasan. Angkat donat beserta kertas bakingnya, lepas donat dari kertas baking lalu masukkan ke dalam minyak. Minyak yang dituangkan ke dalam kuali sebanyak lebih kurang 800 ml.

14. Sajikan. Silakan diberi topping sesuai selera, bisa memakai topping gula halus, keju atau coklat.

Seperti diketahui, donat kentang, kadang-kadang disebut Spudnut, adalah donat, biasanya manis, yang dibuat dengan kentang tumbuk atau tepung kentang bukan dari tepung terigu, bahan paling umum yang digunakan untuk adonan donat. Namun saat ini terdapat variasi dalam pembuatan bahannya, yakni menggunakan kentang yang dikukus kemudian dicampur bersama adonan donat dari tepung terigu.

Donat kentang diperkenalkan pada pertengahan 1900-an, dan sebuah resep diterbitkan pada tahun 1938. Donat kentang cenderung lebih ringan dari donat tepung, dan dibuat dengan metode yang sama dengan donat lainnya. Pada tahun 1950-an, ratusan toko-toko Spudnut didirikan di Amerika Serikat sebelum menurun hingga hanya beberapa lusin saja baru-baru ini. Selain itu, donat dari adonan uwi juga dimakan di kawasan Asia Timur. Seperti halnya donat biasa, donat kentang juga sering dimakan bersama kopi.

Isaiah Garza

Profil Isaiah Garza, Bule Dermawan yang Hadiahkan Rumah dan Uang Rp 155 Juta ke Penjual Donat

Mengutip laman isaiahgarza.com, Isaiah Garza ternyata merupakan seorang pengusaha, desainer perhiasan, dermawan, pembicara publik, penyanyi serta influencer media sosial.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023