5 Makanan Khas Maluku, Rasanya Enak dan Autentik

Urap Sayur
Sumber :
  • Cookpad/Ribka Arini

VIVA – Makanan khas Maluku pasti tidak jauh-jauh dari rempah-rempah dan sagu yang menjadi bahan dasarnya.  Jika mengetahui di balik sejarahnya, Maluku memang pusatnya jual beli rempah-rempah dunia, selain kota Aceh. Kayanya akan rempah-rempah di kota ini, tak heran semua masakan khas Maluku memiliki cita rasa yang otentik dan Indonesia banget.

Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Hal tersebut menjadi alasan utama kuliner di Maluku khas dengan rasa yang kuat rempah-rempah.  Selain rempah-rempah, makanan khas Maluku lainnya yang selalu jadi incaran masyarakat yaitu hidangan yang berbahan dasar sagu. 

Tidak hanya rempah-rempah, Maluku juga begitu kental khas dengan sagu sebagai bahan makanan utama bagi ragam kuliner yang ada di Maluku. Maluku yang dikenal dengan keindahan pantainya tentu juga menghasilkan tangkapan laut yang mumpuni. 

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Jadi tidak heran jika makanan khas Maluku juga berbahan dasar dari olahan ikan dengan tambahan bumbu rempah-rempah yang melimpah. Jadi jika kalian sedang menyambangi kota tersebut, hendaklah mencicipi ragam makanan khas Maluku yang dijamin memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya gugah selera.

1. Sambal Colo-colo

Dipimpin Umar Kei, FPMM Deklarasi Dukung Murad Ismail di Pilgub Maluku 2024

Sambal Colo-colo khas Ambon.

Photo :
  • http://astrimakanmakan.blogspot.com

Nah masakan khas Maluku yang pertama adalah sambal colo-colo. Sambah asal kota ini memang terkenal rasanya yang otentik. Kenapa demikian? Hal tersebut lantaran, sambal colo-colo ini menghasilkan kombinasi rasa yang lengkap dan pastinya enak untuk dicocol.

Memiliki rasa pedas, segar dan manis menjadikan sambal colo-colo ini makanan khas Maluku.  Sambal khas Maluku ini terbuat dari potongan cabai rawit hijau dan merah, tomat muda, dan bawang merah yang dikupas dan diberi taburan garam dan perasan jeruk nipis tanpa diulek. 

Bisa dibilang sambal jenis ini sedikit mirip dengan sambal matah yang menggunakan jeruk nipis sebagai pelengkapnya. Sambal colo-colo ini semakin nikmat jika diberi tambahan daun kemangi. Selain mendapatkan aroma harum yang kuat dari kemangi, sambal colo-colo ini juga semakin menggiurkan. Sambal colo-colo ini biasanya dijadikan pelengkap untuk cocolan kuliner seafood.

2. Sagu Papeda

Papeda dengan ikan kuah kuning.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Makanan khas Maluku selanjutnya yaitu sagu papeda. Makanan khas ini tentu sudah sering kita dengar dan tak asing lagi. Makanan satu ini sering kali ditemukan di Indonesia bagian Timur, salah satunya Maluku. Sagu papeda memiliki tekstur yang lembut serta kenyal ketika dimakan dan berwarna bening. 

Makanan khas Maluku satu ini dari segi penampilan sekilas memang mirip dengan lem kertas yang menggumpal kental dan berwarna bening. Sagu papeda menjadi makanan khas Maluku yang menjadi makanan pokok pengganti nasi. Mungkin bagi sebagian masyarakat Jawa dan sekitarnya akan sedikit aneh melihat menu makanan satu ini.

Sagu papeda juga dapat disantap dengan lauk apapun, namun yang khas Maluku adalah dengan ikan tongkol bumbu kunyit.  Aroma rempah-rempah dari kunyit menjadikan sagu papeda memiliki rasa yang khas Maluku banget.

3. Nasi Lapola

Nasi Lapola

Photo :
  • instagram/witatourdenpasar

Makanan khas Maluku yang ketiga adalah nasi lapola. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar nasi yang diolah dengan campuran kacang tolo. Nasi lapola memiliki rasa yang tak kalah lezatnya dengan makanan khas Maluku lainnya.

Tidak hanya kacang tolo, nasi lapola juga diberi parutan kelapa muda. Meskipun sedikit aneh nasi dengan campuran kedua bahan tersebut, namun bagi masyarakat Maluku ini benar-benar enak. Untuk membuat nasi ini sangatlah mudah. Kalian cukup rebus dengan campuran kelapa parut dan sedikit garam setelah sebelumnya beras telah dimasak sampai setengah mati.

4. Woku Komo-Komo

Woku komo-komo

Photo :
  • instagram/gotravelly

Makanan khas Maluku  yang tidak boleh terlewatkan lainnya yaitu woku komo-komo. Berbahan dasar sagu atau batang rumbia ini merupakan lauk dari hidangan utama di Maluku.  Woku komo-komo dibuat dengan sagu yang direndam air dan kemudian dicampur dengan rempah-rempah yang menghasilkan cita rasa yang khas. 

Rempah-rempah tersebut terdiri dari bawang, merica, serai, jahe, santan kental, dan daun bawang.  Di mana, rempah-rempah tersebut nantinya  dicampur satu dengan jeroan ikan yang dibungkus dengan daun woka. 

Adonan bungkusan daun woka tersebut kemudian dipanggang menggunakan bara api. Penggunaan bara api menjadikan makanan khas Maluku ini begitu unik. Selain itu, cita rasa yang khas dari woku komo-komo didapatkan dari jeroan ikan yang dimasak bersama sagu.


5. Kohu-kohu

Urap

Photo :
  • doc. NCC

Nampak sekilas makanan khas Maluku satu ini seperti urab kelapa. Kalau di Jawa ada urap, maka di Maluku ada kohu-kohu. Nyatanya urap dan kohu-kohu ini berbeda.  Yang membedakan makanan khas Maluku ini dengan urap merupakan campuran daun kemangi, kacang panjang, tauge yang masih mentah (tidak direbus) dan ditambahkan parutan kelapa, perasan lemon, irisan bawang, serta suwiran ikan cakalang asap atau teri atau tongkol. 

Berikut sedert makanan khas Maluku yang bisa jadi referensi kalian saat ingin bersambang ke Maluku. Rasanya dijamin khas dan menggugah selera ingin segera menyantapnya.

Nagita Slavina

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad menjelaskan bahwa pemberian makanan dari Nagita Slavina kepada asistennya tidak diwajibkan, tetapi tergantung jika orang itu juga menginginkannya.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024