16 Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicicipi, Pasti Ketagihan

Bubur Ase
Sumber :
  • Instagram @xia.eater

VIVA – Makanan khas Betawi sangat beragam, unik, dan lezat. Buat kamu yang belum nyobain makanan khas Betawi, wajib banget mencicipinya saat berkunjung ke Ibu Kota Jakarta. Kekayaan kuliner Indonesia sangat beragam dan memiliki ciri khas setiap daerahnya. Semua resepnya diturunkan dari nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Aktor Berdarah Betawi Main di Series Avatar: The Last Airbender

Namun sayangnya, tidak semua makanan tradisional di Indonesia masih dilestarikan dengan baik. Bahkan, beberapa makanan tradisional di Indonesia jarang ada dan sulit untuk ditemukan, begitu juga makanan khas Betawi. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Betawi yang bisa kamu cicipi.

1. Soto Betawi

Unik, Kantor Ini Sediakan Dispenser Pembalut di Toilet Wanita

Soto Betawi.

Photo :
  • U-Report

Soto Betawi adalah salah satu makanan khas Jakarta. Seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. Daging sapi menjadi bahan campuran dalam soto Betawi dengan kuas santan yang gurih. Kamu masih bisa menemukan makanan ini di berbagai tempat di Jakarta.

Lestarikan Budaya Betawi, Universitas Atma Jaya Gelar Pentas Lenong

2. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Photo :
  • Facebook Chopstiktravel

Makanan khas Betawi yang satu ini cocok bagi kamu yang suka sayuran. Asinan betawi ini terdiri dari kol, sawi, tauge, tahu, selada, tahu putih, dan ditabur dengan kacang tanah. Campuran makanan ini kemudian disiram dengan kuah cuka, cabai dan ditaburi dengan kerupuk mie berwarna kuning. Asinan Betawi ini rasanya asam dan segar, cocok dinikmati di cuaca panas.

3. Bubur Ase

Bubur Ase

Photo :
  • Instagram @xia.eater

Bubur Ase merupakan makanan khas Betawi yang unik. Diberi nama “ase” karena tidak seperti bubur biasanya yang dihidangkan selagi hangat, kuliner khas Betawi satu ini dihidangkan dalam keadaan dingin. Bubur khas Betawi ini memiliki warna yang lebih gelap daripada bubur biasa karena bukan dicampur dengan irisan ayam, melainkan dengan semur daging. Untuk menambah kenikmatan, biasanya bubur ditambahi dengan pelengkap seperti kentang, tauge, dan kacang. Bubur Ase ini rasanya unik, perpaduan dari gurih, manis, dan asam. Bubur ini mulai jarang ditemui atau sudah mulai langka beredar di pasaran.

4. Semur Jengkol

Semur Jengkol.

Photo :
  • dapurasik

Bagi penggemar jengkol, semur jengkol sangatlah enak. Sedangkan bagi mereka yang tidak kuat dengan aromanya, pasti akan berasumsi kalau aroma kuliner khas Betawi ini terlalu menyengat. Meskipun aromanya menyengat dan rasanya pahit, saat jengkol dimasak dengan berbagai bumbu akan menjadi makanan yang super nikmat dengan tekstur yang kenyal. Makanan khas Betawi ini cocok disantap dengan nasi putih atau nasi uduk yang hangat.

5. Nasi Ulam

Nasi ulam.

Photo :
  • U-Report

Pernah nyoba nasi ulam? Nasi ulam ini merupakan nasi yang memiliki citarasa gurih dengan campuran lengkuas, serai, dan daun salam. Nasi yang sudah sedap ini ditaburi dengan bumbu tabur hasil gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi, dan cabai. Kamu wajib banget mencicipi makanan khas Betawi ini. 

6. Kerak Telor

Kerak telor.

Photo :
  • U-Report

Kerak telor ini sudah umum dikenal masyarakat sebagai makanan khas Betawi. Namanya kerak telor karena terbuat dari telur bebek atau ayam yang dimasak hingga setengah matang, kemudian dibalik dan dibiarkan hingga matang dan berkerak. Selain telur, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya antara lain beras ketan putih, serundeng, kelapa sangrai, dan bawang goreng. Rasa kerak telor ini legit dan gurih.

7. Pecak Lele

Pecak Lele

Photo :
  • Instagram @aneka_resep_nikmat

Pecak lele merupakan makanan khas Betawi. Olahan ikan lele memang lazim di kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang berbeda dan unik. Jika pada umumnya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal, maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

8. Soto Tangkar

Photo :

Makanan khas Betawi berikutnya yaitu soto tangkar. Soto ini berbeda dengan soto lainnya yang biasanya hanya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Soto tangkar ini menggunakan iga sapi. Rasa yang gurih dengan campuran rempah-rempah membuat soto ini banyak dicari. 

9. Ketoprak

Ketoprak

Photo :
  • Twitter @qhyemu

Ketoprak, adalah makanan khas Betawi yang hampir mirip dengan pecel. Bahan dasar ketoprak ini diantara lain tahu, mentimun, kecambah, bihun, dan lontong. Semua bahan tersebut dilengkapi dengan saos kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Untuk menambah sensasi kriuknya, ada juga yang menambahkan emping atau kerupuk.

10. Sayur Besan

Sayur Besan

Photo :
  • Twitter @uswahabibah

Sayur Besan merupakan makanan khas Betawi yang sudah cukup langka. Keberadaan sayur ini mulai langka karena selain bahan utamanya yang tidak mudah didapat, jarang ada warung Betawi yang menyajikan menu masakan tradisional Betawi ini. Sayur besan ini biasanya kerap hadir di acara pernikahan atau besanan. Pembuatan sayur ini berbahan dasar Terubuk atau Saccharum edule Hasskarl, terubuk sendiri merupakan tanaman musiman yang sudah langka di daerah Jakarta.

11. Roti Buaya

Roti Buaya

Photo :
  • Twitter @maman1965

Roti buaya merupakan makanan khas Betawi yang selalu ada dalam upacara pernikahan Betawi. Suku Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya, karena itu roti ini dipercaya melambangkan kesetiaan dalam perkawinan.

12. Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Photo :
  • Instagram/kulinersuper

Selendang Mayang merupakan jajanan khas Betawi yang kini sulit ditemukan. Selendang mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga. Selendang mayang ini masih bisa ditemukan di acara tertentu seperti pernikahan yang menggunakan adat Betawi.

13. Laksa Betawi

Laksa betawi.

Photo :
  • U-Report

Laksa Betawi merupakan makanan khas Betawi dengan pengaruh kuliner Melayu. Laksa Betawi ini hampir mirip dengan Laksa Bogor tetapi kuah Laksa Betawi menggunakan udang rebon. Laksa berisi sejenis mi dengan kuah rempah yang kental.

14. Gabus Pucung

Gabus pucung kuliner Betawi yang nyaris punah

Photo :

Gabus Pucung juga merupakan makanan khas Betawi yang berisi olahan ikan gabus bersama pucung atau kluwak. Gabus pucung memiliki cita rasa yang gurih dan sangat khas. Kuah pucung yang berwarna hitam pekat menjadikan gabus pucung sebagai makanan unik dengan harga yang terjangkau di Jakarta.

15. Sayur Babanci

Sayur Babanci

Photo :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

Sayur Babanci atau Ketupat Babanci adalah sajian ketupat yang dinikmati dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sayur Babanci juga biasanya diberi tambahan potongan daging sapi. Konon, nama babanci ini diambil dari sifat sayur ini yang tidak jelas kelaminnya alias banci. Tak seperti namanya (sayur), makanan khas Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali.

16.  Kue Ape

Kue ape.

Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

Makanan khas Betawi ini merupakan camilan yang enak dengan rasa manis. Kue Ape juga sering disebut dengan serabinya orang Jakarta, atau ada juga yang menyebutnya dengan kue tetek. Kue yang menggunakan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan susu, dan bahan lainnya ini memiliki bentuk yang unik, terisi penuh di bagian tengah, dan di bagian pinggirnya garing dan renyah.

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang bisa kamu cicipi karena rasanya yang nikmat dan sangat khas. Adakah yang belum pernah dicoba? Mana favorit kamu?

Seorang mualaf bernama Hamzah ceritakan pengalaman buka puasa pertama yang unik

Pengalaman Unik Seorang Mualaf saat Pertama Kali Bukber Ramadhan

Seorang pria yang diketahui merupakan mualaf bernama Hamza membagikan pengalaman yang sangat menarik saat dia pertama kali berbuka puasa bersama di bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024