11 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan Tubuh yang Menjanjikan

Buah Durian.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Manfaat buah durian sangat beragam meski aromanya yang sangat menyengat dan sebagian orang mungkin tidak menyukai aromanya. Berasal dari Asia Tenggara, buah tropis ini adalah obat medis tradisional yang kaya akan flavonoid, karotenoid, polifenol, vitamin B6 dan A, niasin, dan senyawa tanaman lainnya. Manfaat buah durian diantaranya dapat membantu meringankan gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. 

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Buah durian berukuran besar (sampai satu kaki panjangnya) dengan bagian luar yang runcing dan keras serta daging seperti puding. Buahnya tersedia dalam beberapa varietas, dan varietas yang paling umum adalah Durio zibethinus. Durian tunggal memiliki berat hampir 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik. 100 gram buah ini menghasilkan sekitar 147 Kkal energi, yaitu sekitar 7% dari tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA).

Buah yang dapat dimakan ini memiliki bau yang sangat kuat karena adanya senyawa belerang yang mudah menguap dan asam lemak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh German Research Center for Food Chemistry menyatakan bahwa durian memiliki 44 senyawa aktif bau, dan baunya adalah kombinasi dari madu, buah, belerang, dan bawang panggang.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Fakta Gizi Buah Durian

Durian

Photo :
  • vstory
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Buah durian memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat yang dikutip dari stylecraze , 100 g durian terdiri dari:

  • Energi – 147 kkal
  • Protein – 1,47 g
  • Karbohidrat – 27,09 g
  • Serat – 3,8 g
  • Kalsium – 6 mg
  • Kalium – 436 mg
  • Vitamin C – 19,7 mg
  • Riboflavin – 0,2 mg
  • Folat – 36 mikro g

Ini mengandung vitamin B6 dan A, niasin, dan senyawa tanaman, seperti flavonoid, karotenoid, antosianin, dan polifenol. Durian juga mengandung mineral penting, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan seng.

Manfaat Buah Durian

Durian/duren.

Photo :
  • Freepik/mrsiraphol

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah durian yang pertama yaitu meningkatkan Kesehatan pencernaan. Serat makanan dalam durian membantu melancarkan buang air besar. Ini, pada gilirannya, membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Thiamin dalam buah dapat meningkatkan nafsu makan dan kesejahteraan umum pada orang tua. Serat dalam buah durian juga merangsang gerak peristaltik. Ini dapat meringankan proses pencernaan di usus. Ini juga membantu mengobati masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, dan kram.

2. Dapat Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Organosulfur dalam durian dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi yang dilakukan oleh Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine menemukan bahwa asupan buah-buahan yang kaya serat makanan larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. . Buah durian merupakan makanan yang ramah jantung dengan kandungan serat yang tinggi.

3. Dapat Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Mangan dalam durian dapat membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, asupan durian juga meningkatkan kurva respons insulin pada 10 pasien diabetes. Antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat memperburuk gejala diabetes. Durian juga memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. Oleh karena itu, buah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

4. Dapat Membantu Mengatur Tingkat Tekanan Darah

Manfaat buah durian lainnya yaitu dapat mengatur tingkat tekanan darah. Durian adalah sumber potasium yang baik. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kalium dapat menurunkan tingkat tekanan darah. Kalium dalam buah juga berfungsi sebagai vasodilator. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan garam dalam sel-sel tubuh. Mineral dapat membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

5. Dapat Membantu Menunda Penuaan

Durian kaya akan vitamin C. Nutrisi ini merupakan antioksidan kuat yang mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Durian juga kaya akan antioksidan lainnya. Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi beberapa tanda penuaan kulit. Konsumsi durian dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, termasuk garis-garis halus, kerutan, atau bintik-bintik penuaan. Namun, penelitian langsung kurang dalam aspek ini.

6. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah durian untuk Kesehatan lainnya yaitu dapat mengurangi resiko kanker. Durian dikatakan memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Buah ini mengandung polifenol yang menghambat pertumbuhan kanker bahkan membunuh sel kanker. Dalam satu penelitian, buah menunjukkan efek perlindungan terhadap garis sel kanker payudara. Radikal bebas diketahui merusak sel-sel sehat dan menyebabkan penyebaran kanker. Karena antioksidan durian melawan radikal bebas, mereka juga dapat membantu menurunkan risiko kanker. Namun, penelitian lebih langsung dalam hal ini diperlukan.

7. Dapat Membantu Mengobati Disfungsi Seksual

Daging buah durian dipercaya memiliki sifat afrodisiak. Namun, tidak ada penelitian untuk memvalidasi klaim ini. Meskipun durian secara tradisional digunakan untuk meningkatkan kesuburan, efektivitasnya belum dipelajari.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah durian ini juga bisa menyehatkan tulang. Durian kaya akan potasium dan magnesium. Kedua mineral ini berkontribusi pada kesehatan tulang. Studi menunjukkan bahwa asupan kalium yang tinggi dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada pria dan wanita di atas usia 50 tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Namun, penelitian lebih langsung diperlukan untuk mendukung kemanjuran durian dalam meningkatkan kesehatan tulang.

9. Dapat Mengobati Anemia

Durian adalah sumber yang kaya akan folat. Studi menghubungkan defisiensi folat dengan anemia hemolitik (terkait dengan pecahnya sel darah merah). Folat, jika tidak hadir dalam jumlah yang cukup, bisa menurunkan jumlah sel darah merah yang diproduksi. Ini, pada gilirannya, dapat memicu anemia. Mineral lain dalam durian dapat memicu produksi sel darah merah (RBC). Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan dalam hal ini.

10. Dapat Mengobati Insomnia

Makan buah durian dapat mengobati insomnia. Durian mengandung triptofan (asam amino esensial). Studi menunjukkan bahwa triptofan dapat membantu mengobati gangguan tidur jangka pendek.

11. Dapat Bertindak Sebagai Anti-Depresan Alami

Manfaat buah durian yang terakhir yaitu bertindak sebagai anti depresan alami. Durian dipercaya dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan stres. Durian dapat membantu dalam produksi serotonin, meskipun belum ada penelitian yang mendukung hal ini. Studi menunjukkan bahwa kadar serotonin yang rendah dapat memperburuk depresi.

Apa Efek Samping Makan Durian?

Ilustrasi durian.

Photo :
  • U-Report

Penelitian terbatas tersedia pada efek samping durian. Beberapa bukti anekdot menunjukkan bahwa durian dapat menyebabkan gas, diare, sakit perut, muntah, dan reaksi alergi pada beberapa orang. Konsumsi biji durian dapat menyebabkan sesak napas. Namun, ini belum divalidasi oleh penelitian konkret.

  • Dapat Memperparah Diabetes

Ini sangat tidak mungkin, mengingat indeks glikemik durian yang rendah. Namun, bukti anekdot menunjukkan bahwa kelebihan asupan durian dalam waktu singkat dapat meningkatkan kadar gula darah. Jika kamu menderita diabetes, batasi asupan durian.

  • Dapat Menyebabkan Masalah Selama Kehamilan

Tidak cukup data ilmiah yang tersedia tentang keamanan konsumsi durian selama kehamilan atau menyusui. Oleh karena itu, tetap aman dan hindari penggunaan. Konsultasikan dengan dokter.

Makan durian bersama dengan alkohol diduga menyebabkan kematian. Beberapa senyawa dalam buah durian dapat menghentikan enzim tertentu untuk memecah alkohol. Namun, bukti kurang dalam hal ini.

Itulah beberapa manfaat buah durian, serta efek samping jika mengonsumsinya. Meski memiliki bau yang menyengat, tapi manfaat buah ini juga bagus untuk Kesehatan.

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Alpukat, buah lezat yang seringkali dijuluki sebagai mentega alami, bukan hanya memberikan cita rasa yang lezat di dalam hidangan, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024