Gulai Ikan Semah, Kuliner Unik Kerinci Khusus Priyayi dan Bangsawan

Gulai Ikan Semah.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Indonesia sangat kaya akan kuliner laut, khususnya ikan. Tak hanya laut, ikan air tawar seperti ikan mas dan nila menjadi menu wajib restoran tradisional seantero Indonesia, karena mudah dikembangbiakkan dan harganya yang bersahabat.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Tapi, ada satu jenis ikan air tawar khas Indonesia yang langka dan nikmat rasanya. Ikan semah namanya. Ya, ikan ini hanya hidup di perairan Kalimantan dan sungai arus deras Batang Meringin di kabupaten Kerinci, provinsi Jambi. 

Masa pertumbuhan ikan semah yang butuh waktu bertahun-tahun, menjadikan ikan semah tidak mungkin untuk dibudidayakan secara swadaya seperti ikan air tawar pada umumnya. Ciri khas lain ikan semah adalah sisiknya yang garing dan gurih juga dapat disantap, bahkan menjadi bagian favorit berbagai kalangan.

Nasi Juo, Makanan Langka Nenek Moyang Jangkat Ditampilkan di Festival

Dahulu, ikan ini hanya dapat disajikan untuk kaum priyayi dan jamuan bagi bangsawan yang datang ke Kerinci. Namun kini, ikan semah sudah dapat dinikmati di berbagai restoran khas Kerinci. Salah satu tempat untuk menikmati gulai ikan semah adalah Haza Resto & Cafe di kota Jambi. 

Manager Haza Resto & Cafe, Meidy Diotama Syukri, menceritakan, ikan semah ini sangat unik. Sebab, hanya hidup di Kerinci dan cara mendapatkannya sangat sulit, yaitu harus menyelam di saat malam dengan menggunakan tombak atau alat khusus. 

Sandiaga Uno Terkesan dengan Kue Tradisional Langka Jambi

"Ikan ini hanya bisa didapatkan di Kerinci dan rasanya sangat enak, apalagi rasa sisik ikannya yang sangat gurih, yang biasanya ikan lain sisiknya tidak bisa dimakan,” ujar Meidy dalam keterangannya, Rabu 9 Maret 2022. 

Gulai Ikan Semah.

Photo :
  • Istimewa.

Selain itu, menurut Meidy, ikan ini juga menyelamatkan masyarakat di sekitar danau Kerinci dan sungai Batang Merangin, karena menjadi ujung tombak perekonomian masyarakat Kerinci khususnya di daerah tersebut.

"Haza Resto and Cafe ini sengaja kami buka di kota Jambi, agar masyarakat Jambi juga bisa menikmati ikan endemik ini tanpa perlu menempuh perjalanan darat 8-10 jam ke Kerinci," kata dia. 

Di rumah makan ini, gulai ikan semah dimasak dengan racikan bumbu seperti cabai rawit, garam, jahe, laos, bawang merah dan bawang putih, serta santan kelapa khas Kerinci. Untuk menikmati seporsi gulai ikan semah, kamu cukup merogoh kocek Rp36 ribu per 100 gram. 

"Ikan semah bukan hanya lezat, tapi juga kaya manfaat. Ikan semah mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan dan membantu menutrisi otak manusia. Selain untuk menutrisi otak dan pertumbuhan, ikan semah juga diyakini mampu meningkatkan selera makan dan meningkatkan imunitas," ungkapnya. 

Selain di pasar domestik, ikan semah juga menjadi primadona di pasar ekspor. Ikan ini bahkan dibanderol antara Rp3-5 juta per kilogramnya lho.

Untuk menikmati gulai ikan semah di Haza Resto and Cafe, restoran ini akan buka pada Selasa 15 Maret 2022 mendatang. Selain ikan semah, restoran ini juga menyediakan beberapa menu tradisional Indonesia dan Kerinci, serta terdapat juga pengolahan kopi dan teh terbaik Kabupaten Kerinci.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya