8 Kopi Khas Indonesia, Paling Populer dan Sudah Mendunia

ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pixabay/acekreations

VIVA – Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi produsen kopi terbesar di dunia. Tak heran jika hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kebun kopi. Cita rasa dan karakteristik yang dihasilkan pun sangat beragam, sehingga kopi khas Indonesia ini kian populer. Bahkan, sederet kopi khas Indonesia sudah terkenal hingga mancanegara. Berikut berbagai jenis kopi nusantara yang perlu kamu tahu.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

1. Kopi Ciwidey

Kopi Ciwidey

Photo :
  • Instagram @aumkopi
6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Kopi Ciwidey, menjadi salah satu kopi khas Indonesia yang sangat populer. Cita rasa menjadi salah satu kekuatan kopi Ciwidey terutama untuk jenis arabika. Kopi Ciwidey ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu ada rasa manis, floral, dan asam.

Juga, terdapat sensasi floral (bunga) dari kopi Ciwidey ini. Aroma dan rasa floral ini seperti rasa teh earl gray. Aroma bunga teh earl gray ini makin menambah nikmatnya kopi Ciwidey. Kombinasi empat rasa ini (floral, manis, asam, dan pahit) menjadi signatur dan kelebihan kopi arabika Ciwidey. Aftertaste pun ringan dan segar.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

2. Kopi Arabika Gayo, Sumatera

Kopi kertoep khas Gayo, Aceh.

Photo :
  • U-Report

Di daerah paling barat di Indonesia, terdapat dua jenis kopi yang diproduksi, yaitu kopi jenis Arabika dan Robusta. Aceh, memiliki kopi yang sangat terkenal, yaitu kopi Gayo Arabika-nya. Kopi ini digadang-gadang sebagai salah satu kopi terbaik di dunia lho. 

Karakteristik yang paling kuat milik kopi Aceh Gayo ini adalah aromanya yang sangat tajam. Selain itu, kopi Gayo tidak memberi bekas rasa pahit yang lekat di lidah setelah meminumnya. Hal ini berbeda dengan kebanyakan jenis kopi lainnya yang meninggalkan aftertaste pahit. Inilah alasan mengapa banyak orang sangat menikmati kopi Aceh Gayo.

Masyarakat Aceh memiliki cara penyajian tardisional yang khas. Bukan diseduh, namun kopi dan air direbus dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula. 

Ilustrasi kopi nusantara

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

3. Kopi Sumatera Lintong

Kopi Flores Manggarai dan Lintong Sumatera diperkenalkan di Athens Coffee Festival di Yunani

Photo :
  • KBRI Athena

Kopi Lintong merupakan kopi yang berasal dari bagian utara Sumatera Utara, yaitu Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Kopi Sumatera Lintong ini adalah kopi premium yang sangat populer di dunia.

Kopi ini merupakan salah satu dari tiga kopi terlaris di dunia selain Kopi Madailing dan Aceh Gayo. Kopi Lintong memiliki tekstur yang halus dan berbau tajam. Hal inilah yang menyebabkan Kopi Lintong menjadi salah satu kopi yang paling laris.

Kedai Kopi Toraja

Photo :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

Memiliki nama lain Celebes Kalossi, kopi asal daerah Sulawesi ini memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Yang membuat kopi ini cukup disukai adalah tingkat keasaman yang rendah. Keunikan dari karakteristik kopi Toraja yaitu pada kecenderungan rasa floral dan fruity yang dihasilkan. Selain itu, rasa kopinya yang kuat dan sedikit kecut meninggalkan aftertaste yang unik di lidah.

Kopi Toraja Sapan

Photo :
  • Twitter @benzbara_

Kopi Bali.

Photo :
  • U-Report

Kopi khas Indonesia yang sangat populer lainnya yaitu kopi Bali Kintamani. Karakteristik kopi nusantara yang satu ini memiliki cita rasa kesegaran dari asam (citrus) seperti jeruk. Aromanya dianggap eksotis dilengkapi dengan tekstur yang light, membuat kopi ini tidak terlalu terasa pahit dan tidak meninggalkan aftertaste pekat setelahnya. 

6. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa

Photo :
  • Twitter @cewealpukat

Kopi Arabika asal Flores Bajawa ini menghasilkan tingkat keasaman medium, serta tekstur rasa yang ringan. Selain dari aromanya yang menggiurkan, karakteristik kopi ini juga dikenal dengan sensasi manis, dengan cita rasa kacang-kacangan dan herbal di dalamnya. 

Karakteristik ini yang bisa jadi tidak bisa kamu nikmati pada kopi-kopi lainnya. Nggak heran jenis kopi Flores Bajawa ini bisa menembus pasar internasional karena keunggulan tersebut.

7. Kopi Papua Wamena

Koteka, kopi koteka asal Oksibil, Papua.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

Kopi Papua Wamena memiliki ketajaman aroma dengan cita rasa yang ringan. Kopi ini mirip dengan kopi Bali yang memiliki rasa floral, kopi Papua Wamena juga dilengkapi dengan nuansa harum coklat dan herbal. Aftertastesmokey’ setelah meminumnya pun menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan tidak berminyak juga sangat ramah di mulut.

Ilustrasi kopi nusantara

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

8. Kopi Toraja Sapan

Kopi Toraja Sapan

Photo :
  • Twitter @benzbara_

Kopi Indonesia klasik berikutnya adalah kopi Toraja Sapan. Kopi single origin Toraja Sapan ini rasanya sedikit mirip dengan kopi khas Afrika. Kopi ini memiliki keasaman yang kaya, segar dan cerah seperti apel hijau, jeruk bali atau stroberi. Dengan nada herbal dan kayu manis, dengan rasa cokelat pekat.

Biasanya single origin Toraja Sapan ini cocok untuk segala metode penyeduhan karena khasiatnya yang luar biasa. Namun, jika kamu ingin menikmati rasa yang lebih jernih dan bersih, metode tuang adalah salah satu saran terbaik untuk menyeduh.

Itulah sederet kopi khas Indonesia yang populer dan sudah mendunia. Apakah kamu sudah mencicipi semua kopi tersebut? Jika belum, wajib banget di coba. Dijamin ketagihan.

Jika tertarik mencoba, bisa mampir ke salah satu gerai kopi. MAXX Coffee, bisa jadi pilihan. Tepat 7 tahun yang lalu, brand kopi ini dengan bangga, merupakan brand asli Indonesia yang mendirikan outlet pertamanya di Jakarta, hingga saat ini sudah ada 53 outlet yang tersebar di 18 kota besar Indonesia dan 2 outlet di Singapura.

“Dengan kesuksesan tersebut, MAXX Coffee terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para customer, salah satu-nya dengan menghadirkan biji kopi house blend 100% Arabica yang terdiri dari 3 biji kopi unggulan asal Indonesia yaitu Toraja, Mandheling dan Bali. MAXX Coffee hadir dengan biji kopi house blend dengan roasting profile medium dark dan taste note Hazelnut, Chocolate dan hints of Grapefruit. House blend ini merupakan tambahan setelah menyediakan 5 pilihan biji kopi single origin yang berasal dari Java Ciwidey, Sumatera Lintong, Aceh Gayo, Kintamani dan Toraja Sapan,” ujar Mehdi Zaidi, selaku CEO Maxx Coffee.

Sebagai bagian dari perayaan anniversary-nya yang ke-7. brand kopi ini akan memberikan penawaran khusus bagi pelanggan dengan memberikan promo melalui aplikasi Maxx Coffee yaitu 18 ribu untuk produk Caffe Latte dan promo Double Cahsback Maxx Points selama 18 Maret – 30 April 2022. Selain itu, ada juga Grand Prize yang bakal diberikan selama 18 Maret – 30 April 2022. Adapun promo melalui pembelian langsung di outlet, yaitu Free Upsize untuk semua minuman pada 18 – 31 Maret 2022, pembelian 100K akan mendapatkan FREE Caffe Latte atau Cappuccino selama periode 18 Maret – 30 April 2022. Khusus pemegang kartu BRI bisa menikmati minuman seharga 18 ribu selama periode 25 Maret – 9 April dan khusus pemegang kartu OCBC bisa mendapatkan potongan harga sebesar 70 ribu untuk pembelian Tumbler selama periode 20 – 25 April 2022.

Selain berbagai program dan promo menarik, gerai kopi ini juga meluncurkan pilihan minuman dan makanan baru untuk merayakan musim semi di awal tahun ini. Ada 3 pilihan minuman yang diluncurkan, Pink Blossom Jello Tea, Honey Blossom Cappuccino dan Tropical Cloud Matcha. Untuk melengkapi pilihan minuman, juga disediakan 2 pilihan makanan, yaitu Pandan
Melaka Babka dan Cheesy Bolognese Puff.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya