Resep Bubur Sumsum, Sajian Pas Sambut Bulan Suci Ramadan

Bubur sumsum.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Resep bubur sumsum biasanya banyak dicari oleh setiap orang menjelang momen bulan suci Ramadan. Tidak terasa, tinggal hitungan  hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan suci Ramadan. Dalam meyambut bulan yang penuh berkah ini, banyak umat Muslim yang sudah mulai mempersiapkan banyak hal.  Selain mempersiapkan jiwa dan hati yang bersih, ada satu hal yang selalu jadi perhatian khusus ibu-ibu di rumah.

Anggota Dishub Ditampol Mangkuk Bubur Ayam Usai Negur Parkir Sembarangan

Yaitu salah satunya mulai memikirkan dan mempersiapkan menu hidangan apa saja yang akan disajikan saat momen bulan suci Ramadan tiba. Dan resep bubur sumsum pun menjadi salah satu pilihan menu hidangan yang disajikan saat Ramadan.

Bubur sumsum sendiri merupakan salah satu menu hidangan yang kerap, bahkan tidak terlewatkan untuk disajikan sebagai menu takjil berbuka puasa. Cara membuatnya yang terbilang mudah, menjadikan bubur sumsum salah satu menu takjil yang hampir selalu ada di momen berbuka puasa bersama keluarga.

Ternyata Bukan Nasi, Ahli Gizi Ungkap Makanan yang Bikin Berat Badan Naik Drastis

Bubur sumsum.

Photo :
  • U-Report

Tidak hanya itu, sajian bubur sumsum juga dijadikan salah satu menu jualan ketika menyambut berbuka puasa tiba. Menu takjil satu ini begitu mudah ditemukan di sepanjang jalan raya ketika momen ngabuburit alias momen menunggu waktu Maghrib tiba.

Zaidul Akbar Ungkap Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Selama Puasa Ramadhan

Bubur sumsum atau yang biasa disebut juga dengan bubur lemu ini terbuat dari bahan dasar yang sangat sederhana dan pastinya mudah dicari. Resep bubur sumsum sendiri hanya mengandalkan  tepung beras dan santan saja dalam proses pembuatannya. Terbuat dari tepung beras, menjadikan resep bubur sumsum memiliki tekstur yang kental dan lembut ketika disantap.

Rasanya yang enak dan gurih, membuat sajian bubur sumsum disukai oleh semua kalangan.  Untuk menikmati bubur sumsum bisa disantap kapan saja, di pagi hari bisa Anda jadikan bubur sumsum sebagai menu sarapan, di siang atau sore hari bisa Anda jadikan bubur sumsum sebagai kudapan menemani waktu luang Anda.

Resep bubur sumsum yang tepat dan sesuai takaran akan menghasilkan rasa dan teksur yang pas di lidah.  Dan jangan lupa agar sajian bubur sumsum semakin menggugah selera, coba beri tambahan kuah gulah merah yang memiliki cita rasa yang manis. Sajian bubur sumsum pun semakin sempurna,  karena perpaduan rasa asin dan gurih dari bubur, dipadu padankan dengan kuah gula merah yang manis. Wah, rasanya benar-benar juara!

Meskipun bulan suci Ramadan masih menunggu beberapa hari lagi, Anda bisa mencoba membuatnya dan mempraktikkannya sendiri di rumah. Jadi dengan membuat resep bubur sumsum sendiri di rumah, Anda tidak perlu lagi repot-repot jajan di pinggir jalan atau mencari penjual makanan satu ini.

Lantas, bagaimana cara membuat bubur sumsum yang enak dan menggugah selera sendiri di rumah? Nah berikut ini terdapat beragam resep bubur sumsum yang bisa Anda jadikan panduan Anda.

Resep Bubur Sumsum

Berikut ini akan kami sajikan beragam menu olahan bubur sumsum yan enak dan gugah selera. Sajian bubur sumsum ini bisa dikreasikan ke beberapa olahan.  Resepnya yang mudah dengan bahan sederhana membuat bubur sumsum bisa dinikmati untuk segala usia.

1. Resep Bubur Sumsum

Tahok, makanan seperti bubur sumsum dari bahan kedelai.

Photo :

Sajian bubur sumsum bisa kamu jadikan menu sarapan, makan siang atau menu menemani waktu luang Anda di sore hari.  Adapun bahan serta cara membuatnya berikut ini;

Bahan-bahan:

- 10 sendok tepung beras merek Rose Brand (encerkan dengan air)
- Santan kental atau santan instan 1 bungkus
- Sejumput garam
- 5 lembar daun pandan
- Gula jawa merah
- Air

Cara membuat:

1. Didihkan 1 liter air di dalam panci. 
2. Masukkan 3 lembar daun pandan yang diikat simpul.
3. Masukkan santan dan garam.
4. Kecilkan api.
5. Masukkan larutan tepung beras dan aduk terus sampai matang dan meletup-letup. Selanjutnya didihkan air, masukkan gula merah dan pandan. Setelah sumsum matang dan air gula jawa matang, bisa segera disajikan.

Catatan: bubur sumsum paling enak disantap saat kondisi masih hangat.

2. Resep Bubur Sumsum Hijau

Bubur sumsum kombinasi es batu

Photo :

Jika bosan dengan resep bubur sumsum sederhana, Anda bisa mencoba bubur sumsum hijau satu ini. Rasa pandannya begitu kuat, sehingga semakin menggugah selera makan Anda.

Adapun bahan-bahan serta pembuatannya seperti berikut ini;

- 100 gram tepung beras
- 200 ml santan instan
- 900 ml air
- 3 lembar daun pandan, buat simpul
- 150 gula merah, sisir
- 1 sdt pasta pandan
- ¼ sdt garam

Cara membuatnya:
1. Larutkan tepung beras dengan air.  Kemudian, beri pasta pandan, santan, garam, dan 2 simpul daun pandan.
2 Masak di atas api sedang sambil terus aduk agar tidak gosong.
3. Matikan kompor jika bubur sudah mengental dan matang.
4. Buat saus gula merah dengan cara masak sisiran gula merah dengan air dan daun pandan. Tunggu hingga saus mendidih.
5. Sajikan bubur sumsum hijau dengan siraman saus gula merah.

3. Resep Bubur Sumsum Candil

Es bubur sumsum

Photo :
  • Cookpad/Devisulastri sulastri

Resep bubur sumsum selanjutnya bisa Anda beri tambahan candil. Dengan tekstur bulat dan lembut semakin membuat bubur sumsum semakin sempurna.  Adapun berikut ini bahan-bahan serta cara pembuatannya;

Bahan-bahan:

Candil:
100 gram tepung ketan
20 gram tepung kanji atau tepung tapioka
100 ml air

Kuah Gula Merah:
100 gram gula merah
100 ml air
1 lembar daun pandan
Sejumput garam
1 sdm tepung kanji yang sudah dilarutkan dengan air

Bubur Sumsum:
50 gram tepung beras
1 bungkus santan instan
400 ml air
2 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan
Sejumput garam

Cara membuat:

1. Candil
- Pertama-tama, campur tepung ketan dan tapioka dalam mangkok.  Setelah itu aduk rata dengan garpu. Masukkan sedikit demi sedikit air. Sampai menjadi adonan yang menyatu, mudah dibentuk dan tidak lengket.

- Perhatikan, jika lengket tambahkan sedikit tepung ketan. Bentuk bola semua adonan sampai habis. Sisihkan. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih. Masukkan candil. 

- Rebus sampai mengambang. Setelah mengambang biarkan kurang lebih 5 menit agar candil benar-benar matang. Kalau sudah matikan api. Boleh diangkat, ditiriskan, atau biarkan saja dalam panci rebusan.

2. Kuah gula merah 
-  Pertama- tama iris gula merah agar lebih mudah larut dalam air. Tuang ke dalam panci. Tuang air dan daun pandan yang telah disobek-sobek agar aroma pandannya keluar dan beri garam.

- Letakkan panci di atas kompor. Panaskan, aduk-aduk sampai gula larut. Lalu beri sedikit demi sedikit larutan kanji dan air agar teksturnya sedikit mengental.

- Jika sudah, masukkan candil yang sudah jadi tadi ke dalam kuah gula merah. Masak sebentar, aduk-aduk, matikan api. Sisihkan.
Terakhir, membuat bubur sumsum.

3. Bubur sumsum
-  Pertama, tuang tepung beras, gula pasir, garam ke dalam panci. Aduk rata dan jangan dulu nyalakan api. Di wadah lain, tuang santan kara ke dalam air. Aduk hingga rata.
- Baru kemudian, tuang larutan santan ke adonan tepung kering. Aduk dulu sampai benar-benar rata.Jika sudah rata, baru letakkan panci di atas kompor.
- Nah baru nyalakan api sedang. Masak hingga mengental ingat untuk diaduk-aduk agar tidak gosong. Jika sudah mengental, maka selanjutnya matikan api. 
- Dinginkan jika sudah dingin. Keduanya, candil dan bubur sumsum siap disatukan dalam mangkok dan disantap dengan orang tersayang. Selamat menikmati!

4. Resep Bubur Sumsum Tanpa Santan

Bubur Sumsum Praktis

Photo :
  • U-Report

Bagaimana rasanya bubur sumsum tanpa adanya tambahan santan? Jangan khawatir, sajian bubur sumsum tetap menggugah selera meskipun tanpa kuah santan.  Tidak percaya?Simak selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan:
- 100 gram tepung beras
- 50 gram krimer
- 550 ml air
- 3 lembar daun pandan
- 200 gram gula merah
- ¼ sdt garam

Cara Membuatnya:

1. Larutkan krimer dengan 350 ml air.
2. Campur sebagian larutan krimer dengan tepung beras, lalu aduk.
3. Panaskan sisa larutan krimer bersama 2 lembar daun pandan dan garam.
4. Setelah mendidih, masukkan campuran krimer dan tepung beras lalu aduk kembali sampai matang dan mengental.
5. Masak gula merah, 200 ml air, dan selembar daun pandan hingga gula larut sempurna.
6. Sajikan saat hangat.

Itulah tadi beberapa resep bubur sumsum yang bisa jadi panduan Anda membuat di rumah. Dijamin cita rasanya tidak kalah enaknya seperti yang dijual di pinggir jalan.

Indomie

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang merupakan produsen merk dagang Indomie, mengklarifikasi soal kabar kelangkaan bahan baku tepung terigu.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024