Meski Manis, 5 Makanan Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

Buah apel.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA – Bagi penderita pradiabetes, diabetes atau kondisi lain yang memengaruhi gula darah, diet adalah cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Meski beberapa faktor, seperti berat badan, aktivitas, stres dan genetik, turut berperan dalam pembacaan gula darah, menjalani diet sehat sangat penting untuk mengendalikan gula darah.

Sementara beberapa makanan, termasuk makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan berkontribusi pada fluktuasi gula darah, beberapa makanan lain dapat membantu mengoptimalkan kontrol gula darah sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kisah Mualaf Penyembah Api, Mencari Hidayah dan Akhirnya Memeluk Islam

Berikut beberapa makanan manis yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengontrol gula darah, dilansir dari laman Healthline dan Medical News Today, Minggu, 10 April 2022.

1. Berry

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi buah berry

Photo :
  • Pixabay/Ejaugsburg

Sejumlah penelitian telah menghubungkan asupan buah berry dengan peningkatan kontrol gula darah. Buah berry sarat dengan serat, vitamin, mineral dan antioksidan, sehingga bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk orang-orang dengan masalah gula darah.

Selain raspberry, penelitian telah menunjukkan bahwa stroberi, blueberry dan blackberry, dapat bermanfaat untuk mengontrol gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

2. Jeruk

Buah jeruk.

Photo :
  • U-Report

Meskipun kebanyakan jeruk memiliki rasa yang manis, namun penelitian menunjukkan, buah satu ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk dianggap memiliki indeks glikemik rendah, karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lain, seperti semangka dan nanas.

3. Apel

Buah apel merah.

Photo :
  • Pixabay

Apel mengandung serat larut dan beberapa senyawa tanaman, seperti quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu menurunkan gula darah dan melindungi dari diabetes.

Sebuah studi yang dilakukan pada lebih dari 187 ribu orang menemukan, asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah.

Selanjutnya, sebuah penelitian pada 18 wanita menemukan, makan apel 30 menit sebelum makan nasi, secara signifikan menurunkan gula darah setelah makan, dibandingkan jika hanya makan nasi saja.

4. Ubi

Ubi jalar.

Photo :
  • U-Report

Ubi memiliki indeks glikemik rendah dan sangat bergizi. Beberapa penelitian menunjukkan, daging ubi mengandung lebih banyak serat dibanding kulitnya. Ini menunjukkan, ubi dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, para peneliti mencatat, konsumsi ubi dapat menurunkan beberapa gejala diabetes. Meski belum ada bukti konklusif yang menunjukkan ubi dapat membantu menstabilkan atau menurunkan kadar gula darah pada manusia, namun tidak diragukan lagi, ubi merupakan makanan bergizi dengan skor indeks glikemik (GI) yang rendah.

5. Kurma

kurma

Photo :
  • U-Report

Dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Ahli Herbal, dr. Muthoharrah, M.Si, mengungkap, meski kurma memiliki rasa yang begitu manis, namun kurma justru dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dengan catatan, kurma tidak dikonsumsi secara berlebihan. Takaran yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam sehari adalah 100 gram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya