Tips Masak Ketupat Anti Basi dan Irit Gas

Ketupat lontong dan sambal goreng ati
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa yang dimasak dengan cara direbus, ketupat menjadi salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan saat lebaran. Memiliki tekstur yang lembut dan gurih, ketupat umumnya disajikan dengan sayur pepaya, rendang hingga opor ayam. 

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Menghidangkan ketupat yang lezat saat lebaran sendiri cukup tricky. Sebab jika salah memasaknya bisa-bisa membuat ketupat lembek hingga cepat basi. Maka dari itu penting bagi ibu di rumah memasak ketupat dengan tepat. 

Tidak hanya itu saja, memasak ketupat dengan menggunakan kompor gas juga perlu pertimbangan. Sebab memasak ketupat biasanya dilakukan dalam kurun waktu berjam-jam. Tentu saja, membuat gas menjadi boros karena bisa memakan waktu setidaknya 3 jam.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Pengrajin Ketupat

Photo :
  • U-Report

Lantas seperti apa memasak ketupat anti gagal dan irit gas? Dikutip dari tayangan YouTube Bersama Stfyani, untuk memasak ketupat yang hemat gas dan tidak cepat basi ibu di rumah bisa menerapkan teknik memasak 20-30-20-30.

Didominasi Produk Fashion, Lion Parcel Catat Lonjakan Pengiriman 40 Persen saat Ramadan 2024

Teknik masak ketupat 20-30-20-30,  maksudnya adalah masak ketupat dalam air mendidih selama 20 menit dengan api sedang. Setelah itu matikan api dan istirahatkan 30 menit di kompor. Kemudian masak lagi ketupat selama 20 menit dengan api sedang, lalu matikan api dan istirahatkan lagi ketupat selama 30 menit. Nantinya setelah 30 menit angkat ketupat yang sudah dimasak satu persatu. Tiriskan dengan cara digantung agar ketupat cepat dingin dan tidak cepat basi, sehingga bisa tahan lama. 

Selain itu penggunaan kompor yang tepat juga menjadi kunci memasak ketupat praktis dan irit gas. Salah satunya adalah Kokana Black  2.0 (dua tungku) dan Kokana Black 3.0 (tiga tungku). Kompor ini terbuat dari bahan kaca tempered 8mm yang lebih tahan panas hingga 180 derajat Celcius, tahan beban hingga 100 kg, dan 4 kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Managing Director PT Niko Elektronik Indonesia, Handoyo Xue mengatakan kompor ini dilengkapi dengan fitur Blue Flame Double Burners.  Ketika Anda menyalakan tungku, akan terpancar api biru yang merata sempurna serta dilengkapi dengan api lilin tengah sehingga masakan lebih cepat matang.

Fitur lainnya adalah Frame Protector atau rangka tungku yang tertutup guna mencegah masakan yang tumpah masuk ke bagian dalam kompor. Selain itu, tungku kompor ini terbuat dari bahan tembaga yang mampu menghantarkan panas dengan baik dan lebih tahan karat. 

Dan yang tak kalah menariknya kompor ni memiliki sistem Gas Safety Pin atau sistem pengunci gas.  Dengan sistem pengunci gas yang aman, dapat menahan gas agar tidak keluar pada saat api kompor padam terkena air atau tertiup angin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya