Nikmatnya Bandeng Kropok, Cocok Buat Wisata Kuliner Libur Lebaran

Bandeng kropok
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

VIVA – Kuliner lebaran identik dengan ketupat opor. Tapi nggak ada salahnya juga mencoba kuliner lain untuk variasi selama libur panjang lebaran. Dan yang asyik itu menyantap makanan khas di daerah yang dikunjungi. 

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Nah, kalau lagi mudik di Kota Semarang, coba deh kuliner yang satu ini. Namanya bandeng kropok. Kesatnya daging ikan bandeng yang dipanggang, serta guyuran bumbu kropok khas pesisir akan membuat selera makan naik bertubi-tubi.

Di Kota Semarang Jawa Tengah, tempat makan yang menyediakan menu bandeng kropok ada di kawasan kuliner tambak Tawang Mas. Sejalur dengan Bandara Ahmad Yani sehingga akses ke sini pun sangat mudah. Naik bus pun bisa kok.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Lokasi tempat makannya berada di atas areal pertambakan bandeng. Jadi dijamin ikan yang diolah benar-benar segar karena langsung diambil dari tambak saat itu juga sebelum dimasak.

"Bumbu kropok merupakan racikan yang sering dipakai oleh masyarakat pesisir di pantura dari Semarang hingga Demak. Biasanya untuk bumbu masakan ikan. Dan di sini kita padukan dengan bandeng," kata Gunadi, pengelola rumah makan di areal tambak Tawang Mas Semarang.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Bahannya berupa cabai, bawang putih, garam, bawang merah, kecap, dan air jeruk nipis, ditambah beberapa rempah. Sehingga rasanya kombinasi antara pedas manis dengan aroma segar jeruk nipis.

Nah jika makan bandeng khawatir akan duri halusnya yang banyak, maka pada olahan bandeng kropok ini beda. Karena daging bandengnya disayat tipis-tipis berderet banyak. Sehingga duri lembutnya pun juga terpotong kecil-kecil dan tidak akan terasa mengganggu saat dimakan.Proses memasaknya, bandeng segar lebih dulu dibersihkan, lalu disayat jahit. Setelah itu digoreng setengah matang. 

Kemudian bandeng dicelupkan ke dalam limpahan bumbu kropok. Tunggu sampai  bumbu meresap pada daging bandeng hingga ke dalam-dalamnya. Setelah itu bandeng dipanggang sampai matang dan dihidangkan dalam piring besar yang dilumuri bumbu kropok.

"Enak. Baru merasakan sekali ini, tapi langsung nyantol. Ada rasa manis dan asam yang nyatu. Dan pedasnya pas gak sampai bikin megap-megap gitu," kata Budiman pengunjung kedai bandeng kropok.

Harga menu bandeng kropok relatif terjangkau. Bawa seratus ribu rupiah sudah bisa makan sepaket nasi bandeng kropok plus minuman segar untuk barengan empat orang.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya