Soto hingga Sate, Ini Pilihan Kuliner Daging Kerbau di Jawa Tengah

Sate kerbau.
Sate kerbau.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Daging kerbau mungkin tidak terlalu familiar di Pulau Jawa. Kalau di Sumatera dan Sulawesi, daging kerbau mungkin biasa menjadi santapan saban harinya.

Namun begitu, di sebagian daerah di Jawa Tengah, kuliner daging kerbau sangat populer. Terutama Kudus, Kendal dan sebagian Semarang.

Di Kudus bahkan ada keyakinan turun temurun. Yaitu atas anjuran Sunan Kudus agar tidak mengkonsumsi daging sapi, untuk menghormati umat Hindu yang waktu itu banyak tinggal di Kudus. Masyarakat sana lalu menggantinya dengan daging kerbau.

Kuliner daging kerbau yang populer di Kudus adalah soto dan sate kerbau. Sementara di Kendal ada sate dan rambak. Di Semarang ada soto kerbau, tapi yang berjualan juga orang Kudus.

Mengolah daging kerbau.

Mengolah daging kerbau.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Sate kerbau di Kudus maupun Kendal diolah dengan cara yang berbeda dibandingkan sate sapi atau kambing. Mengapa? Karena daging kerbau itu lebih liat dan keras dibanding daging lainnya. Jika langsung dipanggang akan alot dan bikin rahang capek bukan kepalang saat mengunyah,

Maka, daging kerbau mesti dicincang lebih dulu, lalu direndam bumbu beberapa jam, baru kemudian dibentuk menjadi sate. Dengan cara demikian, sate kerbau pun empuk, bahkan lebih empuk dari sate sapi. Enggak percaya?