10 Makanan Aneh dan Luar Biasa dari Korea Selatan, Berani Coba?

Seonji Haejangguk
Sumber :
  • Twitter @KTOJakarta

VIVA – Setiap negara memiliki 'makanan lezat' yang tidak biasa dan tentu saja tidak terkecuali Korea Selatan. Sementara beberapa hidangan nasional sangat mengejutkan (baik dalam penampilan dan rasa), yang lain hanya konsep yang asing bagi orang luar dan sebenarnya sangat lezat. Melansir dari theculturetrip, berikut adalah daftar hidangan paling aneh di Korea.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

1. Sannakji

Sannakji.

Photo :
  • U-Report
Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Menjadi terkenal dalam adegan Oldboy yang agak mengganggu, salah satu film paling terkenal yang keluar dari Korea, gurita hidup sering dianggap harus dicoba di setiap perjalanan ke semenanjung. Tentakel gurita, dicincang dan dibumbui, disajikan masih menggeliat bersama berbagai saus. 
Jika kamu dapat mengeluarkannya dari piring dan memasukkannya ke dalam mulut, kamu pasti akan mengalami sensasi rasa yang paling tidak biasa. Ingatlah untuk mengunyah, karena ada kasus di mana gurita telah menggunakan pengisapnya yang kuat untuk menggenggam kerongkongan pengunjung, sehingga mencekik mereka sampai mati. 

2. Sundae

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Sundae Korea

Photo :

Inggris memiliki puding hitamnya, Puerto Rico menikmati morcilla, dan Korea Selatan menyukai sundae-nya. Sosis darah versi negara ini dibuat dengan mengisi usus babi dengan ramuan darah, nasi, daun bawang, daging babi dan mie, lalu dikukus. Makanan jalanan yang populer, hidangan ini biasanya disajikan bersama hati kukus, perut, dan daging organ lainnya, atau dalam sup yang disebut sundaeguk. 
Seperti banyak masakan Korea, setiap daerah di negara ini menyiapkan hidangan secara berbeda, dan menggabungkan berbagai bahan. Meskipun resepnya mungkin berbeda, semua sundae kenyal di luar dan lembut, serta beraroma di dalam, membuat campuran tekstur dan rasa yang menarik.

3. Dalkbal

Dalkbal

Photo :
  • Twitter @natanattda

Dalkbal, atau ceker ayam, telah lama menjadi makanan pokok di banyak masakan dunia, termasuk masakan Hong Kong, Peru, Kenya, dan bahkan Amerika Selatan. Demikian pula, makanan khasnya juga banyak dikonsumsi di Korea Selatan, di mana kaki-kakinya dikukus, dipanggang, direbus, atau digoreng dan ditenggelamkan dalam saus kental pedas yang terbuat dari gochujang dan wijen. Paling enak dinikmati di pochangmacha (bar tenda) dengan sebotol soju dingin, dalkbal yang kenyal dan bertulang rawan membuat makanan minum yang sangat baik dan dikatakan bekerja sangat baik untuk kulit.

4. Seonji Haejangguk

Seonji Haejangguk

Photo :
  • Twitter @KTOJakarta

Setelah malam yang panjang di kota, orang Korea sering menyembuhkan mabuk mereka dengan menyeruput semangkuk haejangguk panas (harfiah, 'sup mabuk'). Seonji haejangguk tidak diragukan lagi adalah varietas yang paling tidak biasa, menampilkan darah lembu yang dibekukan sebagai bahan utamanya. Darah yang hampir kering mengapung dalam potongan kenyal di atas kaldu yang beruap. Meskipun rasanya tidak terlalu buruk, teksturnya tentu saja membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

5. Gejang

Makanan Korea, Gejang

Photo :
  • theculturetrip

Sejenis jeotgal (seafood fermentasi asin), gejang dibuat dengan mengasinkan kepiting segar baik dalam ganjang (kecap) atau dalam saus berbahan dasar bubuk cabai dan dimakan mentah. Secara tradisional, air garam kecap asin digunakan sebagai metode pengawetan kepiting untuk jangka waktu yang lama. 
Meskipun teknik pengawetan ini tidak lagi diperlukan berkat kenyamanan modern saat ini, hidangan ini masih disukai karena rasanya, dan bahkan memiliki seluruh jalan yang didedikasikan untuk itu di lingkungan Sinsa-dong di Seoul.

6. Dwaejikkeobjil

Dwaejikkeobjil

Photo :
  • maangchi

Di Korea, secara luas diyakini bahwa tidak ada bagian dari babi yang boleh dibuang, bahkan kulitnya. Jadi, tidak mengherankan jika dwaejikkeobjil ditawarkan di banyak restoran barbekyu di negara ini. Biasanya dipanggang, kulit babi yang dikaramelisasi teksturnya agak kenyal tetapi rasanya yang kaya dan pedas membuatnya menjadi makanan minum yang menyenangkan. Sebagai bonus tambahan, kandungan kolagennya dikatakan membuat kulit lebih halus dan kenyal.

7. Beondegi

Ilustrasi beondegi atau kepompong ulat sutra

Photo :
  • Pixabay/carlrubino

Beondegi, atau kepompong ulat sutra panggang, pasti akan membangkitkan indra dengan aromanya yang khas dan profil rasa yang tak terlupakan: kombinasi rasa panggang, juicy, buggy yang bertahan lama setelah kamu selesai makan. Camilan adalah makanan jalanan umum yang populer di kalangan anak-anak (kebanyakan dari mereka tidak menyadari apa yang sebenarnya mereka makan) dan juga dijual kalengan, direbus dalam jus.
Meskipun beberapa orang akan mengatakan beondegi adalah rasa yang didapat, manfaat kesehatannya tidak dapat disangkal; sains telah menunjukkan bahwa ini memiliki protein rendah lemak berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan energi.

8. Gaebul

Gaebuli atau ikan penis

Photo :
  • tripzilla J Patrick Fischer

Sebagai sebuah semenanjung, Korea Selatan menawarkan berbagai macam makanan laut. Tapi tidak ada yang lebih tidak biasa daripada gaebul, spesies cacing laut yang penampilan phallicnya membuatnya mendapat julukan 'ikan penis'. 
Paling sering, gaebul hidup dipotong kecil-kecil dan disajikan mentah, masih menggeliat. Disajikan dengan minyak wijen, rasa gaebul mirip dengan kerang. Perbedaan utama, bagaimanapun, adalah bahwa tidak jarang disemprot dengan air garam saat mengunyahnya. Selanjutnya, makhluk menarik ini dinikmati oleh pria sebagai afrodisiak.

9. Hongeo

Hongeo, hidangan Korea.

Photo :
  • U-Report

Hongeo, atau sepatu roda yang difermentasi, mungkin adalah salah satu makanan paling aneh di Korea, belum lagi salah satu yang berbau paling kuat di seluruh dunia dan untuk alasan yang agak menjijikkan. Sepatu roda, yang menyerupai ikan pari, tidak buang air kecil seperti kebanyakan ikan lainnya. 
Sebaliknya, mereka melewati asam urat melalui kulit mereka. Ketika difermentasi, asam urat terurai menjadi senyawa yang berbau seperti amonia. Bau busuknya begitu kuat sehingga pengunjung disarankan untuk menghirup melalui mulut dan menghembuskannya melalui hidung untuk mengurangi paparan bau tersebut.

10. Boshintang

Boshintang

Photo :
  • Istimewa

Untuk para pecinta dan aktivis hewan di seluruh dunia, boshintang, atau sup daging anjing, masih dimakan di Korea Selatan dan paling sering dikonsumsi oleh orang tua untuk 'stamina'. Konon, hidangan ini tidak biasa dikonsumsi. Faktanya, sebagian besar orang Korea terkejut dengan fakta bahwa menjual daging anjing masih legal, terutama mengingat perlakuan kasar yang dilakukan di peternakan anjing. Dengan banyaknya orang Korea yang mulai menyelamatkan anjing dari peternakan ini dan kelompok hak asasi hewan mendapatkan daya tarik, diperkirakan konsumsi daging anjing akan dilarang di Korea lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya