Ngopi di Sini, Gelasnya Dibuat dari Sumber Listrik Tenaga Surya

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • Instagram kenanganheritage.id

VIVA – Gerakan mencintai lingkungan terus digalakkan. Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang, Kopi Kenangan, membangun gerai solar panel pertama untuk hadirkan setiap gelas kopi yang dibuat dari sumber listrik tenaga surya

Inovasi Ramah Lingkungan Bridgestone Tak Hanya Ban Kendaraan

Berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan, gerai tersebut diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju green energy dengan proses produksi yang lebih ramah lingkungan

Gerai ini menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kg dan dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi, sehingga setiap gelas yang disuguhkan kepada pelanggan dihasilkan oleh energi terbarukan yang ramah lingkungan.  

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

CEO dan CO-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, mengatakan, pembukaan gerai ini merupakan inovasi dan kolaborasi antara tiga perusahaan, demi mendukung kegiatan industri yang lebih ramah lingkungan.

Ilustrasi es kopi susu.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova
Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

"Hadirnya gerai terbaru Kopi Kenangan RC Veteran adalah bentuk kolaborasi kami dengan Grab dan SUNterra untuk mendukung proses industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," ujarnya saat peresmian gerai tersebut, Selasa 24 Mei 2022. 

"Kami berharap inovasi ini dapat memotivasi kami dan juga pelaku industri lainnya untuk terus berkontribusi memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi matahari, untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan," sambungnya.  

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer SUNterra, Fanda Soesilo, mengungkapkan, 
penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi, merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim. 

"Harapan kami, instalasi solar panel di gerai Kopi Kenangan RC Veteran dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk segera beralih memanfaatkan energi bersih yang berkelanjutan," ungkapnya. 

Selain memanfaatkan tenaga matahari untuk setiap gelas kopi yang disuguhkan, gerai yang beralamat di Jl. RC. Veteran Raya, Bintaro, itu merupakan gerai Drive Through pertama Kopi Kenangan di Jabodetabek, sekaligus mengusung konsep stand alone building.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya