9 Makanan Khas Palembang yang Memiliki Rasa Otektik dan Lezat

Pempek
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Ada beberapa makanan khas Palembang yang wajib dicoba bila berkesempatan datang ke kota ini, selain menikmati keindahan alamnya. Menjadi salah satu kota tertua yang ada di Indonesia, Palembang menyimpan berbagai pesona wisata alam dan kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan untuk menjelajahinya. Banyaknya akulturasi budaya yang menyatu di kota ini membuat kuliner khas Palembang sangat beragam. 

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Seperti yang sudah umum kita ketahui bahwa daerah yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini dikenal dengan makanan khasnya yaitu pempek. Mayoritas makanan yang ada di Palembang ini memakai ikan sebagai bahan baku utama. Namun, ada pula beberapa makanan yang memiliki cita rasa manis dan tentu saja akan membuat kamu ketagihan. Untuk itu, berikut ulasan selengkapnya tentang makanan khas Palembang seperti disadur dari berbagai sumber. 

1. Pempek

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Pempek kapal selam

Photo :
  • pempekwarisan.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Palembang yang satu ini. Ya, pempek adalah makanan khas Palembang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Kita akan dengan mudah menemukan makanan yang satu ini di Indonesia, terutama kota-kota besar. Pempek atau empek-empek ini makanan yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji. 

Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang

Biasanya, pempek dibuat dari daging ikan belida. Tapi, karena ikan tersebut semakin langka dan harganya makin meroket, maka pembuatan pempek ini diganti dengan memakai ikan gabus. Dalam perkembangannya, pempek juga dibuat dari ikan sungai seperti toman dan putak, atau ikan laut seperti tenggiri, kakap merah, sampai ikan parang-parang. 

Cara penyajian makanan ini juga cukup mudah, adonan yang sudah dibuat kemudian digoreng terlebih dahulu. Biasanya, orang Palembang menyajikan dengan kuah cuka yang mempunyai rasa asam, manis, dan pedas. Pempek ini umumnya dijual dengan harga mulai dari R50 ribu bergantung dengan merek dan jenisnya. 

2. Tekwan

Tekwan.

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Palembang berikutnya adalah tekwan. Sama dengan pempek, tekwan juga merupakan salah satu makanan yang terbuat dari olahan daging ikan dan juga tepung tapioka. Kata tekwan sendiri berasal dari bahasa Palembang “berkotek samo kawan” atau yang mempunyai arti duduk mengobrol bersama teman. 

Hidangan ini kerap disebut sebagai baksonya Palembang karena tekwan mempunyai kuah kaldu yang menyegarkan dan gurih. Bentuk adonan tekwan kecil-kecil, hampir mirip seperti bakso ikan yang disajikan dengan kuah kaldu udang. Tak heran bila makanan ini mempunyai cita rasa yang gurih dan sedap. 

Dalam penyajiannya, tekwan dilengkapi dengan bahan lain seperti bawang goreng, daun seledri, daun bawang, potongan bengkuang, bihun, dan juga jamur. Satu porsi makanan ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp15.000 saja. 

3. Mie Celor

Mie Celor.

Photo :
  • U-Report

Untuk sebagian orang tampaknya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang yang satu ini. Bahkan saat ini mie celor bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti namanya, hidangan yang satu ini terbuat dari bahan dasar mie. Keunikan yang dimiliki mie celor terletak pada kuahnya yang berasal dari kaldu ebi dan santan. 

Hal tersebut membuat mie celor mempunyai tekstur yang kental dan rasanya yang gurih. Mie yang dipakai untuk hidangan ini adalah mie telur sehingga mempunyai tekstur berbeda dengan kebanyakan mie yang dikenal. Mie celor juga biasanya terdiri atas mie, kuah santan kaldu ebi, tauge, telur, kucai, dan juga daging udang. 

4. Pindang Patin

Pindang Patin

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ikan patin adalah salah satu jenis ikan yang banyak dikembangkan di wilayah Palembang. Saat ini ada cukup banyak jenis pindang yang disajikan di Palembang. Maka dari itu, tidak heran bila kita akan mudah menemukan berbagai olahan makanan yang terbuat dari ikan Patin di kota ini. Pindang patin tersebut menjadi salah satu hidangan favorit untuk mereka. 

Makanan khas Palembang yang satu ini mempunyai cita rasa asam, manis, dan pedas. Sementara untuk proses pembuatannya adalah dengan mencampurkan berbagai bahan rempah, seperti bawang merah dan bawang putih, jahe, kunyit, sampai belimbing sayur untuk cita rasa yang asam dan menyegarkan. 

5. Kerupuk Kemplang

Kerupuk.

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah kerupuk kemplang. Kerupuk yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan yang mempunyai cita rasa gurih. Kerupuk kemplang ini diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Jenis kemplang yang paling terkenal adalah yang dibakar karena mempunyai aroma yang khas. 

Kemplang juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh-oleh. Selain bisa tahan lama dan mudah dibawa ke mana saja, kerupuk ini juga sangat mudah ditemukan di berbagai gerai oleh-oleh khas Palembang. Kerupuk kemplang ini dijual dengan harga yang beragam dan sangat terjangkau bergantung dengan ukuran dan beratnya. 

6. Celimpungan

Celimpungan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Celimpungan adalah salah satu makanan khas Palembang yang wajib untuk dicoba. Hidangan yang berasal dari Sumatera Selatan ini memakai bahan dasar ikan dan juga tepung kanji yang hampir mirip dengan pempek. Celimpungan juga termasuk ke dalam makanan yang mirip dengan pempek lantaran mempunyai kuah yang menyegarkan dan lezat. 

Tapi, perbedaan dari kedua makanan ini terdiri dari bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentuk bulat pipih dengan ukuran diameter 10 cm. Kemudian apa yang membuat unik dari makanan ini adalah kuahnya yang berasal dari santan kelapa dan juga racikan bumbu rempah khas seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. 

7. Maksuba

Kue Maksubah

Photo :
  • benyondtheskye.wordpress.com

Bila kamu bosan dengan makanan gurih dan berbahan dasar ikan, maka bisa mencoba makanan khas Palembang yang satu ini, bernama maksuba. Tekstur kue berlapis yang satu ini begitu lembut dan mempunyai cita rasa yang manis. Perpaduan antara telur bebek dan krimer kental manis menjadi kunci kelezatan dari lapis maksuba. 

8. Model

Model Palembang

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jangan salah tangkap, model yang dimaksud bukan sebagai foto model atau peragawati. Ya, model di sini adalah salah satu nama makanan khas Palembang. Sama seperti tekwan, model disajikan dengan kuah kaldu udang yang mempunyai cita rasa gurih. Namun, perbedaan dari kedua makanan tersebut adalah cara penyajiannya, karena tekwan direbus atau dikukus. 

Sementara untuk adonan model yang terbuat dari ikan tenggiri akan dimasukkan ke dalam tahu sebelum dituangkan bersama dengan kuah kaldu udang yang gurih. Di dalam model ini ada bakso ikan, bihun, jamur kuping, timun cincang, udang, dan juga bawang goreng. Jangan lupa untuk menambahkan cuko supaya rasanya lebih menyegarkan. 

9. Kue Lumpang

Kue lumpang.

Photo :
  • Cookpad/Xander

Makanan khas Palembang berikutnya adalah kue lumpang. Menjadi salah satu makanan yang berasal dari Palembang, kue ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan tepung beras. Camilan ini menjadi salah satu camilan khas Palembang yang disukai oleh banyak orang. Keunikan kue ini adalah bentuknya yang mempunyai cekungan di bagian tengahnya. 

Gerhana Matahari Total.

Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Gerhana matahari total akan terjadi pada hari Senin, 8 April 2024 mendatang. Namun, kejadian alamiah ini dihubungkan dengan kisah Nabi Yunus AS oleh sebagian orang.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024