7 Jajanan Pinggir Jalan Paling Terkenal di India

Kathi Roll
Sumber :
  • Ease My Trip

VIVA – India menjadi salah satu negara yang memiliki beragam budaya dan tradisi sehingga dikenal dengan keragamannya. Selain budaya, bahasa, agam dan pemandangan alamnya, makanan India juga merupakan salah satu yang dikenal oleh sejumlah masyarakat dunia. 

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Masakannya yang berbeda dan memiliki ciri khas membuat India berbeda dari negara yang lain. Apalagi jajanannya, makanan jalanan India adalah hal paling menggoda dari kelezatan kuliner negara ini. Biasanya jajanan pinggir jalan India dijual di tempat umum seperti pasar atau warung dan kebanyakan adalah makanan siap santap. 

Jajanan pinggir jalan India tersebut dapat ditemukan dengan harga yang sangat murah dan rasanya sangat lezat. Setiap kota di India memiliki ciri khasnya tersendiri. Mengutip dari Ease My Trip, berikut ini sejumlah jajanan pinggir jalan India yang paling terkenal. 

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

1. Vada Pao, Mumbai

Vada Pao

Photo :
  • Ease My Trip
Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Jajanan ini adalah burger versi India paling populer yang menjadi favorit orang-orang Maharashtra. Vada Pao merupakan produk makanan pokok yang terbuat dari pangsit kentang goreng atau disebut batata vada di tengah roti atau Pav. Biasanya Vada Pao ditambahkan bumbu chutney dan cabai hijau goreng agar rasanya semakin nikmat. Jajanan ini juga dikenal dalam beberapa nama lain seperti Pav, Pav Bhaji dan Kande Pohe.

2. Kathi Roll, Kolkata

Kathi Roll

Photo :
  • Ease My Trip

Jajanan pinggir jalan India yang selanjutnya ada Kathi Roll yang populer di Kolkata dan disukai juga oleh semua orang. Kathi Rolls pada dasarnya adalah lachha paratha renyah yang diisi dengan keju, telur, kentang tumbuk, ayam, daging dan sayuran. Rasanya sangat nikmat dan jika dicoba pasti akan membuat ketagihan. 

3. Poha, Indore

Poha

Photo :
  • Ease My Trip

Kota Indore di India memang terkenal dengan berbagai macam jajanannya yang  lezat. Kamu dapat menikmati berbagai macam jajanan pinggir jalan India yang enak-enak di kota ini. Poha menjadi salah satu jajanan yang paling populer. Biasanya Poha disantap sebagai menu sarapan dan disiapkan dengan nasi pipih dengan tambahan beberapa bahan lain seperti kentang, bawang merah dan kacang tanah.

4. Chole Bhature, Delhi

Chole Bhature

Photo :
  • Ease My Trip

Ibu kota India yakni Delhi menjadi tempat terbaik untuk menikmati jajanan pinggir jalan India karena ada banyak macamnya. Kamu dapat menemukan berbagai warung makan pinggir jalan. Salah satunya seperti Chole Bhature sebagai hidangan Punjabi yang populer dan disukai sebagian besar orang India. Chole Bhature dijadikan sebagai makanan sarapan yang dapat ditemukan di warung pinggir jalan atau bahkan restoran. 

5. Litti Choka, Patna

Litti Choka

Photo :
  • Ease My Trip

Jajanan ini menjadi salah satu yang paling terkenal dan makanan dari negara bagian seperti Bihar, Jharkhand dan East Utter Pradesh. Adonan Litti diisi dengan tepung kacang gram yang digiling dan dipanggang di atas api. Chokha terbuat dari kentang, brinjal dan tomat. Kombinasi ini sangat ideal untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan jalanan Patna yang luar biasa ini.

6. Idli Sambhar, Chennai

Idli Sambhar

Photo :
  • Ease My Trip

Jajanan ini berasal dari India Selatan yang ringan dan rasanya enak. Biasanya Idli Sambhar  disajikan sebagai menu sarapan bersama dengan chutney kacang atau kelapa. Di Chennai, Anda dapat melihat banyak warung-warung yang menjual Idli Sambhar yang rasanya sangat enak. Vada Sambhar, Dosa dan Upma adalah beberapa makanan jalanan lainnya di Chennai.

7. Kachori, Jaipur

Kachori

Photo :
  • Ease My Trip

Jaipur juga terkenal dengan berbagai jajanan khasnya yang menggoda. Kachori-nya benar-benar disukai oleh para pecinta kuliner yang datang dalam berbagai variasi. populer baik di kalangan penduduk lokal maupun turis. Beberapa jenis Kachori yang terkenal adalah Mawa Kachori, payaz kachoi dan dal kachori. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya