Ada 3 dari Indonesia, Ini 15 Makanan Terenak di Dunia

Orak Arik Steak Rendang
Orak Arik Steak Rendang
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Masyarakat Indonesia patut berbangga, pasalnya beberapa makanan tradisional masuk dalam daftar makanan terenak dunia. Salah satu media internasional, CNN merilis 20 makanan terenak yang dihimpun dari berbagai negara.

Makanan terenak di dunia dari Tanah Air, salah satunya adalah rendang. Kuliner yang memiliki ciri khas dengan santan itu terkenal di dunia kuliner internasional. Rendang juga disandingkan dengan 19 makanan terenak lainnya dari beberapa negara yang tersebar di penjuru dunia. Berikut daftarnya, dilansir dari CNN:

15. Pho, Vietnam

Hidangan nasional yang sering salah diucapkan ini ("fuh") hanyalah berupa kaldu, bihun segar, beberapa bumbu dan biasanya ayam atau sapi. Tapi masakan ini memiliki porsi lebih besar dari biasanya,  aroma harum, enak dan seimbang ini membuat pengendara yang melewati restaurant yang menjual Pho akan membuat mereka memtural balik kendaraannya untuk mampir dan makan.

14. Kroisan, Prancis

Croissant St Denis with Ghetto-Style Omelette di Devon Cafe.

Croissant St Denis with Ghetto-Style Omelette di Devon Cafe.

Photo :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

Kue yang yang disiram mentega atau selai raspberry yang dioleskan di atasnya dengan lembut, membuat kamu akan tenggelam dengan rasanya ketika menggigit nya, tidak ada yang tidak menyukai makanan sarapan yang sedikit berlemak dan manis ini, kroisan harus disandingkan dengan secangkir kopi agar semakin lengkap kenikmatannya.

13. Kebab, Turki

Kebab

Kebab

Photo :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum

Kebab adalah hidangan daging yang dimasak, dengan asal-usul masakan Timur Tengah. Banyak varian yang populer di seluruh dunia.Di sebagian besar negara berbahasa Inggris, kebab mungkin adalah shish kebab atau souvlaki klasik – kubus kecil daging yang dimasak dengan tusuk atau, di Amerika Utara yang lebih dikenal sebagai gyros sedangkan di luar Amerika Utara cepat saji yang dikenal sebagai doner kebab

12. Sate, Indonesia

Sate kerbau.

Sate kerbau.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Sate merupakan makanan populer di Indonesia ini juga menjadi makanan yang masuk ke dalam kategori enak di dunia.. Potongan daging ayang yang ditusuk di kayu dan di bakar  dan dipadu dengan bumbu kecapa maupun kacang akan menambah kenikmatan, bagi saiapa saja yang mencobanya akan terhinotis oleh rasa yang dihasilkan.

11. Chicken Rice, Singapura

Chicken teriyaki rice bowl

Chicken teriyaki rice bowl

Photo :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Sering disebut "hidangan nasional" Singapura, ayam kukus atau rebus ini disajikan di atas nasi berminyak yang harum, dengan irisan mentimun sebagai sayuran tanda. Variannya antara lain ayam panggang atau ayam kecap. Saus celup, berup akecap hitam premium, cabai dengan bawang putih dan jahe tumbuk memberikan kelezatan

10. Kimchi, Korea

Restoran Korea Selatan menyediakan hidangan pembuka berupa sayuran fermentasi ini secara gratis. Mungkin karena hanya sedikit orang Korea Selatan yang bisa bertahan lebih dari dua hari tanpanya.

9. Lasagna, Italia

Napolitana Lasagna.

Napolitana Lasagna.

Photo :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

Lasagna menyalip pizza untuk menjadi makanan Italia yang paling dicari dalam daftar kelezatan ini. Ada alasan mengapa makanan berlapis pasta, saus tomat, daging cincang ini baik untuk anak-anak dan orang dewasa sangat populer dan berhasil menarik peratian ini.

8. Peking Duck, China

Daging bebek/ilustrasi memasak.

Daging bebek/ilustrasi memasak.

Photo :
  • Pixabay/Pavel_Ivanov

Dipanggang perlahan dalam oven, kulitnya yang renyah dan berlapis kuah sangat enak ini, sehingga beberapa restoran otentik akan menyajikan lebih banyak kulit daripada daging, dan menyajikannya dengan panekuk, bawang, dan saus hoisin atau kacang manis.

7. Ramen, Jepang

Ramen dengan telur, nori dan irisan daging ayam

Ramen dengan telur, nori dan irisan daging ayam

Photo :
  • U-Report

Orang-orang Jepang mengatakan semakin enak ramen yang kamu makan, semakin keras kamu harus menyeruput nya untuk menunjukkan rasa hormat kepada koki yang membuatnya. Bukannya mereka membutuhkan lebih banyak rasa hormat. Satu suap kaldu mie Jepang ini akan segera memberi tahukan bahwa remen ini memiliki pemicu kenikmatan di diri kamu, dan menunjukkan rasa kepada koki Jepang yang jenius.

6. Dim Sum, Hongkong

Ilustrasi Dimsum

Ilustrasi Dimsum

Photo :
  • Queen Dimsum

Berkunjung ke Hong Kong tidak lengkap tanpa mencoba makanan siang tradisional Kanton ini. Populer di kalangan semua orang, mulai dari turis hingga anak-anak lokal dan orang tua, sebagian besar dim sum disajikan dalam potongan kecil sehingga kamu tidak perlu membuang waktu untuk memotongnya.

5. Pad Thai, Thailand

Gorengan Thailand, Nang Krob Pad Heng, Poh Pia Tod, Yam Hem Kem Thong Tod

Gorengan Thailand, Nang Krob Pad Heng, Poh Pia Tod, Yam Hem Kem Thong Tod

Photo :
  • Thai Alley

Inilah makanan utama, yang orang Thailand tidak bisa hidup tanpanya. Mirip dengan Bulgogi, pad thai dikemas dengan nutrisi yang diaduk menjadi satu hidangan mie goreng yang lezat. Rahasianya ada pada saus nya, yaitu pasta asam. Jika ada yang pernah membuat Hall of Food Fame, makanan ini harus menjadi yang pertama dalam daftar. 

4. Tom Yam Gong, Thailand

Ilustrasi Tomyam

Ilustrasi Tomyam

Photo :
  • Instagram

Mahakarya Thailand ini dipenuhi dengan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Biasanya diisi dengan santan dan krim, sup hangat menyatukan sejumlah rasa favorit Thailand, seperti asam, asin, pedas dan manis. Terbaik dari semuanya adalah harganya yang murah.

3. Sushi, Jepang

Sushi.

Sushi.

Photo :
  • Ist.

Perkawinan sempurna antara ikan mentah dan nasi ini dengan mudah menempatkan sushi di lima besar. Dan seperti salah satu pembaca, Nymayor, menulis, "Sekarang agar adil, LEZAT itu bisa sederhana." Orang Jepang menjalani hidup dengan praktis tanpa mwmiliki alasan, bahkan mereka ingin terus memakan makanan ini.

2. Nasi Goreng, Indonesia

Nasi Goreng Rempah KS

Nasi Goreng Rempah KS

Photo :
  • Instagram @nasgor.rempah.ks

Keajaiban memadukan nasi dengan telur, ayam, dan udang kembali memenangkan selera rasa dunia. Nasi goreng, makanan kedua yang masuk daftar, kelezatan Indonesia ini menerima lebih dari 10 kali suara dari makanan negara tetangganya Thailand, menempatkan nasi goreng menjadi runner up makanan terenak di dunia.

1. Rendang, Indonesia

Rendang

Rendang

Photo :
  • U-Report

Pembaca Kamal F Chaniago menunjukkan pandangan jauh ke depan ketika dia menulis, "Rendang adalah yang terbaik." Pemenang yang jelas dengan pengikut setia, hidangan berdaging ini sekarang berhak mengklaim gelar "Makanan Paling Lezat di Dunia".

Daging sapi direbus perlahan dengan santan dan campuran serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe dan cabai, lalu dibiarkan direbus selama beberapa jam untuk membuat hidangan daging sapi yang empuk dan beraroma ini. Hidangan Indonesia sering disajikan pada acara-acara seremonial dan untuk tamu terhormat. Tidak hanya enak tapi juga dilengkapi dengan resep sederhana.