Resep Kue Sus Isi Green Tea, Lumernya Bikin Nagih

Kue sus isi green tea
Sumber :
  • Cookpad/Diyah Kuntari

VIVA – Kue sus merupakan kue berbentuk bulat dengan rongga yang diisi oleh vla atau custard. Rasa kue sus sendiri cenderung gurih lalu digabungkan dengan vla manis sehingga menghasilkan perpaduan pas. Cocok untuk kamu yang tidak begitu suka rasa manis.

Deretan Resep Mudah Kue Lebaran dari Kastengel hingga Sagu Keju

Kudapan ini disajikan dalam dua jenis, kering dan basah. Kue sus kering berbentuk mungil dan dapat dimakan hanya dengan sekali gigit. Sementara kue sus basah berukuran lebih besar dan diisi oleh vla rasa vanila. Namun sering pula dijumpai kue sus dengan isi varian lain seperti coklat, stroberi, nutella, dan green tea.

Asal usul kue sus

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Kue Soes

Photo :
  • VIVAnews/ A. Rizaluddin

Ternyata kue sus berasal dari akulturasi budaya dua negara Eropa yakni Italia dan Prancis dan sudah ada sejak abad ke-16. Saat itu, seorang putri Italia bernama Catherine de'Medici, memutuskan meninggalkan kota kelahirannya untuk menikah dengan Raja Henry II asal Prancis.

Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Catherine hijrah ke Prancis tak hanya seorang diri. Ia pun membawa seluruh anggota istananya termasuk para koki. Sang juru masak, Panterelli membuat adonan pasta yang ia gunakan sebagai adonan kue juga.

Seiring berjalannya waktu, seorang koki dari Prancis, Marie-Antoine Carême memiliki ide untuk menyempurnakan adonan tersebut. Resep buatan Marie kini dinikmati sebagai kue sus yang kerap ditemukan di pasaran.

Resep kue sus 

Seperti yang sudah diutarakan di atas, kue sus sering diisi dengan vla rasa vanila. Tapi jika bosan dengan varian tersebut tentu kamu bisa memodifikasi isinya dengan varian yang kamu suka. Dilansir dari Cookpad, kali ini VIVA akan memberitahu resep kue sus dengan isi green tea.

Bahan-bahan untuk kue sus:

  • 150 gram tepung cakra
  • 150 gram air
  • 100 gram susu cair
  • 100 gram mentega
  • 4 butir telur kocok lepas
  • Sejumput garam dan gula

Bahan-bahan isi vla green tea:

  • 200 gram susu cair
  • 1 sdt pasta vanila
  • 3 kuning telur
  • 55 gram gula pasir
  • 20 gram terigu
  • 1/2 sdt bubuk green tea

Cara membuat:

  1. Panaskan air, susu, mentega, garam, dan gula sampai mendidih. Matikan api lalu masukkan terigu, aduk rata.
  2. Kemudian masak lagi dengan api kecil sampai adonan menjadi kalis
  3. Angkat adonan dari kompor, tunggu hingga hangat, masukkan telur perlahan sambil dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan merata. Konsistensi adonan kental tapi masih bisa jatuh menggantung jika diangkat dengan spatula.
  4. Isi adonan ke plastik segitiga, kemudian cetak di loyang yang sudah dioles tipis dengan margarin. Beri jarak yang cukup karena kue akan mengembang.
  5. Panggang dengan suhu 200°C sekitar 20-25 menit hingga kokoh dan keluar busa kecil. Lalu turunkan ke suhu 180°C, panggang lagi sekitar 20 menit.
  6. Untuk membuat vla: kocok telur dan gula menggunakan mixer hingga pucat, masukkan terigu serta bubuk green tea, kocok lagi sampai rata.
  7. Panaskan susu dan pasta vanila hingga mendidih, matikan api. Ambil separuh bagian susu dan campurkan ke adonan pertama, aduk cepat dengan whisk, masukkan semua kembali ke sisa susu, aduk cepat di atas api kecil sampai kental, mengkilap, dan lembut. Diamkan di suhu ruangan atau masukkan ke kulkas.
  8. Masukkan vla ke kue sus. 

kue sus isi green tea

Photo :
  • Cookpad/Hellen Gunawan
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024