Bali Timbungan, Restoran Berbalut Seni Pulau Dewata di Ibukota

Bali Timbungan
Sumber :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

VIVA – Bali Timbungan resmi membuka gerainya di Sarinah, Jakarta, pada Selasa 14 Juni 2022. Restoran khas pulau dewata ini menyajikan nuansa modern dengan balutan seni yang sarat makna seolah benar-benar berada di Bali.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Selain menawarkan keragaman budaya dan keindahan alam yang memanjakan mata, Bali juga terkenal dengan ragam kulinernya yang menggugah selera. Dengan cita rasa otentik Bali yang kaya akan bumbu rempah tradisional, membuat kuliner Bali selalu memiliki tempat spesial di hati para penikmat kuliner nusantara. 

Bahkan beberapa di antaranya merupakan menu-menu peninggalan kerajaan kuno Bali yang bisa ditarik ke belakang hingga abad ke-17 masehi. Salah satu menu spesial yang menjadi warisan masyarakat Bali adalah bebek timbungan. Dari hidangan inilah berdiri sebuah restoran di Bali pada tahun 2018 yang mengusung Balinese Heritage Cuisine sebagai ciri khasnya. 

Diduga Sakit Jiwa, Bule Amerika di Bali Nekat Culik Bocil Perempuan

Bali Timbungan

Photo :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

Hanya dalam beberapa tahun saja, restoran dengan nama Bebek Timbungan ini mendapat respons positif dari penggemar kuliner di Bali sehingga membuka beberapa cabang di sana. Kepopulerannya sampai juga ke luar pulau, dan tahun ini dapat menyapa para pecinta kuliner di Ibukota dengan perubahan nama menjadi Bali Timbungan.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Restoran ini terletak di dekat Lobby Utara Sarinah, Thamrin, Jakarta. Dari kejauhan, restoran yang terkenal dengan sajian Bebek Timbungan ini sudah begitu khas dengan warna kuning oranye khas warna-warna pakaian Bali.

Di sisi pintu masuk restoran, terdapat payung dan berbagai aksesori khas Bali yang membuat kerinduan untuk berlibur di pulau dewata seakan terobati. Memasuki restoran ini, aroma bunga yang wangi dan menyejukkan akan menyambut kedatangan yang berasal dari aromatherapy. 

Selain itu, di dinding terdapat mural berbentuk penari Bali yang begitu menyejukkan mata. Tak hanya satu, namun di beberapa dinding berwarna abu-abu, dilukiskan mural cantik nan menawan.

Ditambah bunga lily yang hadir di meja resepsionis menambah suasana yang bikin betah. Masuk lebih dalam, disambut dengan detail dinding industrial namun dipadu dengan detail bambu dan beberapa kaca besar bak jendela.

Bali Timbungan

Photo :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

Lampu-lampu bundar berbalut rotan membuat pencahayaan dengan sangat menawan. Kursi-kursi cokelat kayu dengan dipadukan sofa hijau klepon yang memanjang serta melingkar bikin suasana modern yang nyaman untuk ditempati. Bareng keluarga maupun teman, rasanya Bali Timbungan cocok untuk acara apa pun!

Resto ini resmi berganti nama menjadi Bali Timbungan dan membuka cabang di Gedung Sarinah Thamrin yang juga diresmikan oleh Ibu | Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak — PPPA. 

"Bali Timbungan tidak hanya sajikan menu enak, tapi juga menu sehat dan bergizi. Tentunya bisa bermanfaat terutama bagi kesehatan," ujar Menteri Bintang dalam konferensi pers, di Jakarta.

Owner Bali Timbungan sekaligus Secret Garden Village Group, Billy Hartono Salim, menuturkan bahwa pembukaan gerai ini menjadi cabang ketiga Bali Timbungan. Menurut Billy, awalnya memang bermula dari sebuah menu yang tak asing lagi di kalangan masyarakat Bali, yaitu bebek timbungan. 

"Maka, sebuah kebanggaan bagi kami, sebagai penyaji Balinese Heritage Cuisine, untuk dapat menyapa pecinta kuliner hidangan Bali di lokasi yang juga merupakan kebanggan sejarah ibukota ini, Gedung Sarinah,” ujar Billy di kesempatan yang sama.

Bali Timbungan

Photo :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

Bali Timbungan Sarinah merupakan cabang ketiga sebagai wujud dari komitmen SGV Group untuk mengembangkan bisnis hingga ke luar Bali. Tekad membuka cabang pertama di Jakarta terpicu oleh kesuksesan restoran Bali Timbungan di Sunset Road Kuta dan di lokasi wisata edukasi Secret Garden Village Bedugul, Bali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya