Jarang Diketahui, Ini 5 Deretan Sambal Paling Lezat di Indonesia

Sambal Terasi
Sumber :
  • Website/Kuninerkota.com

VIVA – Sambal paling lezat tidak terlepas dari kuliner Indonesia memang terkenal dengan memiliki cita rasa yang pedas dan menggugah selera. Bahkan, beberapa makanan pedas khas nusantara seperti rendang telah masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia.

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Indonesia termasuk salah satu negara dengan masyarakat pencinta pedas se-Asia. Penduduk Indonesia tentunya memiliki aneka olahan sambal untuk menghasilkan berbagai makanan yang lezat dan gurih.

Viva kali ini rangkumkan dari berbagai sumber mengenai deretan sambal paling lezat di Indonesia yang harus wajib kamu coba!

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

1. Sambal Dabu-dabu

sambal dabu dabu lilang

Photo :
  • VIVA / Tasya
Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Sambal khas Indonesia yang satu ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Selain masakan Padang, makanan khas Manado juga tidak kalah pedasnya. Bahkan cita rasa pedas ala Manado lebih menarik dan menggugah selera.

Sambal dabu-dabu terbuat dari cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis, garam, dan air jeruk nipis. Cara membuat atau resep sambal ini sangat sederhana. Sweet Couple tidak perlu menumis atau menggorengnya.

Semua bahan hanya perlu diiris tipis dan dicampurkan ke dalam satu wadah kecil. Kemudian ditambahkan air jeruk nipis dan minyak goreng yang agak panas. Setelah itu, sambal diaduk sampai tercampur rata.

2. Sambal Goang

Cilok Goang

Photo :
  • vstory

Bagi masyarakat Sunda, sambal ini menjadi favorit saat menyantap daging ayam dan lalapan. Sambal yang dibuat dadakan ini terbilang simpel saat dibuat.

Bahan-bahan yang digunakan hanya cabai rawit merah, bawang putih, kencur, dan garam. Semua bahan ini diulek mentah. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat, nikmati sedikit minyak panas ke dalam sambal goang. Siap disajikan.

3. Sambal Matah

Sambal matah

Photo :
  • Istimewa

Sambal matah akhir-akhir ini memang sedang booming. Sambal matah merupakan masakan khas Bali. Istilah mata dalam bahasa Bali berarti mentah. Sambal khas Indonesia ini memang tidak perlu dimasak seperti sambal terasi.

Cara membuat sambal matah sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sambal dabu-dabu. Anda hanya perlu mencampurkan serai, bawang merah, terasi bakar, air jeruk nipis, daun jeruk purut, garam, dan minyak goreng ke dalam satu mangkuk.

Kemudian campuran bumbu ditambahkan sedikit minyak goreng panas. Jangan lupa aduk sambal agar tercampur rata dengan minyak yang baru disiram.

4. Sambal Bawang

Resep Sambal Bawang

Photo :
  • Cookpad @Heni Absari

Sambal ini merupakan sambal yang paling sering ditemukan dan sangat mudah untuk dibuat, namun sangat disukai oleh para pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas.

Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dengan menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru membuat nikmat dan pedas. Rasa bawang putih yang kuat akan membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah rasa sambal ini.

5. Sambal Ijo

Ayam Geprek Sambel Ijo

Photo :
  • Instagram @ mamasupersekali

Siapa yang menyukai masakan Padang? Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan sambal khas Indonesia yang satu ini. Beberapa orang menganggap bahwa sambal ijo adalah varian sambal terpedas di Indonesia.

Bahan-bahan sambal ijo terdiri dari cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam yang diulek agak halus. Setelah itu, semua bumbu ditumis secara bersamaan sampai harum dan matang. Sambal ijo biasanya disajikan bersama nasi Padang.

Nah, demikian informasi mengenai sambal terlezat yang Viva dapat berikan ke kamu, sudah pernah coba semua?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya