5 Cara Bikin Daging Kambing Empuk dan Gak Bau, Tak Perlu Pakai Obat!

Ilustrasi daging kambing.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA Kuliner – Jika tak pintar mengolah, daging kambing yang seharusnya memiliki cita rasa gurih bisa berakhir alot atau keras dan bau ketika sudah dimasak. Terkadang, beberapa orang memilih untuk menggunakan obat agar bisa mendapatkan tekstur yang lembut dan menghilangkan prengus dari daging kambing. 

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Eits, nanti dulu, sebaiknya urungkan cara tersebut. Sebab, beberapa bahan alami berikut ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging kambing serta menghilangkan baunya lho. Apa saja? Berikut ulasannya dikutip dari siaran pers Cookpad.

Jeruk nipis
Cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis yang terkenal memiliki sifat asam yang cukup kuat. Hal ini membuat jeruk nipis bisa diandalkan untuk membuat daging kambing jadi lebih empuk dan tidak bau. Cara ini juga bisa dilakukan jika kamu ingin mencuci daging kambing sebelum mengolahnya. 

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Caranya cukup mudah yakni cuci daging kambing yang sudah disiapkan. Lalu beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis. Beri perasan jeruk nipis dengan membalurkannya pada permukaan daging. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Jeruk nipis.

Photo :
  • U-Report
Resep Sederhana Kue Nastar Untuk Lebaran, Isian Lembut dan Renyah

Garam
Selain jeruk nipis, bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau adalah garam. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja membutuhkan sedikit ketelatenan.

Daun pepaya
Daun pepaya juga bisa diandalkan untuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya. Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama. Kamu hanya perlu mencuci, kemudian remas, dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Nanas
Jika tidak memiliki daun pepaya, gunakan saja nanas. Nanas juga dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk. Caranya hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah, balurkan pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.

Buah nanas.

Photo :
  • Pixabay/ Security

Rempah
Rempah juga bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau. Segala macam jenis rempah bisa diandalkan. Bahkan menggunakannya juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa.

Yang perlu kamu lakukan hanya melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe. Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, bisa juga gunakan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis, dan cengkeh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya