Terkait Penolakan di Taiwan, Pihak Mie Sedaap Angkat Bicara

Mie Sedaap Instant Kari Spesial Bumbu Kari Kental
Sumber :
  • seriouseats

VIVA Kuliner – Salah satu produk mi instan dari Indonesia Mie Sedaap dikabarkan dilarang edar di Taiwan. Alasan otoritas Bea dan Cukai Taiwan melarang masuknya mi instan tersebut lantaran tingkat kandungan residu pestisida di atas ambang batas dari yang telah ditentukan negara tersebut.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Hal ini menurut keterangan yang disampaikan oleh Taiwan Food and Drug Administration (FDA).  Selain produk Indonesia, mi instan yang berasal dari Filipina dan Jepang tidak diizinkan untuk masuk dan beredar di Taiwan. 

FDA Taiwan mengatakan, dalam laporan impor makanan terdapat 19 pengiriman yang ditolak oleh otoritas bea cukai, termasuk 7 pengiriman mi instan yang secara total mencapai 4.431 kg. FDA kini menahan kapal pengangkut mi instan dari Indonesia. 

Ambisi Militer Tiongkok Menggebrak Dunia: Melampaui Perang Dunia II?

Bahaya makan mie

Photo :
  • U-Report

Ramainya pemberitaan mengenai Mie Sedaap yang ditolak masuk oleh pihak Bea Cukai Taiwan, Marketing Manager Noodle Category Wings Food, Katrina Arintya Anindyantari angkat bicara.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

“Produk Mie Sedaap tidak mengandung residu pestisida. Penahanan Mie Sedaap di negara Taiwan tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Penahanan produk yang terjadi dikarenakan adanya perbedaan regulasi yang diterapkan oleh regulator setempat,” kata Katrina kepada VIVA melalui pesan singkatnya, Rabu 6 Juli 2022. 

Lebih lanjut, Katrina mengungkap selama 19 tahun hadir di Indonesia, Mie Sedaap telah mengantongi perizinan pangan dari badan terkait seperti Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia, Sertifikat Halal (MUI), Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan dan Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

Mie instan.

Photo :
  • Freepik

“Hal ini menunjukkan bahwa Mie Sedaap telah dikembangkan dengan standar produksi dan pengawasan yang ketat, serta memenuhi standar keamanan makanan di seluruh rantai pasokan. Sehingga, produk-produk Mie Sedaap aman dikonsumsi untuk masyarakat luas,” kata Katrina lebih lanjut.

Lebih lanjut, Katrina mengungkap  produk Mie Sedaap juga telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir. 

“Setiap negara memiliki perbedaan regulasi yang ditetapkan, namun kami telah memenuhi standar wajib untuk ekspor, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh sejumlah regulator terkait, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk,” kata dia. 

“Dengan ini kami menjelaskan bahwa Wings adalah perusahaan yang telah berdiri selama 74 tahun, visi kami adalah untuk menyediakan produk-produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia karena di Wings kami percaya bahwa all good things in life should be accessible for all,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya