Intip Rahasia Makanan Thailand Tom Yum Bisa Terkenal di Indonesia

Tom Yum
Sumber :
  • InterContinental Jakarta MidPlaza

VIVA Lifestyle - Negara Thailand merupakan negara yang kayak akan budaya dan juga kuliner. Banyak makanan dari Thailand yang terkenal di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Makanan Thailand yang sangat terkenal di Indonesia adalah Tom Yum.

Remake Makanan Thailand Versi Low Calorie, Jadi Menu Sehat dengan Cita Rasa Serupa

Tom yum adalah makanan sejenis sup yang memiliki ciri khas rasa asam dan segar. Tak heran jika makanan ini terkenal di Indonesia. Tom yum biasanya dibuat dengan udang, ayam, ikan, atau makanan laut yang dicampur dan jamur. 

Lantas, kenapa Tom Yum bisa sangat terkenal di Indonesia? Jawabannya tentu saja karena rasanya yang enak dan segar. Informasi itu juga dibenarkan oleh Bhornbhat Punngok, Direktur Kantor Atase Perdagangan Thailand di Jakarta. Sensasi asam dan segar dalam kuah Tom Yum menjadi daya tarik tersendiri.

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

"Karena rasa. Biasanya, orang Indonesia tidak terlalu suka asam. Tapi Tom Yum agak asam. Rasa yang berbeda dan sedikit baru. Mungkin itu sebabnya populer," kata Bhornbhat Punngok saat ditemui dalam acara pembukaan Experience Thailand 2022, di GrandLucky SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Juli 2022.

Menurut Bhornbhat, makanan Indonesia dan Thailand mungkin terlihat sama, tapi dari segi rasa berbeda. Menurutnya, makanan Thailand lebih menggabungkan banyak rasa. Selain Tom Yum, makanan Thailand lain seperti Pad Thai dan Tom Kha Gai juga terkenal di Indonesia.

Thailand Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dengan RI Melalui Promosi Produk Makanan

"Mungkin terlihat sama, tapi rasanya berbeda. Kami menggabungkan semua rasa, asam, asin, manis dan pedas menjadi satu. Jadi ketika mencoba menu thai akan ada kombinasi rasa ini. Dan kemudian rasa khusus, misalnya, tom yum sebenarnya semua rasa, tetapi yang menonjol adalah sedikit asam," katanya. 

Sebagai informasi, Experience Thailand 2022 menampilkan berbagai macam produk segar dan populer Thailand seperti buah, makanan ringan, minuman, bahan makanan, mie instan. Acara tersebut dilaksanakan di dua cabang GrandLucky Superstore (SCBD, Sudirman dan MOI, Kelapa Gading) mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Juli 2022. 

Experience Thailand 2022 akan menampilkan produk-produk unggulan Thailand. Dengan menyelenggarakan acara ini, Kementerian Perdagangan Pemerintah Kerajaan Thailand memiliki tujuan untuk mempromosikan hubungan erat antara Indonesia dan Thailand melalui dukungan ekonomi yang kuat, khususnya pada produk makanan dari Thailand. 

Acara pembukaan itu dihadiri oleh Yang Mulia, Bapak Prapan Disyatat (Duta Besar Thailand yang ditunjuk untuk Republik Indonesia), Ibu Bhornbhat Punngok (Direktur Direktur Kantor Atase Perdagangan Thailand, Jakarta) dan Bapak Christo Artiwinata (Merchandising Manager, GrandLucky Superstore). Ada demo masak makanan Thailand juga dari Tom Tom restoran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya