Mirip dengan Puding Cokelat, 9 Manfaat Buah Black Sapote

Kesemek hitam atau black sapote
Sumber :
  • flickr

VIVA Kuliner – Black sapote atau juga dikenal sebagai kesemek hitam terkenal karena memiliki rasa yang mirip dengan pudding cokelat. Hal ini dikarenakan warna dan tekstur buahnya yang mirip dengan coklat. Ini adalah sejenis buah tropis yang berasal dari Meksiko. Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat buah black sapote bagi kesehatan. Namun karena tanaman ini sekarang dibudidayakan di beberapa negara, semakin banyak orang yang mengetahui buah ini. Apalagi buahnya mengandung vitamin C.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Warna black sapote adalah hitam seperti namanya. Sedangkan bentuknya lebih cenderung ke tomat, yaitu bulat. Dapat tumbuh hingga 8 meter. Itu berasal dari spesies kesemek. Rasa buah yang matang seperti puding coklat. Tapi buah mentah rasanya pahit.

Saat ini ada tiga kultivar black sapote, yaitu kultivar Australia, kultivar Florida dan kultivar Filipina. Tanaman ini tumbuh baik di iklim subtropis atau tropis yang hangat. Dibutuhkan banyak ruang untuk menumbuhkannya. Untuk menanam sapot hitam, yang terpenting adalah posisi dan tanahnya. Ini membutuhkan tempat yang cerah dan lebih disukai tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik. Tanaman ini juga tahan terhadap tanah yang lembab. Karena itu, tidak perlu sering disiram. Buah black sapote biasanya dipanen mentah ketika warna kulitnya berubah dari hijau mengkilat menjadi hijau kusam.

Ramalan Zodiak Senin 22 April 2024, Virgo Dapat Perhatian dari Orang Asing

Berikut ini beberapa manfaat buah black sapote, dilansir dari Dr Health Benefits.

1. Kaya vitamin C

Ruben Onsu Tes Kesehatan Sampai 48 Kali, Curiga Ada yang Janggal Sama Penyakitnya

Vitamin C

Photo :
  • Times of India

Buah ini diketahui mengandung vitamin C. Oleh karena itu, membantu menjaga kesehatan tubuh. Ini melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, manfaat buah black sapote juga menjaga kesehatan kulit.

2. Anti-Oksidan

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah black sapote adalah mengandung anti oksidan yang baik. Oleh karena itu, membantu melawan efek radikal bebas, terutama yang berasal dari polutan. Ini membantu untuk menghindari pertumbuhan sel jahat di dalam tubuh. Ini memberikan pikiran yang tenang dan perasaan yang menyenangkan. Khasiatnya sama dengan Khasiat Teh Hijau Jepang untuk Kesehatan yang terkenal sebagai sumber anti oksidan.

3. Kekuatan tulang

Ilustrasi tulang

Photo :
  • Zheng Gu Shui

Buah black sapote mengandung kalsium, fosfor, zat besi, kalium. Mineral ini membantu memperkuat tulang. Hal ini dapat menghindari patah tulang dan menambah kepadatan massa tulang. Oleh karena itu, manfaat buah black sapote mampu meningkatkan kesehatan tulang.

4. Energi Instan

Kesemek hitam atau black sapote

Photo :
  • flickr

Karena rasa buah black sapote yang manis, maka mengandung kalori yang cukup untuk melakukan beberapa aktivitas. Selain itu, manfaat buah black sapote yang mengandung karbohidrat kompleks, sehingga dapat memberikan energi instan bagi tubuh.

5. Kaya akan Vitamin A

Buah black sapote

Photo :
  • flickr

Black sapote mengandung banyak vitamin A. Oleh karena itu, ini adalah sumber alami yang baik untuk vitamin A. Yang penting untuk mengembangkan pertumbuhan sel dan membawa visibilitas yang jelas.

6. Mata Sehat

Kesehatan mata.

Photo :
  • U-Report

Kandungan vitamin A membantu meningkatkan penglihatan. Oleh karena itu, manfaat buah black sapote dapat membantu menjaga penglihatan yang baik dan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, membantu untuk menghindari penyakit mata.

7. Meningkatkan Pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Photo :
  • Pixabay

Ternyata, manfaat buah black sapote memiliki kandungan serat. Oleh karena itu, meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan pencernaan yang cepat dan hanya menyerap nutrisi penting. Ini menghindari tubuh untuk menambah berat badan yang tidak perlu. Selain itu, mempertahankan gerakan peristaltik dan meningkatkan kerja usus.

8. Mencegah Sembelit

Manfaat buah black sapote mampu untuk meningkatkan pencernaan juga dapat membantu mencegah sembelit. Ia bekerja sebagai pencahar dan mengurangi asam di dalam perut. Oleh karena itu, membantu mengurangi rasa mual dan mengontrol perut untuk menghindari sakit maag.

9. Penurunan Berat Badan

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Manfaat buah black sapote ini mengandung karotenoid dan katekin, yang berfungsi untuk melepaskan lemak dan mengubahnya menjadi energi. Ini juga rendah lemak dan membantu menunda rasa lapar. Karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang jangka panjang karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu, baik untuk perawatan penurunan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya