7 Makanan Khas Indonesia, Nikmatnya Berasa Hingga Mancanegara

Rendang ala Dims The Meat Guy.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Kuliner – Makanan khas Indonesia ada beraneka ragam. Setiap daerah punya ciri khas makanan masing-masing. Ada daerah yang bercitarasa pedas kulinernya. Ada juga yang cenderung manis karena disesuaikan indera perasa warga setempat. Makanan khas Indonesia umumnya kaya bumbu, lezat dan rasanya tak pernah mengecewakan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Ya, Indonesia terkenal dengan kaya akan rempah-rempah. Sehingga, makanan yang disajikan pun luar biasa nikmatnya lantaran kelengkapan bumbu di Tanah Air. Tak jarang pula makanan khas Indonesia menjadi kuliner favorit wisatawan asing, lho.

Mau tahu apa saja makanan khas Indonesia? Berikut rangkumannya ya:

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

1. Rendang

Rendang Padang

Photo :
  • explorepartsunknown
Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Makanan yang satu ini menjadi salah satu sajian utama di setiap Rumah Makan Padang yang ada di seluruh penjuru negeri. Ya, apalagi kalau bukan rendang. Rendang merupakan masakan yang berasal dari Minangkabau, terbuat dari olahan daging yang dimasak dengan bumbu rempah.

2. Pempek

Pempek pistel

Photo :
  • simakterus.com

Makanan berbahan daging ikan dan tepung kanji ini konon sudah ada sejak abad ke-16. Pempek menjadi kuliner favorit masyarakat, karena punya rasa yang komplit.Pempek juga hadir dalam beberapa jenis, antara lain pempek lenjer, bulat, kulit ikan, dan yang paling terkenal adalah pempek kapal selam, yang berisi telur ayam. Penyajiannya jangan lupa dengan cuko ya biar lebih lezat, ya!

3. Bakso

Bakso sapi.

Photo :
  • U-Report

Makanan yang berupa bola daging ini biasanya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Kini, bakso hadir dalam jenis yang lebih variatif dan tidak selalu berbentuk bulat. Sudah ada kini bakso gepeng, bakso beranak, bakso jumbo dan lainnya. Satu porsi bakso biasanya akan disajikan dengan kuah kaldu dan diberi topping berupa mie, tahu, bawang goreng, dan seledri.

4. Rawon

Rawon Buntut

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Sup daging dengan kuah kental berwarna hitam ini merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa Timur. Warna hitam gelap pada rawon dihasilkan oleh kluwek dicampur dengan potongan daging sapi yang lembut. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, daun bawang, telur asin, dan daun kerupuk udang sebagai pelengkap.

5. Nasi Goreng

Nasi Goreng Jawa

Photo :
  • Bango.co.id

Rasa nikmat dari nasi goreng sudah diakui oleh dunia. Bahkan, pada tahun 2011 silam, nasi goreng menyabet peringkat kedua dalam daftar 50 Makanan Paling Enak di Dunia.

6. Gudeg

Gudeg khas Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Kalau berkunjung ke Jogja, rasanya kurang lengkap jika belum makan gudeg atau dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Gudeg Jogja terkenal dengan rasanya yang manis dan terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan. Makanan khas Jogja ini akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat, kuah santan kental, ayam kampung, tempe, tahu, dan telur.

7. Tengkleng

Tengkleng di Warung Sate Pak H.Bejo

Photo :
  • Dokumentasi Warung Sate Pak H.Bejo

Makanan berkuah yang terbuat dari tulang kambing ini memang selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Solo. Ada cerita menarik lho mengenai kuliner yang satu ini. Konon, di masa lampau hanya para bangsawan dan orang Belanda lah yang mampu menyantap daging kambing, sedangkan para juru masak dan pekerja hanya bisa makan kepala, kaki, dan tulang saja. Dari sanalah muncul ide untuk mengolah tulang-tulang dengan daging yang sedikit tersebut menjadi kuliner yang mirip dengan gulai kambing. Kemudian, terciptalah tengkleng dengan kuah yang lebih encer dibandingkan gulai.

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024