Ini Cara Membuat Ketupat dengan Mudah, Anti Gagal

Ketupat
Ketupat
Sumber :
  • vstory

VIVA Kuliner – Cara membuat ketupat memang banyak dicari khususnya mendekati waktu lebaran. Namun, tak jarang pula orang berjualan atau hanya sekedar membuat karena ingin makan ketupat. Cara membuat ketupat tentunya perlu dikenali dari membuat anyamannya. 

Apalagi, pada hari raya Idul Fitri atau Adha, ketupat kerap disajikan sebagai makanan bersama yang disantap bersama keluarga, dengan tambahan berbagai lauk-pauk yang nikmat. Tentunya, hal iji membuat kumpul semakin hangat dan menyenangkan.

Nah, ini dia cara membuat ketupat, jamin anti gagal :

Cara Membuat Ketupat Dengan Daun Kelapa

Ketupat.

Ketupat.

Photo :
  • U-Report

Cara membuat ketupat, kita harus terlebih dulu membuat bungkusnya. Umumnya, ketupat dibuat menggunakan daun kelapa sebagai bungkusnya.

Daun kelapa yang digunakan ialah bagian daun muda berwarna putih kekuningan atau yang biasa disebut dengan janur.

Berikut cara membuat ketupat dari daun kelapa muda yang bisa dilakukan:

1. Siapkan beberapa helai daun kelapa muda. Pilih yang berkualitas baik, lebar dan panjang. Buang bagian batang kelapa yang keras.

2. Ambil satu helai daun kelapa muda. Lalu gulung daun kelapa hingga 3 kali gulungan pada tangan kiri dengan posisi bawah daun menghadap ke atas.

3. Ambil daun satu lagi, gulungkan juga pada tangan kiri sebanyak tiga kali dengan sedikit ditekan oleh ibu jari. Namun kali ini, posisi pangkal daun harus menghadap ke bawah.

4. Buatlah kedua gulungan daun menjadi saling bersilangan, tetapi daun harus tetap dalam posisi tergulung. Ambil salah satu ujung daun dan putar ke belakang susunan daun tadi.

5. Masukkan ujung daun kelapa yang sudah diputar ke belakang tadi, ke bagian daun yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkannya adalah seperti sedang menganyam.

6. Teruskan anyaman sampai bagian bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung daun yang satunya lagi. Usahakan anyaman ketupat benar-benar rapat agar beras untuk ketupat tidak mudah tercecer saat proses memasak.

7. Pangkal daun yang sudah terletak di samping, harus langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal daun hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Cara Membuat Ketupat dengan Plastik

Cara membuat ketupat plastik

Cara membuat ketupat plastik

Photo :
  • cookpad.com

Jika cara bikin ketupat menggunakan daun kelapa muda (janur) terasa cukup sulit dan membutuhkan terlalu banyak waktu, Moms juga bisa kok membuat ketupat yang nikmat dengan cara praktis berbungkus plastik.

Meski bungkusnya berbeda, tetapi rasa ketupat bisa tetap nikmat, kok. Berikut caranya:

1. Cuci beras hingga bersih. Rendam kira-mira 10 menit dengan sedikit air .Masukkan beras ke dalam plastik tahan panas 1/2 bagian. Kamu bisa menggunakan pastik kecil ukuran 8 x 15 cm. Untuk 1 cup beras bisa jadi 3 ketupat.

2.Tutup plastik menggunakan lilin atau api. Pastikan rapat dan tidak ada lubang. Bisa juga menggunakan mesin press. Ulangi hingga beras habis. Untuk 1 kg beras bisa jadi 18 buah ketupat. 

3. Pengisian beras juga disesuaikan dengan jenis berasnya. Jika terlalu lembek bisa diisi lebih dari 1/2 bagiannya. Beri lubang di beberapa titik agar air dapat masuk saat ketupat direbus. 

4. Siapkan air dalam panci dan rebus selama 1 jam. Gunakan panci besar agar bisa merebus banyak sekaligus. Pastikan ketupat tenggelam dalam air.

5. Apabila menggunakan panci kecil yang hanya memuat maksimal 8 ketupat, maka harus di cek setiap 15 menit dan dibalik agar tidak gosong karena menempel permukaan panci. Selalu tambahkan air juga agar ketupat terus terendam. 

6. Setelah tidak terlihat butiran beras atau nasi pada permukaan ketupat. Angkat dan tiriskan. Diamkan hingga dingin agar mudah dipotong. 

Cara Membuat Ketupan dengan Rice Cooker

Ketupat.

Ketupat.

Photo :
  • U-Report

Cara ini tentu lebih mudah, layaknya memasak nasi seperti biasanya. Inilah bahan-bahan dan cara bikin ketupat di rice cooker atau magicom.

Bahan :

Siapkan mentah ketupat yang sudah dibuat. 

1 liter air

Cara membuat : 

1. Rendam beras beras selama 30 menit, lalu cuci dan tiriskan airnya.

2. Masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam kulit ketupat. Isi 2/3 bagian saja, karena nanti beras akan mengembang dan memenuhi kulit ketupat.

3. Siapkan rice cooker. Setelah itu, masukkan ketupat dan tuang air sampai terendam seluruhnya.

4. Nyalakan magicom dan biarkan ketupat masak selama kurang lebih 3 jam.

5. Setelah ketupat matang, angkat dan tiriskan airnya. Tunggu sampai dingin dan ketupat magicom siap dihidangkan.

Tips Membuat Ketupat

Ketupat lebaran.

Ketupat lebaran.

Photo :
  • U-Report

Nah, setelah menyimak beberapa cara membuat ketupat di atas, ada beberapa trik pula yang harus diperhatikan saat membuat ketupat, yaitu:

1. Pilihlah janur atau bahan pembungkus yang baik. Janur yang memiliki kualitas bagus merupakan janur yang masih berwarna hijau muda kekuningan dan yang masih berusia muda.

2. Pilihlah janur yang lebar juga panjang.

3. Jika memilih tempat ketupat yang sudah jadi, pilihlah wadah anyaman ketupat yang rapat dan rapi dengan lebar janur beragam. Pasalnya, jika renggang akan membuat beras berhamburan dan lembek.

4. Pilih anyaman ketupat yang ukurannya sama. Hal ini bertujuan agar ketupat matang merata dan bersamaan.

5. Gunakan beras yang pulen. Karena beras yang pera biasanya masih menyisakan buliran nasi.

6. Lalu, saat mengisikan beras ke dalam bungkus ketupat, pastikan anyaman ketupat tertutup rapat lagi agar beras tidak keluar ketika direbus.

7. Sebelum merebus ketupat yang sudah berisi beras, didihkan terlebih dahulu air dalam panci besar. Siapkan air mendidih sekiranya hingga seluruh ketuoat terendam. Setelah air mendidih, rebus ketupat selama 4-5 jam dengan api sedang. Pastikan seluruh bagian ketupat terendam, karena jika tidak akan membuatnya lembek dan mudah basi.

8. Setelah matang, bersihkan lendir pada bagian luar ketupat dan tiriskan ketupat. Cukup antung ketupat pada tempat terbuka dan buarkan terkena angin. Hal ini bertujuan agar ketupat tidak mudah basi. Untuk itu, pastikan ketupat matang tidak ada air yang tersisa.