10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Bercita Rasa Tinggi

Ikan ArsikMasakan khas danau Toba
Ikan ArsikMasakan khas danau Toba
Sumber :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

VIVA Lifestyle – Makanan khas Sumatera Utara sangat nikmat. Makanan khas Sumatera Utara umumnya bercita rasa pedas dan gurih. Makanan khas Sumatera Utara saat ini sudah banyak dijajakan tak hanya di daerah Sumatera Utara saja. Bahkan daerah Jabodetabek juga banyak yang menyediakan makanan khas Sumatera Utara karena cita rasanya yang menggugah selera.

Penasaran apa saja makanan khas Sumatera Utara yang banyak diidolakan para pecinta kuliner? Ini daftarnya:

1. Anyang Pakis
Pecinta sayur pasti sudah menunggu-nunggu makanan ini. Namanya Anyang Pakis, terbuat dari tanaman pakis atau paku kemudian diberi tambahan berupa olahan kelapa yang disangrai, hingga mirip serundeng.
Tak dipungkiri rasanya begitu gurih dan kaya rempah karena terdapat daun jeruk, ketumbar, serai, dan bawang merah yang dihaluskan dan disangrai bersama parutan kelapa serta tanaman pakis yang sebelumnya sudah dikukus.

Kamu juga bisa menambah jenis sayuran lain pada masakan ini seperti, kacang panjang, daun papaya, atau tauge yang terlebih dahulu harus dikukus sebelum ditumis bersama bumbu lainnya.

2. Mie Gomak
Sesuai dengan namanya, mie gomak merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar mie. Namun mie yang kerap digunakan adalah mie lidi atau mie besar. Dinamai mie gomak, karena dalam sejarah pembuatannya mie ini dilakukan dengan cara digomak-gomak atau digenggam dengan tangan. Walaupun saat ini tidak lagi dibuat dengan cara seperti itu.

Mie gomak bisa dibuat dengan dua cara pengolahan, yakni dengan cara basah dan berkuah gurih atau dengan cara digoreng. Seperti umumnya ciri khas masakan Sumatera Utara, mie gomak dibuat dengan tambahan bumbu andaliman untuk mempertajam rasa pedasnya.

3. Natinombur
Natinombur merupakan jenis masakan ikan yang disiram bumbu di atasnya. Sebutan Natinombur berasal dari kata tombur yang berarti direbus.

Berdasarkan legenda pembuatnya, untuk membuat bumbu dari masakan ini harus direbus dulu sebelum dihaluskan baru ditaburkan di atas ikan yang sudah dibakar. Namun seiring berjalannya waktu, pengolahan bumbu tidak lagi dengan cara direbus melainkan ditumis. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, jeruk nipis, andaliman, jahe dan kemiri yang dihaluskan lalu ditumis. Jenis ikan mas dan mujair merupakan yang terbaik untuk masakan Natinombur.