9 Oleh-oleh Semarang yang Terkenal Enak Pol dan Wajib Dibeli !

Lumpia Semarang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Saat bepergian ke luar kota, rasanya sayang jika harus melewati berbagai hal unik yang ada di kota tersebut. Seperti salah satunya oleh-oleh yang wajib dibeli saat berkunjung ke suatu tempat.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali yang Jangan Sampai Terlupakan, Awet dan Kekinian

Bepergian ke luar kota seperti Semarang salah satunya, tentu tidak akan melewati berbagai momen seru dan menarik di kota tersebut.  Seperti halnya momen membeli oleh-oleh khas Semarang. Mampir sejenak ke pusat oleh-oleh kota tersebut, rasanya wajib hukumnya.

Ilustrasi wisata di Semarang.

Photo :
Ramadhan di Singapura: Takjil Lezat dan Oleh-oleh Berlimpah, Ini Tempatnya!

Semarang yang merupakan ibukota Jawa Tengah ini mendapat julukan sebagai kota wisata. Di kota ini, rupanya terdapat banyak berbagi jenis wisata yang menarik untuk disambangi. Dan mungkin hanya segelintir orang saja yang baru mengetahuinya.

Selain puas menikmati berbagai wisata menarik yang ada di kota Semarang, tentu jangan lupa ketinggalan membeli oleh-oleh Semarang untuk kamu bawa pulang dan diberikan kepada orang-orang yang tercinta.

Pulang dari Jepang, Ria Ricis Berikan Langsung Oleh-oleh ke Teuku Ryan

Lantas, oleh-oleh Semarang apa saja yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke kota wisata tersebut? Berikut ini akan kami beritahu pusat oleh-oleh Semarang yang wajib Anda singgahi.

Suasana Kota Semarang

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Oleh-oleh Semarang

Sama seperti kota wisata di Jawa Tengah Lainnya yang memiliki beragam oleh-oleh menarik yang bisa dibawa pulang, kota Semarang juga punya.

Dari sekian banyaknya oleh-oleh Semarang, ada beberapa yang hanya menawarkan citarasa yang menggugah selera dan pastinya harus Anda beli. Pasalnya harga yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau, dan dijamin tidak bakal bikin kantong kamu jebol. Apa saja?

Lumpia Gang Lombok

Oleh-oleh khas Semarang, Lumpia Gang Lombok

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Tidak hanya di Jogja, Semarang juga memiliki lumpia yang sayang untuk Anda lewati begitu saja. Diketahui, lumpia merupakan sala satu kuliner khas Semarang yang kehadiranya sudah tak diragukan lagi. Terlebih lumpia yang ada di Semarang ini. Pasalnya, lumpia di sini memiliki cita rasa yang wueeeeeenak dan pastinya berbeda dari lainnya.

Lumpia khas Semarang memiliki ciri berbedaa dari lainnya, yakni isiannya yang terbuat dari rebung. Salah satu gerai lumpia yang populer di Semarang adalah Lumpia Gang Lombok. Saking populernya, tempat ini menjadi pusat oleh-oleh Semarang. Gerai ini sudah lama berdiri, konon katanya sudah ada sejak sebelum masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Wingko Babad Cap Kereta Api

Wingko Semarang

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno /VIVA.co.id

Selanjutanya tak lain tak bukan, ad wingko babat yang menjadi salah satu kuliner khas Semarang yang juga populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.  Tempat untuk membeli wingko yang paling populer adalah Wingko Babad Cap Kereta Api.

Di pusat oleh-oleh Semarang yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu ini, kamu bisa menemukan beragam rasa wingko khas Semarang. Mulai dari yang rasa original, keju, cokelat, durian, dan lain sebagainya.

Lokasinya juga dekat dengan Stasiun Tawang Semarang karena hanya membutuhkan waktu sekitar 7 - 10 menit saja untuk sampai ke pusat oleh-oleh Semarang ini.

Bandeng Juwana

Bandeng presto.

Photo :
  • U-Report

Jika kamu bosan dengan yang manis-manis, kamu bisa mencoba ke pusat oleh-oleh Bandeng Juwana Semarang.  Semarang juga terkenal dengan oleh-olehnya Bandeng Juwana.

Pusat oleh-oleh Semarang ini menawarkan bandeng presto khas Semarang. Ikan bandeng yang dijual di sini ukurannya cukup besar. Meski demikian, harganya sangat terjangkau. Tak hanya bandeng presto saja, di sini juga ada kuliner tradisional lainnya yang bisa Moms pilih untuk dibawa pulang.

Brownies Opium 

Brownies panggang

Photo :
  • Cookpad.com

Rekomendasi oleh-oleh Semarang selanjutnya ada Brownies Opium. Brownies satu ini memiliki ukuran kecil, dengan tekstur lembu, dan padat. Meskipun kecil, brownies ini memiliki rasa yang melebur dan menggoyang lidah. Terdapat varian rasa brownies yang patu dicoba, yakni pandan, vanila, pisang dan cokelat almond.

Kopi Banaran

Ilustrasi Biji Kopi

Photo :
  • Pexels

Memiliki beragam jenis oleh-oleh, Semarang juga memiliki jenis kopi yang khas dan sayang untuk dilewati. Kopi Banaran salah satunya. Jenis kopi ini berasal dari perkebunan kopi di kecamatan Jambu, Semarang. Kopi Banaran ini mirip dengan Kopi Toraja atau Kintamani.

Tahu Petis

Tahu petis dan lumpia Semarang Yudhistira.

Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

Oleh-oleh khas Semarang yang terkenal adalah tahu petis dan tahu bakso Ungaran. Tahu petis ini seperti tahu goreng biasa. Tetapi bagian tengah tahu dipotong lalu dimasukkan petis. Petis ini terbuat dari udang dan bumbu pedas.

Moachi

Mochi.

Photo :
  • Pixabay/skeeze

Masih dengan pusat oleh-oleh Semarang yang dekat dari Stasiun Tawang, ada Toko Moachi Gemini yang bisa pelancong kunjungi. Mochi menjadi salah satu kuliner khas Semarang yang sangat populer.

Berbeda dengan mochi dari Jepang, mochi Semarang ini punya ciri khas yang unik, yakni bagian luarnya yang dilapisi dengan biji wijen sangrai sehingga aromanya sangat wangi. Untuk jenis isiannya bisa beragam, ada isian kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, cokelat, keju, dan lain sebagainya. Harganya juga sangat terjangkau.

Ikikuwi

Ilustrasi Hadiah saat Valentine

Photo :
  • Mulsk Beauty

Selain jenis makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, tak jarang para pelancong kerap membelikan tanda mata dengan berupa barang. Dan Ikikuwi bisa menjadi salah satu pilihan untuk beli oleh-oleh khas Semarang.

Ikikuwi menjadi salah satu pusat oleh-oleh Semarang yang menyediakan beragam souvenir khas Semarang dengan bentuk dan desain yang sangat menarik. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau juga. Beberapa souvenir tersebut seperti gantungan kunci, magnet, tote bag, dompet batik, notes, gelas, tas, dan masih banyak lagi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya