Cara Kreatif Kemasan Cokelat Bangkitkan Pariwisata

Peluncuran KitKat kemasan pariwisata.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA Kuliner – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 pada 17 Agustus 2022 dan Hari Pariwisata Sedunia pada September mendatang, KitKat meluncurkan kemasan spesial pariwisata yang bertemakan destinasi super prioritas Indonesia yaitu Borobudur, Mandalika, Likupang, Danau Toba, dan Bali.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kemasan ini merupakan hasil desain karya anak bangsa melalui kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge: Destinasi Ter-Indonesia Lo!. Peluncuran ini diharapkan bisa membantu desainer Indonesia untuk menampilkan keindahan dan kebudayaan Indonesia melalui kreasi mereka.

“Sambut HUT RI dan hari pariwisata destinasi prioritas Indonesia kemasan ini hasil desain anak bangsa melalui kompetisi. Kolaborasi KitKat dengan Kemenparekraf, kami berharap kompetisi ini dapat dukung desainer Indonesia yang terus tampilkan keindahan dan kebudayaan Indonesia melalui kreasi mereka,” kata Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar kepada awak media saat ditemui di Ayana Mid Plaza Jakarta Pusat, Senin 15 Agustus 2022.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkap bahwa peluncuran kemasan desain cokelat dengan tema destinasi Indonesia diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berlibur ke destinasi super prioritas Indonesia.

“Kampanye yang dimulai dengan program KitKat Breakreasi Design Challenge merupakan kampanye yang mendukung pariwisata, karena menghadirkan desain-desain destinasi pariwisata, dan turut mendukung sektor kreatif dengan melibatkan dan memotivasi desainer-desainer untuk berkarya dan berinovasi dalam membantu membangkitkan pariwisata Indonesia,” kata Sandi.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Selain itu, dengan adanya kolaborasi ini juga bisa menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi Indonesia.

Peluncuran KitKat kemasan pariwisata.

Photo :
  • VIVA/Isra Berlian

“Ini bentuk kolaborasi yang menjadi bagian penciptaan destinasi wisata yang akan semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia dan juga menjadi bagian dari 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru bergandengan tangan bersama dengan pentahelix di tahun 2024,” ungkap Sandi.

Sandi juga mengungkap bahwa desain kolaborasi ini bisa menjadi salah satu souvenir yang bisa dibawa para wisatawan yang berkunjung ke lima destinasi prioritas.

“Bisa jadi souvenir ke Danau Toba, Mandalika Labuan Bajo, Borobudur, terutama Bali. (Bisa beli) di bandara kayak collectable item,” ungkap Sandiaga.

Nantinya, cokelat dengan desain terbatas ini akan dijual sebanyak 3.000 di 5.000 store di Indonesia mulai hari ini.

“Penjualan kita sebar ke toko-toko di seluruh Indonesia termasuk supermarket, lokal supermarket, mini market lokal dan kita punya eksklusif kerja sama dengan Indomaret. Kita akan siapkan di destinasi pariwisata dan di lima destinasi prioritas,” kata Ganesan.

Untuk diketahui, pemenang utama 1 dengan desain Bali, dimenangkan oleh Irdina Junaida asal Kediri. Pemenang utama 2 dengan desain Danau Toba, dimenangkan oleh Jacqueline Emanuella asal Bandung. Pemenang utama 3 dengan desain Likupang, dimenangkan oleh Maria Magdalena Adinda P asal Yogyakarta.

Pemenang utama 4 dengan desain Mandalika, dimenangkan oleh Iwan Nugraha asal Bandung. Pemenang utama 5 dengan desain Borobudur, dimenangkan oleh Galang Dwiki Setya Mulyadi asal Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya