Kunci Nikmatnya Sajian Khas Aceh, Masak Pakai Kuali Super Besar

Masakan Aceh
Masakan Aceh
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Kenikmatan masakan Aceh sudah diakui oleh masyarakat Indonesia bahkan bukan hanya dari asalnya saja, namun oleh masyarakat dari berbagai daerah lainnya. Menu makanan Aceh biasanya juga terkenal “nagih” dan “ngangenin.” 

Rumah makan khas Aceh tidak cukup banyak tersebar di Jakarta oleh karena itu, Kanabu yang berlokasi di Jl Bendungan Hilir No 44A hadir untuk memberikan hidangan masakan Aceh yang sangat nikmat dan menggugah selera. Serta, untuk mengobati rasa kangen terhadap masakan Aceh. 

“Kami ingin membawa cita rasa masakan Aceh asli ke Ibukota. Selain itu kami juga mendekor restaurant Kanabu dengan pelaminan khas Aceh yang bisa menjadi salah satu objek foto para pengunjung. Kanabu hadir untuk mengobati rasa rindu masyarakat Jabodetabek dengan makanan khas Aceh," ujar Teuku Fitriansyah selaku Store Manager dari Kanabu, dalam keterangan persnya.

Ketika harus menyebutkan menu khas dari Aceh yang sudah terkenal dan menjadi ikon adalah Mie Aceh. Namun, variasi menu makanan khas Aceh bukan hanya Mie Aceh saja, namun masih banyak sekali menu khas lainnya yang dimiliki. Kanabu menawarkan berbagai menu khas Aceh lain yang menjadi andalan diantaranya Ayam Tangkap, Kari Kambing, Daging Tangkap, Kari Bebek, Ikan Kayu (Keumamah) dan Sambal Ganja. 

Menu-menu lainnya juga ditawarkan oleh Kanabu Resto dengan resep dan bumbu-bumbu khas Aceh. Keunikan dari restoran Aceh di Ibu Kota ini terlihat dari tempat memasaknya yang begitu besar dan terletak di depan restoran sehingga aroma rempah yang begitu harum mampu menggoda masyarakat yang melewatinya.

"Tempat masak di depan jadi daya tarik untuk masyarajat yang lewat. 'Oh ini apa ya kok ada kuali besar'. Tujuan kita untuk promosikan kari kambing sendiri. Proses masak juta aromanya tercium," tambah Teuku.

Kari kambing yang merupakan menu andalan dibuat secara unik yaitu di satu kuali yang sangat besar yang dapat memuat 30-40 kg daging kambing dan 100 liter kuah kari. Masakan ini menggunakan lebih dari 20 macam rempah yang orang Aceh sering menyebutnya “Kuah Beulangong” dan daging yang digunakan oleh Kanabu yaitu daging kambing tanpa tulang dengan potongan besar.