4 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan Praktis

Yoghurt dan buah beri
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Kuliner – Cara membuat yoghurt bisa dibilang mudah dilakukan oleh siapa saja. Yoghurt sendiri merupakan sebuah produk olahan susu yang dibuat lewat fermentasi bakteri. Yoghurt kerap dijadikan sebagai salah satu campuran dalam makanan yang kaya akan protein, vitamin B, dan mineral penting. Penyajian yoghurt biasanya dicampur dengan buah segar atau salad. 

Kenali Pentingnya Konsumsi Multigrain Saat Sarapan

Perpaduan rasa manis dan asam akan membuat yoghurt digemari oleh banyak kalangan. Tapi sayang, banyak produk kemasan yoghurt siap minum yang dijual di pasaran belum tentu menyehatkan tubuh. Sebab, saat ini ada banyak produk tersebut yang mengandung pengawet dan juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. 

Bila kamu ingin menjamin kandungan yoghurt tetap sehat dan alami, membuat yoghurt sendiri di rumah adalah solusinya. Cara membuat yoghurt ini un sangat mudah dilakukan dan hasilnya tidak kalah enak dengan merek yoghurt terkenal. Dengan membuat yoghurt sendiri tentu kamu bisa menjaga kesehatan lewat olahan alami tanpa campuran bahan kimia atau pengawet. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Untuk itu, berikut ulasan tentang cara membuat yoghurt seperti dikutip VIVA dari Cookpad. 

1. Cara Membuat Yoghurt Sendiri

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Yoghurt.

Photo :
  • U-Report

Alat-alat:

  • Slow Cooker
  • Termometer (opsional)
  • Mangkok
  • Sendok

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu sapi pasteurisasi
  • 80 ml yoghurt plain

Cara membuat:

1. Siapkan bahan-bahan yang akan dimasak.

2. Tuangkan susu ke dalam pot slow cooker, tutup.

3. Panaskan susu set ke angka 1 (di bawah 79°C) selama 2,5 jam. Disarankan untuk memakai timer agar waktunya ter-set dengan tepat (opsional).

3. Turunkan suhu susu setelah dimasak selama 2,5 jam dan set ke angka 0. Kemudian tunggu kurang lebih 3 jam. Setelah waktu tunggu penurunan suhu mencapai 2-2,5 jam, keluarkan starter yoghurt dan tunggu agar suhunya mencapai suhu ruangan.

4. Angkat skim susu dan sisihkan skim susu yang mengapung di atas permukaan susu.

5. Campurkan starter dan susu bila dirasa susu sudah hangat (jika diteteskan ke punggung tangan terasa hangat) atau jika diukur menggunakan termometer suhunya diantara 40°-50°C maka inilah saat yg tepat untuk mencampurkan starter yoghurt dan susu.

6. Peras dengan memakai handuk/kain untuk membungkus pot slow cooker. Simpanlah di tempat yang hangat, seperti oven/microwave, lemari, dll. Tunggu hingga 8-20 jam.

7. Biasanya yoghurt dibuka setelah 14 jam. Teksturnya lumayan kental dan rasanya sudah masam. Menandakan fermentasi berhasil. Taruh yoghurt ke dalam wadah kaca steril dan simpan di dalam kulkas. Yoghurt bisa tahan hingga 2 minggu.

2. Cara Membuat Yoghurt Plain

Yoghurt dan buah beri

Photo :
  • Unsplash

Bahan-bahan:

  • 800 ml susu full cream
  • 80 ml yogurt plain

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan. Perbandingan bibit yogurt dan susu adalah 1: 10.

2. Siapkan peralatan yang akan digunakan sebagai tempat menyimpan yogurt, alat pengaduk, sendok dan lain-lain. Peralatan sudah dicuci bersih dan steril ya. Cara sterilkan peralatan bisa hanya diguyur air panas, atau dicelupkan dalam panci yg berisi air yg sudah mendidih. Lalu keringkan semua peralatan dengan lap bersih atau tisu bersih.

3. Panaskan susu hingga muncul buih-buih kecil, kurleb 4 menit. Tidak sampai mendidih. Diamkan hingga susu dalam keadaan hangat suam-suam kuku.

4. Siapkan wadah yang sudah steril dan kering, tuang yogurt ke dalam wadah dan ratakan ke seluruh sisi wadah. Tuangkan susu hangat ke wadah berisi yogurt. Aduk secara perlahan pelan-pelan hingga tercampur rata. Tutup rapat wadah.

5. Diamkan selama kurleb 8 jam, letakan diatas magic com supaya hangat. Atau cara lainnya bisa bungkus wadah dengan kain dan taruh di dalam oven yang dalam keadaan mati selama kurang lebih 10-12 jam.

6. Setelah 8 jam tekstur yogurt akan mengental, boleh disimpan ke dalam kulkas atau langsung digunakan. Yogurt plain siap digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

3. Cara Membuat Yoghurt Tanpa Gula

Smoothie pisang dan yoghurt.

Photo :
  • Philips Indonesia

Bahan-bahan:

  • 1 liter Susu UHT Full cream
  • 150 gram Plain Yogurt 
  • Air panas

Barang yang dibutuhkan:

  • Panci dan tutupnya
  • Gelas ukur
  • Handuk atau erbet
  • Mangkuk
  • Sendok makan
  • Sendok sayur
  • Termometer (kalau tidak punya juga tidak apa)

Cara membuat:

1. Rebus air di panci, rendam handuk, mangkuk, sendok dan termos dengan air panas.

2. Siapkan yogurt dan susu, simpan yogurt di dalam termos agar tidak ada bakteri yg masuk, biarkan suhu ruang.

3. Tuang susu ke dalam panci yang sudah di sterilkan, rebus susu dengan api sedang. Aduk susu hingga 90°C atau hingga mendidih.

4. Tutup panci dan balutkan dengan handuk, biarkan 1 jam.

5. Buka tutup panci tes kehangatannya bila sudah di suhu 45°C atau hangat kuku, masukan yogurt yang sudah suhu ruang.

6. Aduk yogurt hingga tercampur, lalu masukan susu ke dalam termos yang sudah di sterilkan, tutup termos dan balutkan dengan handuk yang hangat.

7. Simpan di tempat yang tertutup dan gelap biarkan selama 20 jam (Bisa di belakang kulkas, di dalam oven, rice cooker atau di dalam lemari, yang penting jangan terkena sinar matahari dan terguncang).

8. Pindahkan yogurt ke dalam kontainer atau tempat kue simpan di kulkas agar lebih padat.

9. Sajikan dengan buah-buahan, minuman dan lain-lain. Selamat mencoba!

4. Cara Membuat Yoghurt Buah

Ilustrasi yoghurt

Photo :
  • Pixabay

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu ultra full cream
  • 80 ml biang yoghurt biokul
  • 1 sachet Dancow
  • Secukupnya mangga dan buah naga (potong sesuai selera)

Cara membuat:

1. Cuci bersih semua peralatan yang akan dipakai agar semuanya steril.

2. Didihkan susu, sambil diaduk dan diamkan sampai susu hangat kuku atau sekira 40 derajat.

3. Campur susu Dancow dengan biang yoghurt biokul, lalu kasih sedikit susu yg udah hangat tadi,aduk sampai tidak ada yang bergerindil.

4. Kemudian masukan campuran biokul tadi kedalam susu hangat sambil disaring, lalu aduk sampai rata.

5. Lalu pindahkan susu kedalam wadah yang tertutup, bungkus dengan handuk dan simpan di tempat dengan suhu ruang dan aman tidak mudah bergeser selama 20 jam.

6. Setelah 20jam, potong-potong buah masukan potongan buah kedalam botol, lalu siram dengan yoghurtnya, baru simpan di kulkas. Setelah dingin siap dinikmati bersama keluarga.

Pakar politik Adi Prayitno dalam acara Dua Sisi tvOne.

Perlu Kementerian Khusus Urus Program Makan Siang dan Susu Gratis

Dosen Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno memandang perlu kementerian khusus yang mengurus program Makan Siang dan Susu Gratis oleh Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024