Tips Memasak Santan agar Tidak Pecah

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

VIVA Lifestyle – Santan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan khas kuliner Indonesia. Sebut saja rendang, sayur lodeh, opor ayam, ada juga soto betawi hingga minuman cendol juga menggunakan santan. 

Rahasia Rendang Amboi! 5 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Pengolahan

Seiring waktu penggunaan santan pun menjadi semakin praktis dengan adanya santan dalam kemasan, sehingga tidak perlu lagi direpotkan dengan memarut kelapa. 

Namun saat memasak menggunakan santan, seringkali dihadapkan dengan santan yang pecah sehingga rasa santan menjadi hambar. 

Masak Rendang Anti Ribet! Chef Rudy Bongkar Trik Masak Rendang 20 Menit

Food Content Creator dan Founder Natural Cooking Club (NCC), Fatmah Bahalwan memberikan tips agar saat memasak santan tidak pecah. 

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

"Misalnya saat memasak sayur lodeh, pastikan memasukkan santan saat airnya sudah mendidih. Jadi lodehnya dimasak dengan air dulu, masukan bumbu, sayurannya lalu biarkan mendidih. Nah setelah mendidih, baru masukan santannya, jangan lupa diaduk," kata dia belum lama ini. 

Selain itu, sambung dia, sesuaikan juga air dan berapa banyak masakan yang akan dibuat. Apabila hanya satu panci, yang kuahnya satu liter gunakan santan kemasan ukuran 65 mililiter. 

ilustrasi olahraga lari.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak, jangan lupa melakukan aktivitas olahraga agar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024