Tips Memasak Santan agar Tidak Pecah

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

VIVA Lifestyle – Santan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan khas kuliner Indonesia. Sebut saja rendang, sayur lodeh, opor ayam, ada juga soto betawi hingga minuman cendol juga menggunakan santan. 

Datang ke Indonesia, Jessie J Penasaran Pengin Cobain Rendang yang Mendunia

Seiring waktu penggunaan santan pun menjadi semakin praktis dengan adanya santan dalam kemasan, sehingga tidak perlu lagi direpotkan dengan memarut kelapa. 

Namun saat memasak menggunakan santan, seringkali dihadapkan dengan santan yang pecah sehingga rasa santan menjadi hambar. 

Kekayaan Alam hingga Kuliner Jadikan Sumbar Destinasi Wisata Halal Terdepan 

Food Content Creator dan Founder Natural Cooking Club (NCC), Fatmah Bahalwan memberikan tips agar saat memasak santan tidak pecah. 

BRI & Exquisite’s Berikan Penghargaan pada Restoran Terbaik 2024 di Indonesia

"Misalnya saat memasak sayur lodeh, pastikan memasukkan santan saat airnya sudah mendidih. Jadi lodehnya dimasak dengan air dulu, masukan bumbu, sayurannya lalu biarkan mendidih. Nah setelah mendidih, baru masukan santannya, jangan lupa diaduk," kata dia belum lama ini. 

Selain itu, sambung dia, sesuaikan juga air dan berapa banyak masakan yang akan dibuat. Apabila hanya satu panci, yang kuahnya satu liter gunakan santan kemasan ukuran 65 mililiter. 

Tongseng kambing.

Mau Bikin Tongseng Daging Kambing Versi Lebih Sehat? Yuk Simak Tipsnya!

Banyak cara mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat. Salah satunya dengan membuat tongseng yang gurih, pedas, dan nikmat bila disandingan dengan nasi hangat.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2024