8 Oleh-Oleh Khas Padang, Kuliner Lezat dari Tanah Sumbar

Rendang
Sumber :
  • instagram sukmawati_rs

VIVA Kuliner – Oleh-oleh khas Padang terkenal dengan rasanya yang gurih dan unik. Tak hanya kaya akan keindahan alam dan wisata sejarahnya, namun kota yang berlokasi di Sumatera Barat ini juga memiliki kuliner yang tak ada duanya, khususnya untuk oleh-oleh. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Masalah kuliner, tanah Minangkabau ini tentu sudah tidak diragukan lagi rasanya. Terlebih lagi, saat ini untuk oleh-oleh, pihak penjual makanan telah mengemas oleh-oleh sedemikian rupa cantik dan aman, sehingga mudah dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung dari luar daerah. 

Untuk kamu yang sedang atau akan berwisata ke Padang, yuk simak 8 oleh-oleh khas Padang yang telah dirangkum Viva dari berbagai sumber. 

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Oleh-Oleh Khas Padang
Aneka Olahan Rendang

Bumbu rendang buatan industri rumah milik seorang warga di Payakumbuh, Sumatera Barat, yang akan diekspor ke Jerman.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Asal Minang Lebih Banyak dari Penduduk Sumbar

Rendang merupakan makanan khas Padang yang populer karena rasanya yang enak. Kita mungkin mengenal rendang terbuat dari daging sapi, padahal di daerah asalnya rendang bisa dibuat dari berbagai bahan baku. Beberapa varian rendang yang bisa kamu beli saat berkunjung ke Padang, antara lain; rendang daging sapi dan rendang telur. Makanan yang satu ini cocok menjadi oleh-oleh karena tahan lama, sehingga aman jika dibawa bepergian jarak jauh. 

Selain memiliki berbagai varian, rendang juga diolah menjadi bentuk makanan lain. Salah satu inovasi dari rendang yaitu roti rendang. Makanan ini juga cocok menjadi oleh oleh khas Padang. Roti rendang merupakan roti yang diisi dengan rendang.

Jenis roti rendang juga sangat bervariasi, mulai dari roti rendang sapi, roti rendang daging ayam, hingga roti rendang kacang merah. Jika ingin mencicipi makanan ini, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Padang. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar Rp6000 per bungkus. 

Keripik Balado

Keripik Balado Padang

Photo :

Panganan berupa keripik balado adalah oleh-oleh khas yang bisa dibawa dari Kota Padang. Jika berada di kota ini, keripik balado adalah salah satu camilan yang dapat dengan mudah untuk ditemui. Citarasa dari keripik balado ini juga lezat dan khas saat dinikmati. 

Dengan tampilannya yang menggugah selera juga menjadikan oleh oleh ini semakin digemari. Harga dari camilan ini juga cenderung ramah untuk kantong dan tentunya akan tahan lama jika ingin diberi ke sanak saudara. 

Galamai

Galamai khas Payakumbuh.

Photo :
  • U-Report

Galamai adalah sajian populer yang ada di daerah Padang. Namun pada umumnya, makanan yang satu ini dapat dikatakan mirip dengan dodol atau juga jenang dari daerah lainnya. Namun bahan dasar dari galamai sendiri memiliki perbedaan dengan jenis camilan lain tersebut. Bahan untuk membuat galamai adalah tepung beras ketan, kacang tanah, gula aren dan juga santan. Dari perpaduan bahan bahan inilah yang menjadikan rasa galamai sangat lezat.

Hal yang membuat galamai beda dengan dodol adalah kacang tanah yang digunakan sebagai bahan dasar campuran. Sementara jika dilihat dari proses pembuatannya, galamai terbilang mirip dengan dodol atau jenang pada umumnya. Untuk membeli jenis oleh oleh yang satu ini juga terbilang mudah untuk ditemui. Kemasan yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hendak membelinya, karena akan lebih apik diberi untuk oleh-oleh.

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek khas Sumbar

Photo :

Di berbagai wilayah lain, kerupuk ini bisa disebut juga kerupuk kulit. Nah, ini juga salah satu oleh-oleh khas Padang yang tidak boleh terlewat. Biasanya, kerupuk ini juga akan dinikmati bersama dengan sajian lainnya yang cenderung berat. Sebut saja sajian berupa hidangan berupa bakso, nasi goreng, sate padang dan juga soto. Produk ini sendiri biasanya terbuat dari bahan kulit sapi atau kulit kerbau yang telah diolah sedemikian rupa.

Bentuk dari kerupuk jangek sendiri terbilang beragam. Mulai dari kerupuk berbentuk kotak hingga persegi yang dapat kamu temui di kawasan tersebut. Dengan tambahan bumbu pada bagian luar kerupuk ini juga menjadikan camilan istimewa ini semakin diminati.

Tidak sedikit pendatang dari berbagai daerah di tanah air yang membeli camilan yang satu ini. Camilan yang memiliki proses penjemuran tersebut juga terkenal untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Padang. 

Dadiah

Fermentasi dadiah dalam bambu.

Photo :
  • U-Report

Dadiah atau dadih adalah hidangan kuliner berikutnya yang layak untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Padang. Hidangan yang satu ini terbilang mirip dengan yogurt. Hanya saja dadiah memiliki bahan dasar berupa susu kerbau yang telah diolah dengan sedemikian rupa. Cara pengolahan dadiah juga terbilang masih tradisional dan bebas dari sentuhan modern. Proses fermentasinya yang menjadikan dadiah memiliki citarasa yang unik.

Olahan yang satu ini juga sering disebut dengan yogurt khas dari Indonesia. Bahkan karena kandungan asam laktat yang dimilikinya menjadikan dadiah dipercaya bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit. Sebut saja kanker usus dan juga dapat menurukan kadar kolesterol yang dimiliki oleh seseorang. Daya tahan tubuh seseorang pun turut meningkat dengan sajian ini. Biasanya hidangan ini juga disantap saat sarapan oleh banyak orang.

Rendang Suwir Ayam

Kuliner Indonesia, rendang.

Photo :
  • http://www.duniainter.net/wp-content/uploads/2013/10/Rendang-Ayam2.jpg

Kembali lagi ke olahan rendang, namun bukan terbuat dari dagin, melainkan ayam. Jika biasanya rendang terbuat dari bahan dasar daging sapi, hal ini berbeda dengan hidangan ini. Karena rendang ini terbuat dari ayam yang memiliki bentuk suwiran. Jika dilihat tampilan oleh oleh yang satu ini juga terbilang mirip dengan abon. Karena memiliki daya tahan yang tinggi, jenis kuliner yang satu ini terbilang tepat untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Dengan bumbu rempah yang melimpah pun menjadikan jenis panganan ini semakin lezat.

Selain rendang, terdapat banyak sajian lezat yang bisa  ditemui di daerah Padang. Beragam hidangan dan camilan tersebut pun juga sangat layak untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Pilihan rasa yang beragam dengan harga yang ramah tentu menjadikan jenis oleh oleh ini teramat sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Karak Kaliang

Karak kaliang.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

Oleh-oleh khas Padang berupa camilan ini juga banyak dicari orang. Karak Kaliang adalah cemilan kerupuk berbahan dasar tepung ubi kayu dan digoreng berbentuk seperti angka delapan. Dengan bumbu sederhana hanya garam dan bawang putih, kerupuk ini dijamin membuat siapa pun yang memakannya akan ketagihan.

Jika ada waktu lebih dan ingin mendapatkan harga yang terjangkau, kamu bisa datang langsung ke pusat produksinya di Kota Payakumbuh. Karak kaliang bisa didapatkan harga hanya Rp 5000 untuk setiap bungkusnya, terjangkau kan?. Sembari mengelilingi tanah Minangkabau, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba camilan khas yang satu ini.

Keripik Sanjai

Kerupuk Sanjai di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Photo :
  • U-Report

Rasa unik dari keripik ini tentu sayang untuk dilewatkan menjadi oleh-oleh khas Padang. Bahan dasar keripik Sanjai adalah singkong. Ada tiga varian rasa keripik Sinjai yaitu tawar, asin, dan balado. Bagi pecinta pedas, varian balado sangat recommended.

Nama Sanjai pada camilan ini berasal dari nama daerah tempat camilan ini diproduksi, yaitu Desa Manggis Gantiang Sanjai. Harga dari keripik ini sendiri cukup bervariatif sesuai dengan ukuran dan rasa yang dipilih. Kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah yang akan dibeli, dan juga menyesuaikan rasa dengan selera agar bisa puas menikmati cita rasa keripik ini.

Ilustrasi masturbasi.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Mitos-mitos seputar masturbasi ternyata disukai pembaca. Berita ini pun sukses bertengger di deretan terpopuler, khususnya kanal Lifestyle VIVA. Lalu, ada berita apalagi?

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024